Jangan Meniup Makanan atau Minuman Panas!

Jangan meniup makanan dan minuman panas
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Apa yang biasanya dilakukan seorang ibu sebelum menyuapi anaknya dengan makanan dan minuman yang masih panas? Meniup makanan atau minuman itu. Meniupnya beberapa kali.

Perhatikan orang yang sedang makan di restoran, khususnya restoran dengan konsep all you can eat. Perhatikan apa yang mereka lakukan sebelum memasukkan makanan ke dalam mulut. Mereka akan meniup makanan itu beberapa kali.

Tindakan seperti ini jamak. Sudah sering dilakukan oleh hampir semua orang. Bahkan sudah sejak dahulu.

Tepatkah tindakan itu? Dunia medis mengatakan “tidak”. Meniup makanan dan minuman yang akan dikonsumsi bukanlah cara yang tepat. Kebiasaan ini justru memicu masalah kesehatan.

The Healthy 3 mencatat beberapa 3 masalah besar yang akan terjadi jika kebiasaan buruk ini tidak segera dihentikan:

Kontaminasi virus dan bakteri

Jangan meniup makanan dan minuman panas
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Banyak virus dan bakteri yang berada di dalam mulut. Dengan demikian, meniup makanan atau minuman berarti menyebarkan bakteri dan virus ke dalam makanan dan minuman. Menurut studi mikrobiologi, saat meniup, ada lebih banyak koloni bakteri yang tertanam dalam makanan. Seseorang bisa terkena berbagai virus penyakit seperti influenza, TBC, hingga hepatitis. Penyebaran penyakit ini mudah ditularkan melalui udara.

Terjadi ketidakseimbangan asam dalam darah

Jangan meniup makanan dan minuman panas
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ketika meniup makanan atau minuman, gas yang keluar dari mulut adalah CO2 atau gas karbondioksida. Gas ini akan membentuk senyawa yang bernama asam karbonat (carbonat acid). Karena bersifat asam, senyawa tersebut dapat memicu ketidakseimbangan pH dalam darah. Kadar pH yang normal berkisar antara 7,35—7,45. Terlalu asam bila kurang dari 7,35 yang kemudian disebut dengan kondisi asidosis. Gangguan keseimbangan asam basa ini terjadi jika kadar asam dan basa dalam darah tidak seimbang, sehingga bisa mengganggu kinerja berbagai organ tubuh.

Picu batu kapur

Jangan meniup makanan dan minuman panas
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Mengapa kamu dilarang meniup makanan atau minuman yang masih panas? Karena tindakan itu bisa memicu masalah kesehatan yang serius. Jika makanan yang mengandung kalsium oksida (CaO) bereaksi dengan CO2 dari nafas saat ditiup, yang akan dihasilkan adalah batu kapur atau CaCO3. Jika endapan dari CaCO3 semakin banyak, bisa terjadi ginjal.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry