Banyak Pilihan! Inilah Jenis-jenis Investasi Properti!

Penjelasan macam-macam jenis investasi properti

Kalau mempunyai modal dalam jumlah besar, properti memang menjadi pilihan aset investasi yang menggiurkan. Anda berkesempatan mendapatkan imbal hasil dengan nilai sangat tinggi kalau memilikinya. Biar bisa memperoleh untung maksimal, Anda perlu memahami jenis-jenis investasi properti yang bisa dijalankan.

Masing-masing jenis properti punya karakteristik tersendiri. Selain itu, Anda juga bakal menjumpai kalau setiap jenis properti punya peluang keuntungan yang berbeda satu sama lain. Dengan mengalokasikan modal pada pilihan aset properti yang tepat, peluang untung yang bisa Anda peroleh bisa meningkat. 

Lalu, apa saja jenis-jenis investasi properti yang bisa Anda punya? Biar paham, simak penjelasan lengkapnya berikut, yuk!

Investasi Properti Residensial

Pertama, Anda perlu memahami kategori investasi properti residensial. Jenis properti yang termasuk dalam kategori ini memiliki fungsi utama sebagai residensial atau tempat tinggal. Anda bisa memilih jenis-jenis investasi properti residensial seperti:

Rumah Tinggal

Pertama adalah jenis investasi properti residensial berupa rumah tinggal. Kepemilikan rumah tinggal memberikan banyak keuntungan. Anda tidak hanya bisa menggunakannya sendiri. Namun, bisa pula memanfaatkan rumah tinggal tersebut sebagai sumber penghasilan dengan mengontrakkannya atau menjualnya. 

Baca juga: Gak Usah Mikir, Ini Jawaban Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah!

Apartemen

Gedung apartemen termasuk salah satu jenis investasi properti

Jenis properti residensial selanjutnya adalah apartemen. Investasi apartemen menawarkan keuntungan besar berkat harga jualnya yang sangat tinggi. Apalagi, kalau Anda memiliki apartemen dengan lokasi strategis tak jauh dari pusat kota. 

Seperti halnya rumah tinggal, Anda bisa pula menyewakan apartemen. Bahkan, Anda punya keleluasaan untuk menyewakan apartemen secara harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan.  

Villa

Villa termasuk jenis-jenis investasi properti residensial yang tak kalah menguntungkannya. Apalagi, kalau Anda memiliki villa dengan suasana alami dan jauh dari keramaian kota. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menyewakannya untuk kebutuhan liburan. 

Investasi Properti Komersial

Selanjutnya, Anda juga perlu memahami kelompok properti yang termasuk dalam jenis-jenis investasi properti komersial. Properti dalam kategori ini memiliki fungsi utama sebagai sumber penghasilan menguntungkan. Ada berbagai pilihan investasi properti yang termasuk dalam kategori ini, di antaranya: 

Gedung Perkantoran

Gedung perkantoran termasuk salah satu jenis investasi properti

Selanjutnya, Anda perlu pula mengetahui jenis investasi properti komersial yang berupa gedung perkantoran. Ada 3 keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan kalau berinvestasi gedung perkantoran, yakni: 

  • Capital gain tinggi. Bahkan, capital gain gedung perkantoran punya nilai lebih tinggi berkisar antara 7-13% bergantung kondisi bangunan dibandingkan tanah kosong atau properti residensial.
  • Durasi waktu sewa cukup lama, rata-rata sekitar 1-3 tahun. 
  • Angka permintaan tinggi. Apalagi, kalau Anda mempunyai gedung perkantoran di lokasi strategis tak jauh dari pusat bisnis. 

Ruko atau Kios

Berikutnya, Anda bisa menentukan pilihan pada investasi properti komersial berupa ruko atau kios. Peluang keuntungannya sangat besar, terutama kalau Anda mempunyai ruko yang berlokasi di kawasan perdagangan seperti pasar atau pusat keramaian. 

Anda bisa memanfaatkan toko sebagai tempat berdagang. Selain itu, bisa pula menyewakannya dengan rata-rata durasi sekitar 2-3 tahun. Sebagai tambahan, properti berupa toko bisa mempunyai nilai jual tinggi kalau Anda menjualnya dalam jangka panjang, lebih dari 5 tahun. 

Hotel

Ada pula pertimbangan untuk berinvestasi properti berupa hotel. Aset investasi ini menawarkan tingkat keuntungan menjanjikan, mencapai 8% hingga 13% setiap tahunnya. Dalam pengelolaannya, Anda bisa memilih untuk mengoperasikannya sendiri atau menggunakan franchise hotel. 

Investasi Properti Industri

Selanjutnya, Anda dapat mengenal jenis-jenis investasi properti untuk kebutuhan industri. Dalam pelaksanaannya, investasi properti industri memerlukan modal sangat besar. Anda pun bisa memilih untuk menggunakan modal sendiri atau memakai dana kolektif bersama dengan investor lain. 

 Beberapa tipe properti yang termasuk dalam kategori ini di antaranya: 

Pabrik

Gedung pabrik termasuk salah satu jenis investasi properti

Anda bisa menanamkan modal pada aset properti berupa pabrik. Dari kepemilikan pabrik tersebut, Anda dapat membuka bisnis dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Kalau bisnis tersebut berjalan lancar, tingkat keuntungannya bisa sangat tinggi. 

Lalu, bagaimana jika operasional pabrik Anda tak berjalan dengan baik? Anda punya pertimbangan untuk menyewakannya. Selain itu, nilai aset sebuah fasilitas pabrik lengkap dengan peralatannya sangat tinggi. 

Gudang

Kepemilikan gudang juga menjadi salah satu jenis investasi properti menjanjikan. Apalagi, tingkat kebutuhan terhadap gudang untuk keperluan industri sangat tinggi. Peluangnya bisa semakin besar kalau Anda mempunyai gudang dengan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. 

Investasi Properti Tanah

Kalau Anda ingin berinvestasi properti dengan dana yang relatif kecil, ada pertimbangan memilih jenis-jenis investasi properti tanah. Anda bisa menemukan berbagai jenis investasi tanah yang bisa digunakan, termasuk di antaranya: 

Lahan Kosong

Lahan kosong termasuk salah satu jenis investasi properti

Properti berupa lahan kosong menawarkan peluang keuntungan tak kalah besar. Anda punya keleluasaan dalam memanfaatkannya. Sebagai contoh, Anda bisa memakainya sebagai lahan parkir, pujasera, ataupun menjadikannya sebagai tanah kavling. 

Lahan Pertanian

Selanjutnya, ada pertimbangan untuk berinvestasi lahan pertanian. Keuntungan dari jenis investasi properti ini bisa Anda dapatkan dengan beberapa cara. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan lahan pertanian tersebut secara langsung. 

Kalau mengalami kesulitan dalam pengelolaan lahan pertanian, ada pula pertimbangan untuk bekerja sama atau menyewakannya. Dalam skema kerja sama, Anda bisa mendapat untung berupa bagi hasil. Sementara itu, kalau memakai skema penyewaan, Anda memperoleh pemasukan berupa uang sewa setiap tahun. 

Lahan Perkebunan

Terakhir, Anda bisa menjumpai aset investasi properti berupa lahan perkebunan. Pemanfaatannya tak kalah beragam kalau dibandingkan dengan tanah pertanian. Sebagai contoh, Anda bisa menjadikannya sebagai kebun sawit, sayur, karet, kopi, teh, dan lain sebagainya. 

Nah, sekarang Anda tahu apa saja jenis-jenis investasi properti yang bisa dipilih, kan? Anda bisa menentukan pilihan dengan mempertimbangkan tujuan serta besar modal yang dimiliki. 

Sebagai informasi tambahan, ada tool penting yang bisa membantu Anda dalam memaksimalkan operasional usaha. Salah satu tool canggih itu bisa kamu dapatkan dengan menggunakan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway merupakan platform pembayaran digital yang praktis. Penggunaannya memungkinkan kamu untuk memproses berbagai jenis transaksi cukup dalam satu platform. Praktis dan hemat. Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway!

Baca jugaBukan Payment Gateway Biasa, Intip 9 Fitur Aplikasi YUKK Ini

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry