Panduan Cara Lapor SPT Tahunan Badan Online dengan Benar

Panduan cara lapor spt tahunan badan perusahaan secara online

Pengetahuan tentang cara lapor SPT tahunan badan secara online memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku usaha. Dengan metode pelaporan online yang praktis, Anda bisa membuat SPT tahunan secara ringkas tanpa perlu membuang banyak waktu. Anda pun dapat menyelesaikannya di kantor maupun di rumah.

Pentingnya Pelaporan SPT Tahunan bagi Badan Usaha

SPT tahunan menjadi salah satu bentuk kewajiban dari setiap wajib pajak badan. Pelaporan tersebut merupakan salah satu wujud ketaatan sebuah badan usaha terhadap aturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Pelaksanaannya bisa menjadi cerminan kredibilitas perusahaan di mata publik. 

Dalam proses pelaporan SPT tahunan badan, Anda dapat melakukannya pada rentang antara bulan Januari hingga April. Batas waktu pelaporan SPT tahunan badan adalah pada bulan April. Kalau Anda tak membuat pelaporan SPT maupun mengalami keterlambatan dalam penyerahannya, terdapat konsekuensi berupa denda senilai Rp1 juta. 

Manfaat Melapor SPT Tahunan Badan Secara Online

Pelaporan SPT tahunan badan memang dapat Anda lakukan secara online maupun offline. Namun, Anda bisa mendapatkan manfaat lebih banyak ketika melakukannya secara online. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

1. Pelaporan Pajak yang Fleksibel dan Efektif

Manfaat pertama adalah fleksibilitas serta efektivitas dalam proses pelaporan pajak. SPT tahunan secara online dapat Anda lakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda tidak perlu datang ke kantor pajak, dan bisa melakukan pelaporan cukup menggunakan perangkat komputer yang disertai koneksi internet. 

Dengan cara pelaporan SPT seperti ini, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan lebih efektif. Anda tidak perlu membuang banyak waktu dengan mengurus SPT di kantor pajak. Belum lagi, Anda bakal berhadapan dengan antrean panjang. 

2. Kemudahan dalam Penyimpanan Bukti Pelaporan SPT

Dalam UU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), Anda perlu menyimpan dokumen terkait perpajakan setidaknya 10 tahun. Jadi, Anda perlu menyimpan setiap bukti pelaporan pajak dengan baik sehingga bisa menemukannya secara gampang saat membutuhkan. 

Saat Anda melakukan pelaporan SPT manual. Anda akan memperoleh dokumen berupa Bukti Penerimaan Surat (BPS) atau kerap disebut sebagai bukti kuning. Jadi, Anda perlu menyimpan berkas tersebut di tempat khusus biar tak rusak dan mudah ditemukan. 

Namun, Anda bisa mendapatkan kemudahan ketika memilih cara lapor SPT tahunan badan secara online. Anda akan memperoleh bukti berupa Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) yang dapat disimpan secara praktis dan mudah. 

3. Meminimalkan Kesalahan Perhitungan Pajak

Manfaat yang tak kalah penting adalah terkait akurasi data dalam pelaporan pajak. Saat melaporkan pajak secara online, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pajak yang bisa membantu dalam perhitungan pajak. Dengan begitu, kesalahan terkait pembayaran pajak bisa Anda minimalkan. 

Persyaratan yang Diperlukan untuk Melapor SPT Tahunan Badan Secara Online

Ketika mempraktikkan cara lapor SPT tahunan badan secara online, terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda persiapkan secara lengkap. Secara umum, persyaratan yang perlu Anda siapkan di antaranya adalah: 

1. NPWP Badan

Kepemilikan NPWP menjadi syarat utama dalam proses pelaporan SPT tahunan badan. Kalau belum punya, Anda perlu terlebih dulu mengurusnya. 

2. Dokumen Izin Usaha

Pelaporan SPT tahunan badan juga harus Anda sertai dengan syarat terkait izin usaha. Anda bisa memperoleh dokumen ini dengan mengurusnya pada instansi berwenang. Sebagai alternatif, ada pula pilihan untuk memperoleh surat keterangan usaha dari pemerintah daerah. 

3. Dokumen Terkait Pendirian Badan

Anda perlu pula melampirkan berkas persyaratan yang berkaitan dengan pendirian badan. Dokumen tersebut bisa berupa akta pendirian maupun perubahan. Sebagai alternatif, ada pula opsi untuk menggunakan surat keterangan penunjukan oleh kantor pusat. 

4. SPT Masa

Tak kalah penting, Anda perlu menyiapkan dokumen yang mempunyai kaitan dengan SPT masa. Beberapa contoh dokumen tersebut di antaranya adalah: 

  • Bukti pembayaran PPh 24
  • Bukti pemungutan PPh 22
  • SPT masa PPh pasal 21
  • Bukti pembayaran PPh pasal 25
  • SPT masa PPN
  • Lampiran SPT tahunan PPh badan tahun sebelumnya

5. Laporan Keuangan yang Telah Melewati Proses Audit

Syarat terakhir, Anda perlu mempersiapkan laporan keuangan yang sudah menjalani proses pengauditan oleh akuntan publik. Tak lupa, persiapkan bukti pendukung seperti rekening koran, bukti penerimaan, bukti pengeluaran, dan sebagainya.

Langkah-Langkah Lapor SPT Tahunan Badan Secara Online

Selanjutnya, Anda dapat mengikuti langkah cara lapor SPT tahunan badan secara online sebagai berikut: 

  • Buka halaman DJP Online dan masuk ke bagian e-Filing
  • Pilih opsi e-Filing, lalu tekan tombol ‘Buat SPT’
  • Sistem akan menampilkan beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab. Pastikan Anda menjawabnya dengan benar karena berguna untuk menentukan jenis formulir SPT yang perlu Anda isi
  • Lakukan pengisian formulir SPT dengan tepat dan teliti. Pertimbangkan untuk melakukan pengecekan ulang
  • Sistem akan meminta Anda untuk memasukkan kode verifikasi. Anda bisa memperoleh kode verifikasi tersebut pada email kiriman DJP Online yang masuk ke email
  • Upload beberapa dokumen persyaratan yang dibutuhkan
  • Kalau pengisian formulir sudah Anda lakukan dengan lengkap beserta dokumen yang harus diunggah, Anda bisa melanjutkan cara lapor SPT tahunan badan secara online dengan menekan tombol ‘Kirim SPT’
  • Proses pelaporan SPT tahunan badan sudah selesai. Anda hanya perlu menunggu sistem mengirimkan bukti pelaporan yang masuk via email

Itulah panduan lengkap terkait proses pelaporan SPT tahunan badan yang bisa Anda lakukan secara online. Untuk memudahkan proses pelaporan SPT, Anda perlu mempersiapkan berbagai dokumen secara lengkap. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi pembayaran yang modern seperti YUKK. 

YUKK merupakan fasilitas payment gateway terbaik untuk UMKM di Indonesia. Pemakaiannya bisa membantu Anda dalam mempercepat proses pelaporan SPT tahunan. Alasannya, karena YUKK menyimpan data transaksi dalam secara lengkap dalam bentuk digital. 

Yuk, segera manfaatkan YUKK!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry