Mau Kurangi Timbunan Lemak Perut? Lakukan Ini!

Mau Kurangi Timbunan Lemak Perut? Lakukan Ini!
Ilustrasi (Foto: iStock)

Lemak perut atau lemak visceral adalah lemak yang terletak di bawah dinding perut. Lemak ini terletak di sekitar organ seperti hati, perut, dan usus. Dan jenis lemak ini lebih berbahaya daripada lemak subkutan.

Jumlah lemak perut yang tinggi, menurut Harvard Medical School, bisa menyebabkan munculnya banyak penyakit.  Antara lain, penyakit kardiovaskular, demensia, dan kanker. Oleh karena itu, jenis lemak ini harus dipangkas.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan sederhana untuk mengurangi timbunan lemak perut.

Jauhi gula

Mau Kurangi Timbunan Lemak Perut? Lakukan Ini!
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Dikutip dari Eat This, Not That!, salah satu faktor penyebab bertambahnya lemak perut adalah pola makan tinggi gula tambahan dan karbohidrat sederhana (yang dengan cepat berubah menjadi gula dalam tubuh).

“Fruktosa atau gula menyebabkan sel-sel lemak matang lebih cepat, khususnya di lemak visceral,” kata ahli kesehatan di Cleveland Clinic.

Banyaklah bergerak

Mau Kurangi Timbunan Lemak Perut? Lakukan Ini!
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Selain mengatur pola makan, yang juga harus kamu lakukan untuk mengurangi lemak perut adalah rutin melakukan aktivitas fisik.

“Olahraga tampaknya bekerja untuk menghilangkan lemak perut, khususnya karena mengurangi kadar insulin yang bersirkulasi—yang sebaliknya akan memberi sinyal pada tubuh untuk menahan lemak—dan menyebabkan hati menggunakan asam lemak, terutama yang dekat dengan timbunan lemak visceral,” kata Kerry Stewart, Direktur Fisiologi Klinis dan Penelitian di Johns Hopkins Medicine.

Kelola stress

Mau Kurangi Timbunan Lemak Perut? Lakukan Ini!
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Stres kronis menyebabkan otak memompa kortisol, hormon stres. Antara lain, kortisol memberi tahu tubuh untuk menahan lemak di sekitar perut jika diperlukan. Mengurangi stres dapat membantu mencairkan lemak perut.

Tidur berkualitas

Mau Kurangi Timbunan Lemak Perut? Lakukan Ini!
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Para peneliti di Wake Forest University menemukan bahwa pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang setiap malam memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak daripada orang yang cukup tidur.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry