Mana yang Lebih Efektif: Cuci Tangan atau Gunakan Hand Sanitizer?

Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Banyak orang menggunakan hand sanitizer. Ke mana pun mereka pergi, hand sanitizer selalu mereka bawa. Biasanya mereka gunakan sebelum makan atau setelah memegang atau tanpa sengaja menyentuh kotoran atau barang yang kotor.

Hanya dengan menyemprotkan sedikit alkohol pada tangan, mereka percaya bahwa kuman-kuman mati. Dan itu berarti bahwa cuci tangan tak lagi perlu. Alkohol sudah membunuhnya.

Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer?
Ilustrasi: menggunakan hand sanitizer (Foto: Freepik)

Benarkah demikian? Tidak perlu lagi cuci tangan karena sudah menggunakan hand sanitizer? Hasil penelitian yang dilakukan di Kyoto Profectural University, Jepang, seperti dilansir Daily Mail, menunjukkan fakta yang menarik.

Peneliti melakukan riset terhadap 11 responden yang ujung jari mereka terpapar lendir dari pasien yang menderita flu. Para responden kemudian menggunakan hand sanitizer selama 2 menit untuk menyingkirkan kuman. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan bahwa virus flu masih aktif, sehingga responden membutuhkan waktu sekitar 4 menit untuk menyingkirkannya.

Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menurut para peneliti, kurang efektifnya hand sanitizer membunuh virus karena berkaitan dengan nilai kekentalan (viskositas) produk. Dalam penelitian itu, para ilmuwan menggunakan virus flu yang terdapat dalam lendir basah dan bukan yang sudah kering. Sementara itu, hand sanitizer biasanya terbuat dari alkohol yang dalam beberapa produk ditambah antibiotik. Senyawa antibiotik lebih efektif membunuh bakteri, bukan virus seperti pada flu. Tambahan lagi, hand sanitizer membutuhkan waktu lebih lama karena lendir basah seperti melindungi virus.

Lalu apa yang harus dilakukan? Para peneliti mengatakan bahwa mencuci tangan dengan air hangat dan sabun antibiotik lebih efektif membunuh virus. Dan cuci tangan ini hanya perlu dilakukan 30 detik.

Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer?
Ilustrasi: cuci tangan (Foto: Freepik)

Dari hasil penelitian ini para peneliti mengambil kesimpulan bahwa menggunakan hand sanitizer memang tidak salah. Namun, tidak cukup. Cuci tangan dengan sabun antibiotik masih harus digunakan. Tidak boleh digantikan hanya dengan menggunakan hand sanitizer.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry