Jangan Sembarangan Memilih Sabun Mandi!

Jangan sembarangan memilih sabun mandi
Ilustrasi (Foto: google)

Beautiful skin requires commitment, not a miracle.” Demikian kata Dr. Erno Laszlo (1897-1973), seorang dermatolog berdarah campuran Hungaria-Amerika. Terjemahan sederhana ungkapan itu kira-kira begini: kulit yang cantik itu membutuhkan komitmen konkret.

Yang mau dikatakan pendiri The Erno Laszlo Institute itu adalah bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat dan segar, kamu tidak bisa hanya berpangku tangan dan menunggu keajaiban dari langit. Kamu harus melakukan sesuatu! Kamu harus punya komitmen yang kuat untuk merawat kulitmu.

Jangan sembarangan memilih sabun mandi
(Foto: google)

Salah satu cara sederhana untuk merawat kulit adalah membersihkannya dengan sabun yang sesuai. Sesuai dengan apa? Sesuai dengan jenis dan karakter kulit. Ini adalah elemen penting karena fakta menunjukkan bahwa iritasi pada kulit disebabkan oleh tidak tepatnya sabun yang digunakan. Berikut ini cara memilih sabun berdasarkan jenis dan karakter kulit:

Kulit Sensitif
Kulit jenis ini bereaksi secara berlebihan terhadap faktor lingkungan atau terhadap penggunaan yang salah beberapa produk kesehatan atau kecantikan seperti kosmetik, sabun, sampo, dan tabir surya. Keadaannya bisa memburuk jika terpapar udara yang kering dan dingin. Gatal, perih, dan sensasi kulit kencang adalah beberapa cirinya.

jangan sembarangan memilih sabun mandi
Ilustrasi (Foto: google)

Untuk mencegah terjadinya iritasi, pemilik kulit sensitif disarankan untuk menggunakan sabun mandi yang tidak mengandung pewarna dan parfum dan yang kandungan pH-nya seimbang. Sabun yang terbuat dari bahan organik sangat dianjurkan karena tidak mengandung pengawet. Jangan menggunakan sabun yang mengandung bahan antibakteri dan deodoran. Bahan-bahan itu mengandung zat yang dapat mengiritasi kulit. Salah satu contoh sabun untuk pemilik kulit sensitif adalah sabun bayi.

Jangan sembarangan memilih sabun mandi
Ilustrasi (Foto: google)

Saat ini, beredar banyak sabun yang cocok untuk jenis kulit sensitif. Namun, kamu harus ingat bahwa tidak semua sabun jenis itu cocok pada semua jenis kulit sensitif. Oleh karena itu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum kamu memutuskan untuk membeli sabun.

Kulit Berminyak

Jangan sembarangan memilih sabun mandi
Ilustrasi sabun yang mengandung gliserin (Foto: Tokopedia)

Pada umumnya, kulit berminyak karena produksi sebum berlebihan. Pemilik kulit jenis ini biasanya lebih rentan terkena jerawat. Riasan yang digunakan pun akan mudah luntur. Dan badan terasa sangat lengket dan berminyak. Untuk pemilik jenis kulit berminyak, sabun mandi yang paling tepat adalah sabun antibakteri berbahan lembut seperti gliserin. Yang berlabel oil-free pun bisa digunakan. Demikian juga yang mengandung garam laut, gula merah, dan oatmeal. Yang harus dihindari adalah sabun yang mengandung bahan kimia dan deterjen.

Kulit Kering
Pemilik kulit kering disarankan untuk menggunakan sabun mandi yang mengandung pelembap. Salah satunya adalah sabun yang mengandung gliserin. Gliserin dapat melembapkan kulit dan menyerap air.

Jangan sembarangan memilih sabun
Ilustrasi (Foto: capitalradio.co.ug)

Sabun mandi yang juga sebaiknya digunakan oleh pemilik kulit kering adalah sabun mandi yang terbuat dari bahan-bahan organik. Kamu bisa memilih sabun mandi yang terbuat dari minyak zaitun, cocoa butter, lidah buaya, minyak kelapa, minyak jojoba, atau avokad. Agar kelembapan kulit terjaga, pemilik kulit kering disarankan untuk menggunakan pelembap yang mengandung petrolatum, lanolin, atau dimethicone yang tidak mengandung pewangi 3 menit setelah mandi.

Yang harus dihindari adalah sabun berbahan deterjen atau antibakteri. Sabun seperti ini dapat mengiritasi kulit, sehingga kulit dapat meradang. Selain kulit dapat meradang, sabun ini juga dapat mengurangi produksi minyak alami pada kulit. Dan pemilik kulit kering dilarang mandi dengan air panas.

Kulit Kombinasi
Kamu merasa bahwa kulitmu bersisik, kering, dan mudah teriritasi pada bagian tertentu? Namun, di bagian tubuh yang lain kamu merasa bahwa kulitmu berminyak? Jika ya, kamu termasuk dalam kategori pemilik kulit kombinasi.

Jangan sembarangan memilih sabun mandi
Ilustrasi (Foto: google)

Pemilik kulit kombinasi harus bisa telaten merawat kulitnya. Jenis kulit seperti ini harus dibersihkan secara khusus dengan produk yang berbeda. Pembersih yang lembut dan tidak mengandung banyak bahan kimia bisa digunakan. Bagian kulit yang terasa kering bisa diolesi dengan pelembap. Sementara area yang berminyak bisa dibersihkan dengan sabun yang mengandung benzoyl peroxide untuk mencegah peradangan dan munculnya jerawat.

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry