Jaga Jarak dan Isolasi Mandiri Terbukti Memperlambat Penyebaran Virus Corona

News | 1 April 2020
Jaga jarak dan isolasi diri terbukti perlambat penyebaran virus corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Bukan tanpa alasan pemerintah meminta masyarakat untuk melakukan physical distancing (jaga jarak) dan isolasi mandiri (self-isolation) selama wabah Covid-19 ini. Dengan menjaga jarak dan mengisolasi diri, rantai penyebaran virus Corona bisa diputus. Dan hal ini terbukti berhasil.

Studi statistik yang dilakukan oleh Institute for Disease Modeling (IDM) mengungkapkan bahwa isolasi diri dan jaga jarak yang dilakukan selama tiga minggu berhasil menekan laju penyebaran virus Corona di Seattle, Amerika Serikat. IDM mengamati data kesehatan yang disusun pemerintah di hotspotvirus Corona di negara bagian Washington itu. Data ini digunakan untuk menghitung dampak isolasi tersebut.

Jaga jarak dan isolasi diri terbukti perlambat penyebaran virus corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Berdasarkan data kesehatan masyarakat, termasuk di dalamnya data tentang tes positif dan negatif serta angka kematian secara keseluruhan, para peneliti melihat bahwa jaga jarak dan isolasi mandiri telah memperlambat gerak penyebaran virus Corona sejak awal Maret lalu. Jumlah reproduksi penyakit ini, yaitu jumlah orang yang akan menginfeksi rata-rata satu pasien, turun hampir setengahnya. Dari 2,7% pada akhir Februari menjadi 1,4% pada 18 Maret.

“Keuntungan utama di sini adalah meskipun kami telah membuat kemajuan besar, kemajuan kami tidak pasti dan tidak mencukupi,” kata Daniel Klein, salah satu pemimpin penelitian, seperti dikutip dari AFP.

Jaga jarak dan isolasi diri terbukti perlambat penyebaran virus corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Agar pandemi menurun, menurut para peneliti, jumlah reproduksi harus turun di bawah 1%.

“Kami melihat efek positif dari jaga jarak dan tindakan lain yang telah kami lakukan meskipun sejumlah besar kasus dan kematian terus terjadi,” kata Jeff Duchin, Direktur Kesehatan King County.

 

 

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry