Kamu Harus Tahu: Flu Babi G4 Punya Kesamaan dengan Flu Spanyol

Flu Babi G4 mirip dengan Flu Spanyol
lustrasi (Foto: Freepik)

Virus G4, jenis baru virus flu babi yang ditemukan di China, oleh para ilmuwan disebut potensial memicu pandemi. Belum diketahui secara pasti apakah virus ini bisa menular dari orang ke orang. Yang baru diketahui adalah 10 persen pekerja rumah potong babi dan 4,4 persen populasi umum di China sudah terpapar.

Flu Babi G4 mirip dengan Flu Spanyol
Suasana rumah sakit saat pandemi flu Spanyol (Foto: Getty Images)

Menurut ilmuwan, karakter virus ini mirip dengan virus flu Spanyol yang mewabah pada tahun 1918. Ketika itu, kurang lebih 50 juta penduduk dunia meninggal dunia. Virus baru dengan nama lengkap G4 EA H1N1 ini pun disebut mirip flu babi yang memicu pandemi pada tahun 2009 lalu.

Pakar infeksi di Amerika Serikat, Anthony Fauci, mengatakan bahwa virus baru ini perlu diwaspadai. Meskipun belum ada bukti ditularkan dari orang ke orang, virus ini diketahui punya kemampuan bermutasi dan beradaptasi.

Flu Babi G4 mirip dengan Flu Spanyol
Dalam berbagai keterbatasan, para tenaga medis berjuang menghadapi flu Spanyol (Foto: Getty Images)

“Dan mereka sedang melihat virus di babi, yang memiliki karakter H1N1 2009. (Virus yang muncul pada tahun) 1918 yang asli, yang sisa-sisanya dimiliki banyak virus flu pada manusia seperti halnya segmen pada inang lain seperti babi. Kemungkinannya adalah Anda mungkin punya wabah setipe flu babi yang kita alami pada 2009,” jelasnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry