Jangan Terlalu Banyak Makan Daging Merah!

Jangan Terlalu Banyak Makan Daging Merah!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Masih punya sisa daging kurban di kulkas? Makanlah dalam porsi yang wajar. Tidak boleh berlebihan. Apalagi sampai tidak terkontrol. Jika daging dikonsumsi berlebihan, bisa terjadi banyak masalah kesehatan.

Lalu berapa batas aman konsumsi daging per hari? World Cancer Research Fund menyarankan orang untuk makan daging merah—tanpa atau minim lemak—tidak lebih daripada tiga porsi seminggu. Itu setara dengan 350—500 g daging merah matang per minggu atau sekitar 50—70 g per hari. Sangat disarankan untuk menghindari daging merah olahan siap saji atau instan seperti sosis, burger, pepperoni, kornet, bacon, salami, dan sejenisnya karena mengandung pengawet dan tinggi garam.

Jangan Terlalu Banyak Makan Daging Merah!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Jika makan daging merah berlebihan…
Daging mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yakni protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12. Jika kamu punya masalah kolesterol tinggi atau berat badanmu berlebih, kamu bisa mengonsumsi sumber protein lainnya seperti jamur, telur, ayam, bebek, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Sementara itu, kandungan zat besi dan zinc bisa kamu dapatkan dari bayam, ayam, bebek, kacang-kacangan, ikan, dan brokoli.

Jangan Terlalu Banyak Makan Daging Merah!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Para ahli kesehatan menyarankan orang untuk makan daging merah dalam batas yang wajar. Jika berlebihan, bisa terjadi banyak masalah kesehatan. Berikut beberapa masalah kesehatan yang timbul karena kelebihan makan daging merah menurut American Heart Association:

  • Menyebabkan kolesterol tinggi,
  • Meningkatkan tekanan darah,
  • Memicu peradangan dan iritasi pada jaringan tubuh,
  • Meningkatkan risiko pengerasan pembuluh darah arteri (aterosklerosis), serangan jantung, dan stroke,
  • Meningkatkan risiko Alzheimer,
  • Meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus, payudara, pankreas, prostat, dan lambung.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry