Kardigan Ikonik Kurt Cobain Terjual Rp4,6 M

Kardigan Kurt Cobain Terjual Rp4,6 miliar
Kurt Cobain dalam acara MTV Unplugged 1993 (Foto: Getty Images)

Penampilan Nirvana dalam acara MTV pada tahun 1993 silam bisa jadi merupakan penampilan terbaik. Dengan format unplugged, para penonton bisa menikmati suara Kurt Cobain dengan lebih jelas. Juga mendengar celetukan dan leluconnya secara langsung.

Ketika itu, Kurt dan teman-temannya tampil apa adanya. Tanpa dandanan seperti rocker pada umumnya. Mereka bahkan tampil biasa-biasa saja. Sangat kasual.

Kurt sendiri tampil dengan padanan jin biru, T-shirt putih, dan kardigan. Kardigan itu membuat penampilannya terlihat lebih berbeda. Kardigan yang kemudian menjadi sangat ikonik itu terbuat dari Lycra.

Kardigan Kurt Cobain Terjual Rp4,6 miliar
Kardigan Kurt Cobain (Foto: Dok. AFP)

Beberapa waktu lalu, kardigan itu dilelang Julien’s Auctions di Hard Rock Café, New York, Amerika Serikat. Acara pelelangan itu digelar untuk mengenang kematian Kurt. Lelaki bernama lengkap Kurt Donald Cobain itu ditemukan tewas di rumahnya di Seattle, Amerika Serikat, pada 8 April 1994. Jenazahnya ditemukan seorang tukang listrik yang hendak memeriksa sistem keamanan di rumahnya. Dia diduga bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri. Dia meninggal dunia pada usia 27 tahun.

Pada awalnya, seperti dilansir Independent, banyak orang mengira bahwa kardigan itu akan terjual dengan harga di antara US$200 ribu—US$300 ribu. Pasalnya kardigan cokelat yang ternyata belum pernah dicuci sejak acara MTV Unplugged itu tidak lagi sempurna. Ada bekas sundutan rokok di situ.

Kardigan Kurt Cobain Terjual Rp4,6 miliar
Baju rumah sakit yang dikenakan Kurt Cobain (Foto: RR Auction)

Ternyata apa yang dikira orang salah. Setelah 2 hari pelelangan, kardigan itu terjual dengan harga yang sangat fantastis. Kardigan milik pentolan Nirvana itu terjual seharga US$340 ribu atau setara dengan Rp4,6 miliar

Selain kardigan itu, ada juga beberapa barang milik Kurt yang dijual dalam lelang itu. Salah satunya pakaian rumah sakit. Pakaian itu pernah pernah dikenakannya untuk tampil dalam Reading Festival 1992.

Kardigan Kurt Cobain Terjual Rp4,6 miliar
Kurt Cobain, Courtney Love, dan Frances Bean Cobain, putri mereka, pada tahun tahun 1992 (Foto: Getty Images)

Pakaian rumah sakit berwarna krem ini sebelumnya telah diberikan oleh Courtney Love, kekasih Kurt, kepada salah satu fans Kurt dua tahun setelah Kurt menghembuskan napas terakhirnya. Penggemar itu telah menyimpan pakaian itu selama 25 tahun. Dan dia memutuskan untuk melelangnya. Pakaian rumah sakit itu terjual dengan harga £40,000.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry