Biar Ga Salah Pilih, Kenali Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan, Yuk!

Penjelasan mengenai berbagai jenis asuransi kesehatan

Kamu sudah tahu pentingnya asuransi kesehatan sebagai bentuk perlindungan diri dari berbagai risiko di masa depan. Namun, pemahaman tentang manfaat asuransi kesehatan tersebut belum cukup. Biar bisa mendapatkan benefitnya secara maksimal, kamu perlu paham kalau ada jenis-jenis asuransi kesehatan yang tersedia. 

Pemahaman tentang berbagai jenis asuransi kesehatan sangat penting. Pengetahuan tersebut dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan asuransi yang pas untuk kebutuhan keluarga. Kamu akan menjumpai berbagai opsi asuransi kesehatan berdasarkan kategorinya masing-masing sebagai berikut. 

Berdasarkan Pihak Tertanggung

Berbagai jenis asuransi kesehatan berdasarkan pihak tertanggung

Pertama, kamu dapat mengetahui berbagai tipe asuransi kesehatan dengan memperhatikan pihak tertanggung. Ada 2 kategori tipe asuransi kesehatan yang bisa kamu temukan dalam pembagian ini, yaitu: 

1. Asuransi Kesehatan Individu

Definisi dari asuransi individu sangat sederhana. Sesuai dengan namanya, asuransi ini ditujukan untuk penggunaan perorangan. Penggunaan layanan asuransi kesehatan individu sangat cocok bagi kamu yang saat ini masih berstatus single atau belum menikah. 

Asuransi kesehatan individu atau perorangan dapat menjadi layanan proteksi kesehatan dan sekaligus pemenuhan biaya kesehatan. Kamu akan memperoleh berbagai perlindungan ataupun pemenuhan biaya pengobatan untuk berbagai keperluan, termasuk di antaranya: 

  • Biaya rawat jalan
  • Biaya rawat inap
  • Biaya konsultasi dokter
  • Biaya obat-obatan
  • Biaya persalinan
  • Biaya bedah
  • Biaya lain yang tercantum dalam polis

2. Asuransi Kesehatan Kelompok

Ada pula jenis asuransi kesehatan kelompok, biasa pula disebut sebagai asuransi kesehatan perusahaan. Penggunaannya berguna untuk memberikan proteksi serta pemenuhan biaya medis untuk sekelompok orang pada dengan menggunakan sebuah kontrak. 

Selain itu, mereka yang memiliki hubungan khusus dengan pemilik polis juga akan memperoleh perlindungan serupa. Dalam praktiknya, perusahaan kerap menggunakan layanan asuransi kesehatan kelompok kepada para karyawan. 

Dibandingkan dengan asuransi kesehatan individu, asuransi kesehatan kelompok mempunyai premi lebih terjangkau. Selain itu, durasi kontrak berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. 

Berdasarkan Jenis Perawatannya

Berbagai jenis asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatannya

Berikutnya, kamu dapat mengetahui jenis-jenis asuransi kesehatan dengan memperhatikan perawatan yang bisa didapatkan. Ada 2 tipe asuransi kesehatan yang bisa kamu temui berdasarkan dengan jenis perawatannya, yaitu: 

1. Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Sesuai dengan namanya, asuransi kesehatan rawat inap merupakan jenis asuransi yang memberikan manfaat ketika pihak tertanggung mendapatkan penanganan rawat inap di rumah sakit. Kamu dapat mengetahui secara keseluruhan ketentuan asuransi pada kontrak polis. 

Segala jenis biaya yang perlu kamu bayarkan selama menjalani rawat inap akan ditanggung oleh pihak asuransi, meliputi, biaya kamar, biaya operasi, biaya kamar ICU/ICCU, santunan meninggal dunia, ataupun biaya perawatan lanjutan.

2. Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Ada pula pertimbangan untuk menggunakan asuransi kesehatan rawat jalan. Penggunaannya bertujuan dalam memberikan proteksi ketika kamu membutuhkan penanganan rawat jalan di rumah sakit. 

Ada banyak jenis pelayanan rawat jalan yang dapat tercantum pada asuransi kesehatan rawat jalan. Oleh karenanya, kamu perlu cermat dalam membaca polis. Beberapa jenis pelayanan rawat jalan tersebut di antaranya adalah perawatan klinik gigi, medical check-up, biaya konsultasi dokter, ataupun biaya penanganan medis rawat jalan  lainnya.  

Berdasarkan Pihak Penyelenggara

Berbagai jenis asuransi kesehatan berdasarkan pihak penyelenggara

Terakhir, kamu dapat mengetahui jenis-jenis asuransi kesehatan dengan memperhatikan lembaga penyelenggaranya. Ada 2 kategori asuransi kesehatan  yang bisa kamu temukan kalau berdasarkan lembaga penyelenggaranya, yakni: 

1. Asuransi Kesehatan Pemerintah

Dengan memperhatikan lembaga penyelenggara, kamu dapat menjumpai asuransi kesehatan pemerintah. Di Indonesia, kamu dapat menemukan asuransi kesehatan pemerintah yang berupa BPJS Kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

Kelebihan utama dari BPJS Kesehatan adalah biaya premi yang sangat terjangkau. Saat ini, kamu dapat menemukan adanya 3 klasifikasi keanggotaan BPJS Kesehatan, yakni:

  • Kelas 1. Kalau ingin memperoleh pelayanan medis terbaik dari BPJS Kesehatan, pilihannya adalah kelas 1. Besaran premi bulanannya adalah senilai Rp150 ribu per bulan. 
  • Kelas 2. Selanjutnya, ada BPJS Kesehatan kelas 2 yang menawarkan fasilitas kesehatan dengan fasilitas cukup baik. Besaran iuran pembayaran untuk anggota BPJS Kesehatan kelas 2 adalah sebesar Rp100 ribu per bulan. 
  • Kelas 3. Kamu dapat pula memilih untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan kelas 3 yang mempunyai premi paling terjangkau. Kamu hanya perlu membayar senilai Rp42 ribu per bulan.

2. Asuransi Kesehatan Swasta

Berikutnya adalah asuransi kesehatan swasta yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta. Kalau kamu membandingkannya dengan asuransi kesehatan pemerintah, nilai premi asuransi kesehatan swasta jauh lebih mahal. Oleh karenanya, mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih BPJS Kesehatan dibanding asuransi kesehatan swasta. 

Nah, itulah informasi mengenai jenis-jenis asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Masing-masing asuransi kesehatan punya kelebihan serta kekurangan tersendiri. Kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dengan memperhatikan tingkat kebutuhan serta kelebihan dan kekurangannya tersebut. 

Selanjutnya, kamu perlu memastikan untuk mengalokasikan pembayaran premi asuransi kesehatan tepat waktu. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko kesehatan yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. 

Khusus bagi kamu yang saat ini mempunyai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), ada tool canggih yang dapat membantu operasional usaha jadi lebih praktis. Tool tersebut adalah YUKK, layanan payment gateway terbaik di Indonesia yang secara khusus ditujukan untuk UMKM. 

YUKK membantu kamu dalam menyediakan sistem pembayaran yang praktis dan modern dengan mudah. Cukup dengan satu layanan, kamu bisa melayani para pelanggan dengan berbagai sistem pembayaran online, termasuk di antaranya adalah e-wallet, virtual account, QRIS, maupun kartu kredit. 

Yuk, mulai gunakan aplikasi YUKK. Dengan YUKK, kamu tak cuma bisa menyediakan sarana pembayaran yang modern. Namun, kamu bisa menerima pembayaran secara praktis dari mana saja dan kapan saja. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry