Kebiasaan Makan yang Bisa Merusak Jantung

Kebiasaan Makan yang Bisa Merusak Jantung
Perempuan makan junk food (Foto: Freepik)

Meningkatnya risiko penyakit jantung disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena usia dan keturunan. Bisa karena kebiasaan merokok. Dan bisa juga karena jarang berolahraga.

Faktor lainnya adalah makanan. Apa yang dimakan sangat mempengaruhi kesehatan dan kekuatan jantung. Jika yang dikonsumsi adalah makanan yang bernutrisi, kesehatan jantung tentu terjamin. Jika sebaliknya, sangat mungkin risiko penyakit jantung meningkat.

Berikut ini ada 5 kebiasaan makan yang bisa merusak jantung:

Terlalu banyak makanan manis

Kebiasaan Makan yang Bisa Merusak Jantung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Perlu diketahui bahwa konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan produksi insulin, sehingga bisa menyebabkan iritasi dan perkembangan plak di pembuluh darah. Plak ini kemudian menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Terlalu banyak asupan garam

Kebiasaan Makan yang Bisa Merusak Jantung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tubuh memang membutuhkan garam. Namun, mengonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan tidaklah baik. Konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Terlalu banyak soda

Kebiasaan Makan yang Bisa Merusak Jantung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association menunjukkan bahwa minum minuman bersoda dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, pembuluh darah, dan stroke.

Terlalu banyak lemak jenuh

Kebiasaan Makan yang Bisa Merusak Jantung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah yang berlebihan, seperti dikutip dari Eat This,dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dampaknya adalah arteri tersumbat dan menyebabkan penyakit jantung.

Kurang asupan serat

Kebiasaan Makan yang Bisa Merusak Jantung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tubuh membutuhkan serat. Salah satu manfaat serat adalah mengurangi kadar kolesterol jahat. Manfaatnya yang lain adalah mengontrol kadar gula darah.

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry