Menghitung Ongkos Pembuatan iPhone X

iPhone X
(Foto: macrumors.com)

Harga jual iPhone X sangat tinggi. Mulai dari US$999 atau setara dengan Rp13,1 juta untuk yang berkapasitas 64 GB. Harga itu jauh lebih tinggi daripada biaya pembuatannya.

Tidak lama setelah produk yang disebut sebagai lompatan terbesar dalam sejarah Apple itu dirilis, sebagaimana dilansir kompas.com, para pengamat di Cina mencoba memprediksi biaya pembuatannya berdasarkan harga per komponen. Menurut mereka, biaya pembuatan produk itu jauh lebih murah. Kurang lebih US$412,75 atau setara dengan Rp5,4 juta. Itu berarti bahwa selisih antara biaya pembuatan dan penjualannya sekitar 59%.

Komponen termahal yang digunakan adalah panel Super Retina Display. Komponen buatan Samsung itu dibeli Apple dengan harga mencapai US$80 atau setara dengan Rp1 juta per unit. Namun, sumber lain menulis bahwa harga panel itu jauh lebih mahal. Sekitar US$100—200 atau setara dengan Rp1,3—1,5 juta per unit.

iPhone X
(Foto: macrumors.com)

Selain komponen Super Retina Display, harga komponen lain tidak terlalu mahal. Chipset A11 Bionic, misalnya, hanya berharga US$26 atau setara dengan Rp344 ribu per unit; modem Qualcomm berharga sekitar US$18 atau setara dengan Rp238 ribu per unit; memori NAND bikinan Toshiba yang ditanam dalam iPhone X berkapasitas 256 GB berharga sekitar US$45 atau setara dengan Rp596 ribu; dan RAM berkapasitas 3 GB berharga US$24 atau setara dengan Rp318 ribu.

iPhone X
(Foto: macrumors.com)

Biaya produksi ini masih merupakan biaya perkiraan. Para pengamat hanya menerka komponen-komponen apa saja yang digunakan dan harganya per unit. Mereka hanya menerka karena sampai saat ini pun produk itu belum dijual secara resmi di seluruh dunia. Dengan demikian, mereka tidak bisa mempreteli komponen demi komponen yang digunakan dan menghitung biayanya secara pasti.

Lepas dari persoalan bahwa para pengamat hanya menerka, harga jual iPhone X memang sangat tinggi. Dua kali lebih besar daripada biaya produksinya. Namun, itu tidak berarti berarti bahwa selisih harga yang besar itu murni dihitung Apple sebagai keuntungan. Selisih itu justru menunjukkan bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi harga jual iPhone X. Beberapa faktor yang bisa disebut adalah pemasaran, manufaktur, ongkos pembuatan perangkat lunak, dan berbagai komponen lain. #YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry