Kenali Asam Lambung yang Merenggut Nyawa Mantan Istri Sule

Kenali asam lambung yang merenggut nyawa mantan istri Sule
Kenangan Sule dan Lina ketika masih bersama (Foto: Istimewa)

Sabtu (4/1) lalu, Lina, mantan istri Sule, meninggal dunia. Asam lambung disebut menjadi faktor penyebabnya. Mengapa asam lambung bisa merenggut nyawanya?

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan. Asam lambung merupakan cairan yang diproduksi organ pencernaan. Cairan ini mengandung asam klorida dan berfungsi mendukung aktivitas pencernaan, deteksi kuman pada makanan atau minuman serta membantu tubuh menyerap vitamin B12.

Kenali asam lambung yang merenggut nyawa mantan istri Sule
Lina (Foto: Istimewa)

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, muncul rasa sakit dan nyeri pada ulu hati. Biasanya juga disertai dengan sensasi terbakar di dada.

Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit asam lambung disebabkan oleh refluks asam (asam naik) yang sering terjadi. Ketika menelan, pita otot melingkar di sekitar bagian bawah kerongkongan (lower esophageal sphincter/LES) mengendur, sehingga yang ditelan masuk ke perut, lalu pita otot ini tertutup kembali. Jika pita otot atau klep melemah, maka asam lambung mengalir ke kerongkongan. Cairan ini bisa menimbulkan iritasi pada lapisan kerongkongan dan berisiko menimbulkan kanker esofagus.

Kenali asam lambung yang merenggut nyawa mantan istri Sule
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ada beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko penyakit asam lambung. Sebut saja obesitas, kehamilan, kelainan jaringan ikat, dan perut kosong terlalu lama. Ada banyak cara untuk mencegah penyakit asam lambung ini, yaitu menghentikan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol, berolahraga yang cukup, cukup asupan air, menjaga pola istirahat, dan pola makan.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry