Kudu Paham! Ini Alasan Kenapa Anda Wajib Bayar Pajak Rutin

Penjelasan berbagai alasan kenapa wajib rutin bayar pajak

Pajak merupakan salah satu bentuk pungutan wajib bagi seorang individu maupun lembaga yang ada dalam sebuah lingkup wilayah negara. Anda bisa menemukan ada berbagai jenis pungutan pajak yang perlu dibayar. Namun, apakah Anda pernah berpikir, kenapa wajib bayar pajak? 

Kenapa Wajib Bayar Pajak?

Penyebab wajib bayar pajak

Menurut aturan perundang-undangan, pajak merupakan pungutan negara yang bersifat memaksa. Kewajiban melakukan pembayaran pajak tersebut melekat pada mereka yang berstatus sebagai wajib pajak. Siapa saja yang termasuk sebagai wajib pajak? 

Wajib pajak dapat berupa orang pribadi maupun badan yang ditandai dengan kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Terdapat 3 syarat utama yang perlu dipenuhi sehingga seseorang atau badan wajib punya NPWP, yakni: 

  • Orang pribadi yang berdomisili di wilayah Indonesia dengan jangka waktu lebih dari 183 hari dalam 12 bulan
  • Orang pribadi yang telah bertempat tinggal dalam jangka satu tahun pajak di wilayah Indonesia dan berniat tinggal di wilayah Indonesia
  • Badan usaha yang berada di wilayah Indonesia

Selanjutnya, Anda perlu tahu 6 alasan utama kenapa wajib bayar pajak diberlakukan oleh setiap negara, termasuk Indonesia, yakni: 

1. Untuk Pendanaan Berbagai Kegiatan Pemerintah

Pajak termasuk salah satu bentuk penghasilan pemerintah sebuah negara yang kemudian dimanfaatkan untuk pendanaan berbagai jenis kegiatan. Tanpa adanya pemasukan dari pajak, operasional sistem pemerintah sebuah negara dapat mengalami gangguan yang cukup serius. 

Apalagi, pungutan pajak dari para wajib pajak digunakan untuk berbagai kegiatan penting dalam sebuah negara. Pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi warga negara, termasuk di antaranya adalah transportasi publik, pemberian beasiswa, subsidi kesehatan, dan lain sebagainya. 

2. Untuk Membiayai Proyek-Proyek Pembangunan

Anda juga perlu tahu alasan kenapa wajib bayar pajak yang selanjutnya memiliki kaitan erat dengan proyek pembangunan pemerintah. Pemerintah melaksanakan berbagai proyek pembangunan yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi seluruh warga negara. 

Pembiayaan proyek pembangunan dari hasil pajak termasuk salah satu wujud investasi oleh pemerintah. Anda pun bisa menemukan adanya berbagai jenis proyek pembangunan yang memperoleh pembiayaan dari pajak, termasuk di antaranya adalah proyek pembangunan infrastruktur, pelatihan tenaga kerja, ataupun penelitian.

3. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Anda juga bisa menjumpai alasan kenapa wajib bayar pajak karena penggunaannya dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ada banyak contoh pemanfaatan pajak berkaitan dengan hal ini yang bisa Anda temukan di Indonesia. Salah satunya adalah pemakaian pajak untuk subsidi. 

Pemanfaatan pajak untuk subsidi berguna untuk mendorong daya beli masyarakat pada lingkup tertentu. Contohnya adalah subsidi BBM dan minyak goreng. Lewat pemberian subsidi tersebut, masyarakat dapat melakukan pembelian BBM ataupun minyak goreng dan menggunakannya untuk menunjang aktivitas perekonomian mereka. 

4. Redistribusi Kekayaan

Indonesia menerapkan sistem pajak progresif. Skema pajak seperti ini memiliki manfaat dalam membantu pemerintah dalam melakukan redistribusi kekayaan. Dengan begitu, kesenjangan ekonomi antara orang miskin dengan orang kaya dapat berkurang. 

Pajak progresif memungkinkan pembayaran pajak disesuaikan dengan tingkat perekonomian seseorang. Wajib pajak yang mempunyai penghasilan minim mempunyai kewajiban pembayaran pajak yang kecil. Sementara itu, kelompok masyarakat yang punya penghasilan tinggi mempunyai beban pajak lebih besar. 

Dengan skema seperti ini, setiap wajib pajak dapat melaksanakan kewajiban pembayaran pajak dengan baik. Mereka yang memiliki penghasilan rendah memperoleh keringanan dari pemerintah dalam melakukan pembayaran pajak. Di sisi lain, negara bisa memperoleh nilai pajak lebih besar dari kelompok orang berpenghasilan tinggi. 

5. Pengaturan dan Stabilitas Ekonomi

Alasan selanjutnya kenapa wajib bayar pajak memiliki keterkaitan dengan manfaat pajak dalam membantu menjaga stabilitas perekonomian negara. Pemerintah memanfaatkan penghasilan pajak dalam menjaga agar kondisi perekonomian negara tetap stabil. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pemerintah dalam memanfaatkan dana hasil pajak untuk kepentingan stabilitas perekonomian. Contohnya adalah, pemberian insentif tertentu, pengendalian inflasi, serta penerapan kebijakan fiskal ketika negara dalam situasi krisis ekonomi. 

6. Kewajiban Sosial

Terakhir, alasan kenapa wajib bayar pajak adalah sebagai wujud dalam melaksanakan kewajiban sosial. Negara menggunakan penghasilan dari pajak untuk mewujudkan adanya keadilan sosial bagi seluruh masyarakat. Lewat partisipasi pajak, Anda pun memiliki kontribusi nyata dalam upaya mewujudkan keadilan sosial tersebut. 

Apa yang Terjadi Jika Kita Tidak Bayar Pajak?

Akibat jika tidak bayar pajak

Aturan perundang-undangan di Indonesia memberlakukan bahwa pajak merupakan jenis pungutan yang sifatnya memaksa. Oleh karena itu, ada konsekuensi yang perlu Anda hadapi kalau lalai dalam melakukan pembayaran pajak, baik secara disengaja ataupun tidak. 

UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) mengatur adanya sanksi bagi para pelanggar  pajak di Indonesia. Sanksi tersebut terbagi menjadi 2, yakni: 

1. Sanksi Administratif

Sanksi administratif dapat berupa adanya pengenaan bunga, sanksi kenaikan, serta denda. Pemberian sanksi administratif berlaku untuk pelanggaran yang sifatnya tidak terlalu berat, seperti keterlambatan melakukan pelaporan pajak, pemalsuan data pajak, dan lain sebagainya. 

2. Sanksi Pidana

Untuk jenis pelanggaran yang termasuk dalam kategori berat, negara bisa memberlakukan sanksi pidana. Sanksi pidana tersebut bisa berupa kurungan pidana dengan durasi minimal 6 bulan dan maksimal 6 tahun. Sebagai tambahan, pelanggar juga akan memperoleh denda setidaknya 2 kali pajak terutang dan maksimal 4 kali lipat pajak terutang yang masih belum dibayarkan.

Nah, sekarang Anda jadi paham kenapa wajib bayar pajak, kan? Oleh karena itu, pastikan untuk cermat dalam memperhatikan kewajiban pembayarannya. Jangan sampai terlambat karena akan ada konsekuensi yang perlu Anda hadapi. 

Selain info tentang pajak, ada tambahan informasi menarik yang penting bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Saat ini, ada tool payment gateway terbaik yang secara khusus ditujukan bagi Anda, yakni YUKK Dengan layanan dari YUKK, Anda bisa memproses berbagai jenis metode pembayaran nontunai dengan praktis dan mudah. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry