Ini Cara Bikin CV Lamaran Kerja yang Menarik & Auto Diterima!

Panduan cara bikin cv lamaran kerja yang tepat

Apa rasanya kalau Anda terus-menerus mendapatkan penolakan saat melamar kerja? Tak cuma lelah, Anda bisa pula merasa frustasi dan bahkan depresi. Perasaan semacam itu wajar, tetapi jangan pernah Anda menyerah cari kerja. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbaiki CV lamaran kerja. 

Bisa jadi, desain CV yang buruk menjadi alasan utama kenapa Anda terus ditolak oleh perusahaan. Oleh karenanya, Anda perlu memahami cara bikin CV lamaran kerja yang baik dan terlihat menarik. Dengan begitu, berkas lamaran bisa mendapatkan kesan yang positif dari perusahaan dan dapat membantu Anda cepat dapat kerja. 

Pentingnya CV dalam Proses Melamar Pekerjaan

Anda memang dapat memilih untuk membuat CV lamaran kerja dengan desain ala kadarnya. Namun, Anda perlu tahu kalau sebuah CV memiliki peran penting yang bisa membantu kelancaran dalam proses melamar kerja. 

Hal ini tak lain karena peran CV lamaran kerja yang berperan tidak ubahnya representasi diri Anda di hadapan HRD. Kalau CV Anda buat dengan sembarangan, maka HRD juga akan beranggapan kalau Anda memiliki kepribadian serupa. 

Sebaliknya, kalau Anda menerapkan cara bikin CV lamaran kerja yang baik dan profesional, dapat memberikan kesan positif di mata HRD. Mereka akan beranggapan kalau Anda adalah sosok yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Memahami Struktur CV Lamaran Kerja yang Baik

Struktur CV lamaran kerja yang baik

Untuk bisa mempraktikkan cara bikin CV lamaran kerja yang baik dan profesional, Anda perlu memahami strukturnya dulu. Beberapa struktur yang harus Anda perhatikan dalam sebuah CV di antaranya adalah:  

1. Informasi Kontak

Pertama, Anda perlu mencantumkan informasi kontak secara lengkap. Tidak cuma nama lengkap dan alamat, tetapi juga informasi terkait nomor telepon dan email. Sebagai tambahan, Anda dapat pula mencantumkan akun LinkedIn. 

2. Ringkasan Profesional

Berikutnya, terdapat bagian yang menjelaskan informasi singkat dan padat tentang Anda secara pribadi. Pastikan bahwa ringkasan singkat tersebut benar-benar merepresentasikan kepribadian Anda. 

3. Pengalaman Kerja

Mempunyai pengalaman kerja yang banyak memang berguna. Namun, informasi tersebut bermanfaat dengan catatan kalau pengalaman kerja tersebut relevan. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya memasukkan data terkait pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi yang tengah dilamar.

4. Pendidikan

Berikutnya, Anda perlu mencantumkan data terkait latar belakang pendidikan. Tak perlu memasukkan setiap jenjang pendidikan yang Anda lalui. Cukup mencantumkan pendidikan SMA dan perguruan tinggi. 

Selebihnya, Anda dapat mencantumkan informasi terkait pendidikan non-formal yang pernah diikuti. Ada berbagai jenis pendidikan non-formal yang bisa Anda tuliskan, termasuk di antaranya adalah kursus, pelatihan, dan sejenisnya. Usahakan untuk mencantumkan data yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. 

5. Keterampilan

Tak kalah penting, dalam cara bikin CV lamaran kerja, Anda perlu memasukkan data terkait keterampilan yang dikuasai. Cantumkan keterampilan, baik soft skill maupun hard skill, yang selaras dengan posisi yang tengah Anda lamar. 

6. Referensi

Anda dapat pula menuliskan referensi. Tujuannya untuk menunjukkan kredibilitas data dan informasi yang Anda tuliskan di CV lamaran kerja. Di bagian ini, Anda bisa memasukkan referensi berupa rekan kerja maupun atasan di tempat kerja sebelumnya. 

Langkah-Langkah Membuat CV Lamaran Kerja yang Tepat

Langkah-langkah cara bikin CV lamaran kerja yang tepat

Setelah memahami strukturnya, Anda dapat memulai langkah-langkah cara bikin CV lamaran kerja sebagai berikut: 

1. Memilih Format yang Tepat

Tahapan pertama dalam proses pembuatan CV lamaran kerja adalah dengan menentukan formatnya dulu. Ada banyak pilihan format CV yang bisa Anda pilih. Dari sekian banyak opsi tersebut, ada 3 format yang paling umum digunakan, yakni: 

  • Format kronologi terbalik. Dalam format ini, Anda dapat menuliskan pengalaman kerja yang kemudian diikuti dengan informasi pendukung lain. Penggunaannya sangat efektif dalam meng-highlight pengalaman yang Anda miliki. 
  • Format fungsional. Berbeda dengan format kronologi terbalik, CV dengan desain fungsional berguna untuk menonjolkan keahlian yang Anda miliki. 
  • Format kombinasi. Terakhir, ada format kombinasi yang merupakan penggabungan antara format kronologi terbalik dengan format fungsional. Format ini memberikan informasi secara lebih lengkap dibandingkan dengan format lain.

2. Menulis dengan Bahasa yang Profesional

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan penulisan kata-kata dalam CV. Pastikan untuk menuliskannya dengan tone yang formal dan singkat. Jangan buat kalimat yang panjang dan malah menimbulkan pembaca kebingungan dalam memahami maknanya. 

3. Menyertakan Informasi yang Relevan

Dalam setiap cara bikin CV lamaran kerja, Anda perlu menuliskan informasi update dan relevan dengan posisi yang dilamar. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa berkas CV ketika melamar untuk beberapa posisi pekerjaan. 

4. Menggunakan Kata Kerja yang Kuat

Selanjutnya, pertimbangkan untuk memakai kalimat aktif. Contohnya adalah mengelola, menciptakan, membuat, dan sebagainya. 

5. Menambahkan Desain dan Tata Letak yang Menarik

Terakhir, Anda perlu memperhatikan penggunaan desain serta layout yang tepat. Sebagai contoh, Anda dapat mendesain CV sehingga mudah dibaca dengan menggunakan bullet point, pemakaian font, maupun spasi. 

Contoh Template CV Lamaran Kerja yang Baik

Untuk membantu Anda dalam membuat CV lamaran kerja yang baik, bisa melihat contoh template sebagai berikut: 

1. Contoh CV Pekerja Kreatif

Contoh cv lamaran kerja untuk pekerja kreatif

Saat melamar lowongan kerja untuk posisi pekerja kreatif seperti desainer grafis, Anda perlu mengedepankan keterampilan dibandingkan latar belakang pendidikan. Oleh karenanya, contoh CV untuk desainer grafis ini sesuai. Di sini, Anda dapat menonjolkan keahlian yang dimiliki terkait dunia desain. 

2. Contoh CV Pekerja Profesional

Contoh cv lamaran kerja untuk pekerja profesional

Selanjutnya, ada contoh CV yang sesuai bagi pekerja profesional seperti bioinformatician. Format CV seperti ini dapat membantu Anda dalam meng-hightlight skill dan sekaligus pengalaman kerja. 

3. Contoh CV Pekerja Level Manajerial

Contoh CV lamaran kerja untuk pekerjaan level manajerial

Berikutnya, terdapat contoh format desain CV yang sesuai ketika Anda melamar untuk posisi manajerial. Lewat desain ini, Anda dapat menginformasikan kompetensi yang dimiliki secara jelas. Mulai dari latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, hingga referensi.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari

Sebagai tambahan, Anda perlu memastikan bahwa CV lamaran kerja sudah bagus. Jangan sampai ada kesalahan yang umum dilakukan oleh para pencari kerja, termasuk di antaranya adalah: 

  • Penggunaan kata-kata yang panjang dan bertele-tele
  • Desain CV yang generik
  • Terdapat kesalahan penulisan kata (typo)

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai tips serta cara bikin CV lamaran kerja yang bisa Anda terapkan. Dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan CV tersebut, Anda dapat memperoleh peluang lebih besar mendapat pekerjaan. 

Sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang punya usaha sendiri, pastikan untuk memiliki fasilitas modern untuk kenyamanan bertransaksi. Solusi yang bisa Anda manfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut adalah layanan payment gateway dari YUKK. 

YUKK menyediakan layanan payment gateway terbaik untuk UMKM di Indonesia. Dengan memanfaatkan YUKK, Anda bisa memberikan berbagai opsi cara pembayaran digital kepada konsumen. Dengan begitu, proses transaksi dapat berjalan lancar dan nyaman. 

Yuk, segera manfaatkan YUKK Payment Gateway untuk kelancaran usaha Anda!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
1
angry