Menu Sarapan Ini Bakal Bikin Otakmu ‘Encer’

Menu sarapan untuk bikin otak encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Otak harus dijaga. Harus dirawat. Harus dipelihara. Pemeliharaan yang tepat membuat otak bisa kuat, encer, dan tajam ketika digunakan untuk berpikir dan menganalisis.

Ada banyak cara untuk membuat otak tetap sehat, kuat, dan encer. Salah satunya adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat. Nutrisi dari makanan sehat dan segar.

Live Strong melansir beberapa menu sarapan sehat yang bisa membantu meningkatkan kekuatan otak. Berikut beberapa menu sehat itu:

Telur dan avokad

Menu sarapan untuk bikin otak encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Telur adalah sumber kolin yang sangat baik. Menurut National Institutes of Health, kolin sangat diperlukan oleh asetilkolin, yaitu neurotransmitter pada otak yang berperan dalam menguatkan memori dan meningkatkan kinerja otak. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 dan dipublikasikan dalam The American Journal of Clinic Nutrition menemukan fakta bahwa telur dapat meningkatkan kemampuan kognitif berupa daya pikir, kemampuan mengingat, pemecahan masalah, hingga pengambilan keputusan.

Sedangkan avokad merupakan sumber karbohidrat sehat. Karbohidrat sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi, di samping menciptakan rasa kenyang.

Smoothie avokad, almond dan mint

Menu sarapan untuk bikin otak encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Avokad tidak hanya memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat. Hasil penelitian yang dipublikaskan dalam jurnal Nutrients pada 2017 lalu memperlihatkan bahwa orang yang makan avokad sehari selama 6 bulan mengalami peningkatan memori otak dan perhatian. Mereka menjadi pemecah masalah yang efisien.

Avokad ini bisa dicampur dengan susu dan yoghurt dan dinikmati dengan dengan kacang almond. Kacang almond punya banyak manfaat. Salah satunya adalah menstabilkan tekanan darah. Ketika tekanan darah turun, suasana hati menjadi lebih stabil, sehingga berpikir menjadi lebih jernih.

Ikan salmon asap dan avokad

Menu sarapan untuk bikin otak encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menurut Harvard Health Publishing, kandungan asam lemak dan omega 3 pada ikan salmon punya efek anti-inflamasi untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Sementara avokad yang kaya akan antioksidan akan meningkatkan perhatian dan fokus.

Sereal, almond dan yoghurt

Menu sarapan untuk bikin otak encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kacang almond adalah “pelindung” otak. Kandungan vitamin E dan antioksidannya melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Satu ons almond mengandung 34 persen vitamin E.

Almond bisa dicampur dengan yoghurt. Selain menjadi sumber protein, yoghurt juga diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung magnesium, selenium, dan zinc. Yoghurt dan almond ini kemudian bisa dicampur dengan sereal sehingga lebih mengenyangkan.

Parfait Krim Blueberry

Menu sarapan untuk bikin otak encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Parfait adalah salah satu dessert asal Prancis yang terdiri dari buah dan krim. Kamu bisa membuatnya dengan cara mencampurkan 1 mangkuk kecil yoghurt dengan setengah cangkir blueberry dan stroberi. Untuk menambah rasa, tambahkan 1 sendok granola.

Kamu harus tahu bahwa blueberry bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Hasil sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa meminum jus blueberry akan menambah daya ingat dan menurunkan gejala depresi. Sedangkan itu, stroberi bermanfaat untuk memperlambat penurunan kognitif.

Buah bit dan delima

Menu sarapan untuk bikin otak encer
Buah bit (Foto: Freepik)

Buah bit diketahui kaya akan nitrat. Kandungan ini dapat membantu membuka pembuluh darah. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Nitric Oxide: Biology and Chemistry menunjukkan bahwa bit bermanfaat untuk menangkal pengurangan fungsi kognitif otak. Mencampurkan buah bit dengan buah delima akan membuat otak menjadi lebih kuat. Mengapa? Karena kandungan antioksidan dalam buah delima dapat mencegah kerusakan otak akibat paparan radikal bebas.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry