Makan 7 Makanan Ini dan Kamu tidak akan Pikun

Makanan Pencegah Pikun
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tidak ada orang yang tidak lupa. Semua orang mengalami hal ini, baik orang tua maupun anak-anak. Lupa tanggal, lupa nama orang, lupa nama tempat, lupa jam, lupa barang, dan lupa hal lainnya.

Mungkin kelihatannya sederhana dan wajar-wajar saja. Namun, dalam jangka waktu yang lama, lupa menjadi masalah yang serius. Dalam dunia medis, masalah ini disebut Alzheimer. Ini adalah penyakit neurodegeneratif yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku.

Masalah Alzheimer ini bisa dicegah dengan banyak cara. Bisa dengan berolahraga, bisa juga dengan mengonsumsi makanan bergizi. The Daily Meal melansir beberapa jenis makanan yang bisa mencegah Alzheimer.

Almond

Makanan Pencegah Pikun
(Foto: Freepik)

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Brain Research Bulletin menunjukkan bahwa almond bisa membantu meningkatkan daya ingat karena mengandung vitamin E. Vitamin ini diketahui memainkan peranan penting dalam mengatasi gangguan kognitif. Sekitar 28 g almond bisa memenuhi 37% kebutuhan tubuh akan vitamin E.

Avokad

Makanan Pencegah Pikun
(Foto: Freepik)

Ini adalah sumber lemak sehat atau lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini diketahui bisa meningkatkan kesehatan otak. Sebuah tinjauan yang dimuat dalamCanadian Journal of Psychiatry menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal penting untuk kesehatan fungsi otak.

Hasil studi lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacological Reviews memperlihatkan bahwa lemak berfungsi sebagai antiinflamasi untuk otak, sehingga melindunginya dari gangguan kognitif. Seperti almond, avokad juga mengandung banyak vitamin E.

Blueberry

Makanan Pencegah Pikun
(Foto: Freepik)

Sebuah penelitian, yang hasilnya sudah dipublikasikan dalam jurnal Nutritional Neuroscience, menunjukkan bahwa blueberry bisa menurunkan keparahan gangguan pada fungsi otak.

Brokoli

Makanan Pencegah Pikun
(Foto: Freepik)

Brokoli mengandung vitamin K. Vitamin ini berpengaruh terhadap daya ingat orang dewasa. Selain itu, riset yang dipublikasikan dalam BioMed Research International juga menemukan bahwa brokoli memiliki sifat antiinflamasi.

Ceri

Makanan Pencegah Pikun
(Foto: Freepik)

Ceri, sama seperti blueberry, juga mengandung senyawa antioksidan. Kandungan ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan otak. Berdasarkan studi yang diterbitkan jurnal Food and Function, jus ceri dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan fungsi kognitif.

Kopi

Makanan Pencegah Pikun
(Foto: Freepik)

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu kesehatan otak. Dari riset yang diterbitkan jurnal Practical Neurology ini diketahui bahwa konsumsi kopi bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Cokelat hitam

Makanan Pencegah Pikun
(Foto: Freepik)

Cokelat hitam punya banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu penelitian yang hasilnya sudah dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience and Biobehavioral Review menunjukkan bahwa antioksidan yang ada di dalam cokelat hitam dapat meningkatkan daya ingat.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry