Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: google)

Satu langkah kecil bisa mengubah seluruh hidupmu. Jika bukan seluruhnya, sebagian besar diri dan hidupmu mungkin akan berubah. Ingat, hanya satu langkah kecil saja. Dan kamu hanya perlu melakukan langkah kecil itu.

Itulah prinsip orang sukses. Sebuah prinsip yang merupakan energi dari sebuah proses panjang untuk meraih apa yang sudah ditetapkan sejak awal. Dengan prinsip itulah, pada gilirannya, mereka melakukan banyak hal untuk banyak orang.

Jika kamu ingin menjadi orang yang sukses, kamu harus bisa berubah. Kamu harus membuat sebuah langkah yang tegas. Kebiasaan-kebiasaan buruk, yang selama ini menguasai dan menggerogoti kamu, harus bisa kamu hindari. Harus bisa kamu tinggalkan.

Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti apa yang bisa menghalangi atau mengganggu langkahmu untuk meraih kesuksesan? Di bawah ini ada beberapa kebiasaan buruk yang, jika tidak diatasi atau diubah, dapat menghambat perjuanganmu untuk meraih apa yang kamu inginkan.

Suka menunda pekerjaan

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: google)

Orang Jerman bilang, “Verschiebe nicht auf morgen was du heute tun kanst!”. Jangan tunda sampai besok apa yang bisa kamu lakukan hari ini! Kalau mau sukses, lakukan sekarang apa yang harus kamu lakukan sekarang. Jangan menunda-nunda! Menunda-nunda pekerjaan adalah geliat dari orang yang tidak siap menyongsong apa yang akan terjadi pada esok hari. Itu juga menjadi gelagat dari orang yang tidak mau berjuang. Jika kamu tunda, bukankah itu berarti pekerjaanmu bertambah banyak?

Menghamburkan modal

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: google)

Mengapa banyak orang tidak bisa sukses sekalipun mereka memiliki semua yang dibutuhkan? Jawabannya sangat sederhana: karena mereka tidak bijaksana. Tepatnya tidak bijaksana dalam mengelola sumber daya yang ada. Modal itu bisa berupa uang, waktu, ilmu pengetahuan, dan keterampilan. Jadi, kalau kamu ingin sukses, bijaksanalah dalam mengelola semua modal itu. Bagaimana mungkin kamu ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses jika kamu habiskan modal untuk membeli apa yang tidak kamu butuhkan? Bagaimana kamu ingin menjadi seorang yang sukses dalam bidang properti jika modal yang ada kamu habiskan untuk membeli pakaian, telepon pintar, atau produk lain yang tidak relevan dengan bidang bisnismu?

Terobsesi menjadi orang lain

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: google)

Belajar dari dan pada orang lain itu baik. Menjumput inspirasi dan referensi dari orang lain itu juga baik. Namun, membuat diri menjadi seperti orang lain adalah kesalahan fatal. Memaksa diri untuk menjadi orang lain adalah sebuah langkah yang amat naif. Yang harus kamu lakukan sebenarnya adalah mengeksplorasi semua kemampuanmu. Kembangkan semua potensi dirimu. Belajarlah untuk menjadi dewasa dan matang dalam menghadapi semua yang terjadi dalam hidup.

Suka “baper”

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: google)

Ini salah satu langkah penting yang harus bisa kamu lakukan. Ingatlah bahwa banyak orang gagal karena tidak bisa mengelola dan menata emosi mereka. Hanya karena hal sepele, mereka mengorbankan masa depan atau karier mereka. Apakah kamu harus kesal, menaruh dendam, dan membangkang hanya karena kamu ditegur oleh atasan atau rekan kerjamu? Bukankah sebaiknya kamu memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi? Kamu tidak bisa dan tidak boleh menggantungkan hidupmu hanya pada emosimu. Jangan hanya mengandalkan “perasaan”-mu semata. Hidup ini lebih dari sekadar “perasaan”.

Malas dan mudah menyerah

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: Hipwee)

Höre nie auf anzufangen; fange nie an aufzuhören!” Jangan berhenti untuk memulai; jangan memulai untuk berhenti! Kalau mau sukses, kamu harus mulai mengambil langkah. Kamu harus lakukan apa yang harus kamu lakukan saat ini. Jika ternyata apa yang terjadi tidak sesuai dengan yang kamu pikirkan, jangan mudah menyerah! Jangan mudah berhenti! Yakinlah bahwa selalu ada jalan keluar dari setiap masalah yang ada.

Tidak percaya diri

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: dailystar.co.uk)

Kamu pernah berpikir bahwa ada orang lain yang lebih baik daripada dirimu? Bahwa ada yang lebih terampil dalam bidang ini daripadamu? Berpikir seperti itu memang baik. Dengan cara seperti itu, kamu bisa bersikap lebih rendah hati. Namun, selalu merasa bahwa orang lain lebih baik tanpa melihat potensi diri sendiri adalah sebuah kesalahan. Jika kamu menguasai suatu bidang, tunjukkan kemampuanmu. Jika kamu diberikan sesuatu, entah tugas, entah amanat, tunjukkan bahwa kamu bisa menjalankan dan menyelesaikan hal itu.

Tidak bisa pegang komitmen

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: Hipwee)

Komitmen adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Tanpa komitmen yang kuat, kamu tidak akan bisa meraih apa yang kamu harapkan atau cita-citakan. Kalau kamu sudah memutuskan untuk menjadi seorang guru, misalnya, setialah pada keputusanmu itu. Jika kamu ingin menjadi seorang dokter, belajarlah yang giat dan tunjukkan gairahmu ketika menolong dan melayani orang.

Tidak mau mengubah gaya hidup

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: google)

Jangan berpikir bahwa gaya hidup tidak punya pengaruh terhadap apa yang sedang kamu perjuangkan atau usahakan. Jangan mengira bahwa pola hidupmu tidak akan mempengaruhi karier atau usahamu. Gaya hidup dan kesuksesan saling berhubungan. Kalau kamu ingin menjadi pengusaha sukses, berhentilah bergadang atau membuang waktu dengan melakukan hal-hal yang tidak penting. Bagaimana bisa kamu segar ketika menjalani rapat dengan klien pada pagi hari jika malam sebelumnya kamu bergadang hingga larut?

Takut untuk mengambil risiko

Kamu Ingin Sukses? Buang Kebiasaan Buruk Ini!
Ilustrasi (Foto: google)

Orang yang sukses adalah orang yang berani mengambil risiko. Orang seperti itu siap menghadapi perubahan, tantangan, dan berbagai hal yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Orang seperti itu adalah orang yang berani keluar dari zona nyaman dan menyongsong hal-hal baru. Orang seperti itu adalah orang yang fleksibel dan komunikatif. Jadi, jika kamu ingin sukses atau maju, jangan takut untuk mengambil risiko. Lihatlah perubahan yang terjadi dalam dunia saat ini dan ambillah risiko untuk melakukan sesuatu yang baru.

#YUKKpakeYUKK

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry