“Layangan Putus”: Apa yang Harus Dilakukan Jika Diselingkuhi? (1)

Yang harus dilakukan ketika diselingkuhi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Layangan putus” menjadi perbincangan para warganet dalam beberapa hari terakhir ini. Mereka ikut bersedih atas apa yang tengah dihadapi dan dirasakan penulis “layangan putus” itu. Tidak ada perempuan yang mau diselingkuhi. Tidak banyak istri yang mau dipoligami.

“Layangan putus” adalah cerita dan curahan hati seorang perempuan yang diselingkuhi suaminya. Setelah sekian tahun hidup bersama, sang suami “menghilang” selama 12 hari. Rupanya selama 12 hari itu, sang suami berbulan madu dengan istri barunya di Turki.

Apa yang harus kamu lakukan jika kamu diselingkuhi? Huffington Post pernah menulis tentang saran para pakar terhadap orang yang menjadi korban perselingkuhan. Berikut beberapa saran para pakar itu:

Kesempatan untuk menjelaskan

Yang harus dilakukan ketika diselingkuhi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Helen Zielinski Landon, psikolog dari Santa Monica, California, menyarankan kamu untuk tidak mengambil keputusan yang tergesa-gesa setelah mendengar kabar tentang perselingkuhan pasanganmu. Tenangkan diri dan beri kesempatan kepada pasanganmu untuk menjelaskan apa yang tengah terjadi. Apakah dia bisa menjawab pertanyaanmu dengan jelas? Apakah kamu bisa memaafkannnya?

“Memaafkan bukan berarti melupakan. Akan ada hal-hal yang perlu diselesaikan. Namun, kamu mungkin saja menemukan kekuatan baru tentang kejujuran dalam hubunganmu. Sebuah apresiasi terhadap apa yang bisa hilang dan komitmen baru untuk menguatkan ikatanmu dengan pasangan,” katanya.

Jangan salahkan dirimu

Yang harus dilakukan ketika diselingkuhi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Mengapa kamu menyalahkan dirimu karena perselingkuhan itu? Apakah perselingkuhan itu terjadi karena kesalahanmu? Laura Miolla, seorang penasihat perceraian, mengatakan bahwa perselingkuhan adalah kesalahan besar orang lain. Perselingkuhan itu menunjukkan bahwa pasanganmu mengambil keputusan secara sadar untuk mendahulukan nafsu di atas hubunganmu dan kamu.

Prioritaskan dirimu

Yang harus dilakukan ketika diselingkuhi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tracy Schorn, penulis Leave a Cheater, Gain a Life: The Chump Lady’s Survival Guide, punya saran yang menarik. Dalam situasi seperti ini, kamu harus memprioritaskan dirimu. Mungkin memang kamu masih peduli pada pasanganmu. Namun, kamu harus tegas: memperbaiki hubungan ini atau mengakhirinya.

Minta bantuan orang lain

Yang harus dilakukan ketika diselingkuhi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Diselingkuhi dan dipoligami secara diam-diam itu menyakitkan. Itulah mengapa tidak sedikit yang memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka. Namun, ada juga yang tetap ingin melanjutkan hubungan itu.

Jika kamu dan pasanganmu memutuskan untuk melanjutkan hubungan, Leslie Petruk, terapis pernikahan dan keluarga dari Charlotte, North Carolina, punya saran untukmu: minta bantuan tenaga profesional.

“Profesional terlatih bisa membimbingmu melalui proses yang berat dari membangun membali sebuah kepercayaan,” katanya.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry