Penting! Ini Panduan Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Online

Panduan cara lapor spt tahunan pribadi secara online

Januari sampai April menjadi bulan pajak dan merupakan momen bagi para wajib pajak untuk membuat laporan (Surat Pemberitahuan Tahunan) SPT pajak. Bagi wajib pajak orang pribadi, Anda dapat memanfaatkan cara lapor SPT tahunan pribadi secara online yang praktis biar tidak terlambat. 

Mengapa Melapor SPT Tahunan Pribadi itu Penting?

Pelaporan SPT tahunan pribadi perlu Anda selesaikan secepatnya. Pelaksanaannya merupakan bagian dari kewajiban sebagai seorang wajib pajak. Selain itu, SPT tahunan juga menjadi implikasi serta bentuk tanggung jawab dari sistem perpajakan di Indonesia yang menggunakan skema self assessment

Proses penyusunan laporan SPT tahunan harus Anda lakukan tepat waktu. Pastikan Anda sudah melaporkannya sebelum tenggat akhir pada bulan Maret. Kalau terlambat, Anda bakal dikenai denda sebesar Rp100 ribu. Oleh karena itu, alih-alih lapor secara manual, Anda bisa memilih lapor SPT online yang praktis dan cepat. 

Keuntungan Pelaporan SPT Tahunan Pribadi Secara Online

Pelaporan SPT pajak memang dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Anda bisa melaporkannya langsung ke kantor pratama pajak maupun secara online. Kalau memilih cara lapor SPT tahunan pribadi secara online, Anda bisa memperoleh manfaat lebih besar dibandingkan metode pelaporan konvensional. Manfaat tersebut di antaranya: 

1. Proses Pelaporan yang Cepat dan Praktis

Pelaporan SPT online memberi manfaat dari segi efisiensi serta efektivitas waktu. Anda bisa lapor pajak tanpa perlu menghabiskan banyak waktu saat antre di kantor pajak. Cukup dengan melaporkannya secara online, Anda sudah bisa memperoleh bukti pelaporan pajak. 

2. Fleksibel dan Bisa Anda Lakukan Kapan Saja dan di Mana Saja

Manfaat selanjutnya cari pelaporan SPT secara online adalah fleksibilitasnya. Anda memiliki keleluasaan untuk melaporkan SPT. Tak harus ke kantor pajak. Anda bisa membuat SPT dari mana saja dan kapan saja. 

Dengan begitu, Anda tinggal memilih waktu senggang untuk melaporkan SPT tahunan pribadi. Terkait pilihan tempat, Anda bebas menentukan lokasi. Asalkan, Anda membawa perangkat laptop yang didukung dengan koneksi internet. 

3. Kemudahan Dalam Pengecekan

Tak kalah penting, Anda dapat pula memperoleh keuntungan dari pelaporan SPT online yang memudahkan proses pemeriksaan. Anda punya keleluasaan dalam mengecek SPT dan bisa pula mengoreksi ketika terdapat kesalahan. 

Dokumen dan Persyaratan Pelaporan SPT Tahunan Pribadi

Saat melakukan pelaporan SPT tahunan pribadi secara, terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan, yakni: 

1. NPWP Orang Pribadi

Syarat utama untuk melaporkan SPT tahunan pribadi adalah kepemilikan NPWP orang pribadi. Kalau belum punya, Anda dapat mengajukan pembuatan NPWP secara online. 

2. Electronic Filing Identification Number (EFIN)

Anda perlu pula memiliki EFIN yang berguna sebagai sarana identifikasi identitas bagi setiap wajib pajak. Keberadaannya berguna untuk membantu Anda dalam proses pendaftaran akun DJP Online.

Anda bisa mengajukan permohonan EFIN dengan mudah. Ada 2 metode yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda dapat memilih datang secara langsung ke kantor pajak. Selanjutnya, ada pilihan untuk meminta EFIN secara online melalui email. 

3. Akun DJP Online

Tak kalah penting, Anda harus memiliki akun di DJP Online. Anda dapat melakukan pendaftaran dengan menyiapkan syarat berupa email aktif, NPWP, serta EFIN. Selanjutnya, Anda dapat login dengan memasukkan NPWP dan password. 

Panduan Lapor SPT Tahunan Pribadi Secara Online

Selanjutnya, untuk proses cara lapor SPT tahunan pribadi secara online, Anda dapat mengikuti tahapannya sebagai berikut: 

  • Buka halaman DJP Online dan masuk ke akun menggunakan kombinasi NPWP dan password
  • Tuliskan captcha dengan benar dan klik tombol ‘Login’
  • Setelah berhasil masuk ke dashboard, pilih tab ‘Lapor’
  • Selanjutnya, Anda dapat menemukan beberapa metode cara pelaporan. Pilih salah satu, e-Filing atau e-Form
    1. Metode e-Filing merupakan cara pelaporan SPT dengan mengunduh formulir PDF dan mengunggahnya kembali
    2. Sementara itu, e-Form adalah metode pelaporan SPT berbasis real time
  • Untuk kemudahan, pertimbangkan untuk memilih metode e-Form karena terdapat panduan yang bisa Anda ikuti dan pilih opsi ‘Buat SPT’
  • Sistem akan memberikan beberapa pertanyaan. Pastikan untuk menjawabnya dengan benar dan jujur, karena bakal digunakan sebagai dasar untuk pemilihan formulir SPT
  • Ketika mencapai pertanyaan terakhir, pilih opsi ‘Dengan bentuk formulir’ dan disertai ‘dengan panduan’. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengisian SPT dengan formulir online serta terdapat panduan. Klik tombol ‘Selanjutnya’
  • Cara lapor SPT tahunan pribadi secara online mengharuskan kamu untuk memasukkan segala jenis penghasilan. Isi informasi terkait penghasilan luar negeri, penghasilan yang tidak termasuk sebagai objek pajak, penghasilan final, serta informasi kekayaan maupun utang (kalau ada)
  • Masukkan jumlah tanggungan Anda (kalau ada)
  • Tuliskan informasi terkait pembayaran zakat atau sumbangan keagamaan yang diserahkan ke instansi resmi
  • Isi informasi terkait status kewajiban perpajakan suami istri serta golongan PTKP
  • Laman berikutnya, Anda perlu melakukan pengisian terkait pengembalian PPh Pasal 24 serta pembayaran PPH Pasal 25 (jika ada)
  • Berikutnya, terdapat perhitungan pajak penghasilan yang telah Anda bayarkan pada tahun tersebut. Lakukan pemeriksaan untuk memastikan kalah data tersebut sudah sesuai atau tidak
  • Selanjutnya, sistem akan mempertanyakan ada tidaknya kekurangan maupun kelebihan pembayaran pajak pada halaman sebelumnya
  • Terakhir, Anda perlu memberikan persetujuan terhadap pernyataan pertanggung jawaban terhadap isi data laporan SPT pribadi 
  • Sistem akan mengirimkan Bukti Pelaporan Elektronik (BPE) via email

Nah, itulah panduan lengkap cara lapor SPT tahunan pribadi secara online yang dapat Anda terapkan. Tidak sulit dan bisa Anda lakukan dengan cepat. 

Sebagai pelengkap, ada info menarik bagi Anda yang saat ini memiliki usaha sendiri. YUKK hadir menjadi solusi dalam menyediakan sistem pembayaran yang praktis dan modern. Dengan YUKK, Anda bisa menerima berbagai metode pembayaran cukup dalam satu dashboard. Praktis!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry