9 Cara Menabung Efektif Ini Bikin Dompet Anda Cepat Tebal!

Penjelasan cara menabung yang benar dan efektif

Setiap orang pasti mempunyai keinginan tertentu di masa depan. Keinginan itu bisa berupa punya rumah, mobil, atau liburan keliling dunia. Hanya saja, tidak semua orang dapat mewujudkannya karena mereka tak tahu cara menabung yang benar.

Menabung tak sekadar mengumpulkan uang dan menaruhnya di bawah bantal atau rekening. Dalam praktiknya, banyak orang mengalami kesulitan dalam proses pengumpulan tabungan tersebut. Alih-alih terkumpul, dana tabungan malah digunakan untuk keperluan lain.

Kalau Anda memiliki kesulitan dalam mengumpulkan uang tabungan, ada 9 tips penting yang perlu diperhatikan, yakni: 

1. Tentukan Tujuan yang Jelas untuk Menabung

Cara pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin dalam mengumpulkan tabungan adalah dengan menetapkan tujuan. Anda ingin menggunakan dana tabungan tersebut untuk keperluan apa? Setelah itu, seberapa besar uang yang perlu Anda kumpulkan keperluan tersebut? 

Penetapan tujuan dalam upaya mengumpulkan tabungan sangat penting. Tujuannya untuk membantu Anda jadi lebih fokus ketika mengumpulkan uang tersebut. Selain itu, Anda juga bisa tahu durasi pengumpulan tabungan, apakah jangka pendek atau jangka panjang. 

Contoh, tabungan pendidikan anak bisa Anda tetapkan untuk jangka panjang. Sementara itu, tabungan untuk kebutuhan dana darurat harus Anda kumpulkan dalam waktu yang secepatnya. 

Baca juga: Punya Gaji Kecil? Ini Cara Efektif Mengumpulkan Dana Darurat

2. Buatlah Rencana Pengeluaran Bulanan yang Terperinci

Ketika ingin mencoba cara menabung yang benar, Anda perlu memiliki rencana anggaran bulanan yang rinci. Di dalamnya memuat berbagai jenis pengeluaran yang perlu Anda keluarkan setiap bulan, baik pengeluaran yang sifatnya rutin ataupun tidak. 

Anda perlu menjabarkan setiap pengeluaran dengan rinci. Hal tersebut sangat penting supaya Anda dapat mengetahui tingkat kesehatan kondisi keuangan secara jelas. Anda pun dapat menentukan jenis pengeluaran yang sifatnya tak perlu dan bisa dihilangkan. Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan target uang yang bisa disisihkan setiap bulan. 

Baca juga: Gampang dan Efektif, Ini 7+ Tips Mengelola Keuangan Pribadi

3. Pilih dan Gunakan Tabungan Berjangka

Menabung menggunakan tabungan berjangka

Kalau ingin mencoba cara menabung yang benar dan efektif, Anda dapat mempertimbangkan untuk memakai tabungan berjangka. Tabungan ini beda dengan tabungan biasa. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan penyimpanan dana dalam jangka tertentu. 

Kelebihannya, tabungan berjangka punya nilai bunga cukup tinggi serta ada tambahan benefit asuransi. Selain itu, Anda dapat pula menggunakan fasilitas autodebet ke rekening tabungan berjangka. Anda dapat menemukan pilihan produk tabungan berjangka dengan durasi waktu mulai dari 6 bulan hingga 20 tahun. 

Penggunaan tabungan berjangka akan memaksa Anda untuk disiplin dalam menabung. Anda juga tidak diperbolehkan untuk melakukan penarikan dana sebelum jangka waktu yang telah ditentukan. Kalaupun bisa, Anda perlu membayarkan biaya penalti yang tentunya akan cukup merugikan. 

4. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Anda sudah daftar rencana pengeluaran setiap bulan. Oleh karenanya, Anda bisa mendapatkan gambaran secara jelas tentang setiap pengeluaran yang perlu dibayar, baik rutin maupun tidak. Selanjutnya, Anda dapat melakukan penilaian terhadap setiap jenis pengeluaran. 

Langkah penilaian ini merupakan upaya untuk mengidentifikasi dan sekaligus mengeliminasi jenis pengeluaran yang tidak terlalu penting. Beberapa contoh pengeluaran tak perlu dan dapat Anda hilangkan di antaranya adalah: 

  • Biaya berlangganan layanan streaming premium
  • Anggaran untuk pergi ke salon
  • Biaya keanggotaan fitness center
  • Perlengkapan kosmetik
  • Kebiasaan makan di luar

Baca juga: Hindari 6 Kebiasaan Ini Biar Uang Kamu Tidak Cepat Habis!

5. Manfaatkan Program Cashback dan Reward

Cara menabung yang benar berikutnya adalah dengan menerapkan metode belanja cerdas. Ketika belanja sebuah barang, Anda akan menemukan banyak penawaran promo, baik dalam bentuk diskon, reward, atau cashback. Anda perlu memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. 

Baca juga: Biar Makin Untung, Ketahui Bedanya Cashback dengan Diskon!

Namun, Anda hanya perlu belanja produk yang benar-benar Anda butuhkan. Kalau barang tersebut nilai manfaatnya minim dan bahkan kemungkinan besar tak Anda pakai, jangan dibeli. 

6. Hindari Utang yang Sifatnya Konsumtif

Menghindari hutang konsumtif sebagai salah satu upaya untuk menabung

Selanjutnya, Anda perlu meminimalkan adanya utang. Anda memang boleh memiliki utang. Namun, pastikan pemakaiannya adalah untuk hal-hal yang positif dan bersifat produktif. Jangan biasakan untuk membeli barang yang sifatnya konsumtif dengan dana utang. Kebiasaan seperti ini akan membebani pengeluaran dan bikin boros. 

Baca juga: Orang Kaya Banyak Hutang, Tapi Malah Tambah Kaya, Kok Bisa?

7. Investasikan Uang dan Aset

Hal yang tak kalah penting, Anda perlu menyisihkan sebagian uang untuk investasi. Anda dapat pula memilih untuk menggunakan dana tabungan sebagai modal berinvestasi. Namun, pastikan bahwa aset tersebut memiliki tingkat risiko yang minim. 

8. Lakukan Pekerjaan Sampingan atau Side Hustle

Ada kalanya, Anda berpikir kalau penghasilan yang ada sekarang cukup minim sehingga sulit untuk menyisihkan sebagian uang untuk tabungan. Solusi terbaiknya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan atau side hustle. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh penghasilan ekstra selain dari pekerjaan utama. 

Jenis pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan sangat banyak. Anda dapat menyesuaikannya dengan keahlian masing-masing. Beberapa jenis pekerjaan sampingan yang populer dalam beberapa tahun terakhir di antaranya adalah: 

9. Jual Barang-Barang yang Tidak Digunakan

Terakhir, Anda perlu menerapkan cara menabung yang benar dengan memanfaatkan keberadaan barang-barang tak terpakai di rumah. Barang-barang seperti perangkat elektronik, pakaian, atau buku, bisa Anda jual kembali. Catatan penting, barang-barang tersebut harus dalam kondisi bagus dan layak pakai. 

Anda dapat menawarkan barang-barang bekas tersebut dengan memanfaatkan platform internet. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan uang hasil penjualan barang bekas sebagai tambahan dana tabungan. Di waktu yang sama, Anda juga bisa sekaligus menata rumah jadi lebih rapi. 

Itulah 9 tips tentang cara menabung yang bisa Anda praktikkan. Dengan menerapkan metode tersebut, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengumpulkan uang dan menggunakannya sesuai kebutuhan. 

Buat Anda yang saat ini mempunyai usaha, jangan lupa untuk menyediakan kenyamanan bertransaksi kepada pelanggan. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan layanan YUKK Payment gateway

YUKK Payment Gateway adalah layanan payment gateway terbaik yang secara khusus dirancang untuk UMKM. Dengan YUKK Payment, UMKM siap menghadapi persaingan bisnis di era digital. Yuk, pakai YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry