Masih Bingung Investasi Properti? Ini Kelebihan & Kekurangannya!

Penjelasan berbagai kelebihan dan kekurangan dalam berinvestasi properti

Dalam setiap aktivitas berinvestasi, Anda perlu memikirkannya secara matang. Apalagi, kalau Anda tertarik untuk terjun ke investasi properti yang kabarnya menjanjikan keuntungan besar. Sebelum Anda benar-benar terjun ke dalamnya, ada baiknya pahami dulu kelebihan dan kekurangan investasi properti. 

Pemahaman tentang seluk beluk investasi properti sangat penting. Tujuannya, biar Anda tidak bingung dan ragu ketika melakukannya. Dengan begitu, Anda bisa mengambil keputusan berinvestasi secara objektif dan dalam kondisi pikiran tentang. 

Kelebihan Investasi Properti

Kelebihan investasi properti

Ketika membahas tentang investasi properti, Anda akan menemukan adanya beberapa kelebihan dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, yakni: 

Berpotensi Mendapatkan Keuntungan Lebih Setiap Tahunnya

Kelebihan utama dan yang paling mencolok dalam investasi properti adalah tingkat keuntungannya. Anda berpeluang memperoleh imbal hasil investasi properti dengan nominal yang lebih besar dibanding aset investasi lain. 

Tak menutup kemungkinan, tingkat keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan secara berlipat ganda. Apalagi, kalau Anda memiliki aset properti potensial yang berada di lokasi strategis dan berkembang. 

Fakta lain, aset properti mempunyai tren kenaikan harga yang positif. Harganya terus mengalami kenaikan setiap tahun. Oleh karenanya, pertimbangkan untuk berinvestasi properti ketika harganya cukup terjangkau. 

Dapat Dijadikan Sebagai Jaminan

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan kelebihan aset properti yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan jaminan pinjaman. Pengajuan pinjaman atau kredit dengan jaminan properti relatif lebih mudah mendapatkan persetujuan dari pihak bank. 

Tak hanya itu, Anda juga berpeluang mendapatkan pinjaman dengan nominal yang tinggi kalau menggunakan jaminan properti. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan kepemilikan aset properti untuk pengajuan pinjaman ketika dalam kondisi mendesak. 

Bisa Jadi Investasi Jangka Panjang

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda peroleh ketika membeli aset properti berupa tanah atau bangunan adalah dengan menjadikannya sebagai investasi jangka panjang. Anda dapat menjual aset tersebut di masa depan dengan harga berkali lipat lebih tinggi dibanding harga belinya. 

Contohnya adalah ketika Anda membeli sebuah properti yang harganya murah. Pada kondisi tersebut, Anda bisa melakukan inisiatif untuk melakukan renovasi. Berkat renovasi tersebut, nilai jual bangunan tersebut dapat meningkat drastis di masa depan. 

Nilai Properti Tidak Terdampak oleh Inflasi

Inflasi merupakan fenomena yang tak bisa Anda bendung. Dampaknya bisa sangat merugikan. Nilai mata uang berkurang dan harga barang-barang mengalami kenaikan. Namun, Anda tetap bisa memperoleh keuntungan kalau memiliki aset properti. Alasannya, karena properti tidak terdampak oleh inflasi

Alih-alih mengalami penurunan, nilai properti malah akan mengalami kenaikan seiring terjadinya inflasi. Apalagi, tingkat kebutuhan terhadap kepemilikan lahan terus meningkat, yang diiringi dengan tingkat ketersediaan terbatas dan langka. Belum lagi, harga material bangunan yang semakin mahal kian mendorong kenaikan harga properti. 

Dapat Dijadikan Alternatif Sumber Penghasilan Pasif

Kelebihan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan ketika berinvestasi properti adalah peluang memperoleh penghasilan pasif. Tak sekadar menjadikannya sebagai penghasilan tambahan, Anda bisa pula menggunakan kepemilikan properti sebagai sumber penghasilan utama. 

Caranya gampang. Anda bisa menggunakan properti sebagai sumber pemasukan dengan menyewakannya. Anda dapat memilih untuk menyewakannya secara bulanan maupun tahunan. Peluang pemasukan yang bisa Anda peroleh pun terus meningkat seiring dengan jumlah properti yang dimiliki. 

Kekurangan Investasi Properti

Kekurangan investasi properti

Meski punya kelebihan, Anda juga harus cermat dengan memahami kekurangan investasi properti. Ada 4 poin penting yang menjadi kekurangan aset investasi ini, yaitu: 

Modal Awal yang Diperlukan Cukup Besar

Tak semua orang punya kesempatan untuk berinvestasi properti. Alasan utamanya adalah karena kepemilikan properti memerlukan modal besar. Nominal tersebut kian bertambah kalau Anda ingin membeli properti yang berada di lokasi strategis dan berkembang

Biaya Pemeliharaan dan Perbaikan yang Mahal

Saat mempunyai aset properti, Anda jangan hanya berangan-angan mendapatkan penghasilan pasif serta keuntungan besar. Namun, Anda juga harus memperhatikan biaya perawatan bangunan yang nilainya tak sedikit. Apalagi, ada banyak bagian rumah yang rentan mengalami kerusakan, termasuk di antaranya atap rumah ataupun plafon. 

Belum lagi, Anda juga harus memperhitungkan biaya lain yang tak kalah besar terkait kepemilikan serta perawatan rumah. Biaya lain tersebut di antaranya adalah pembayaran pajak serta asuransi. 

Sulitnya Menjual Properti dalam Waktu Cepat

Anda memang bisa meraih keuntungan besar dengan cara menjual properti. Namun, proses penjualan tersebut butuh waktu yang sangat lama. Bahkan, tak menutup kemungkinan Anda perlu menunggu selama beberapa tahun sampai aset tersebut bisa terjual. 

Dengan situasi seperti itu, properti bukan merupakan pilihan tepat kalau Anda mencari aset investasi yang likuid. Anda bakal mengalami kesulitan ketika ingin mencari sumber pendanaan ketika butuh keuangan secara mendesak

Berpotensi Rugi Jika Terdampak Bencana Alam

Tak ada aset investasi yang mempunyai risiko kerugian 0%, termasuk properti. Anda tetap akan berhadapan dengan risiko kerugian. Bahkan, tingkat kerugian dari kepemilikan properti bisa sangat tinggi. 

Risiko kerugian investasi properti dapat meningkat ketika lokasinya berada di daerah rawan bencana. Berbagai jenis bencana alam, seperti kebakaran, banjir, maupun gempa bumi, dapat menimbulkan kerusakan parah pada aset. Anda pun perlu mengeluarkan dana yang jumlahnya sangat besar untuk memperbaikinya. 

Sekarang Anda jadi tahu kelebihan dan kekurangan investasi properti, kan? Dengan pengetahuan ini, Anda bisa memperoleh gambaran yang jelas apakah ingin menjalankan investasi ini atau tidak. 

Sebagai tambahan, ada informasi penting buat kamu yang mempunyai usaha sendiri. Biar usaha makin berkembang, kamu perlu menggunakan metode pembayaran yang nyaman dan beragam bagi para pelanggan. Metode seperti ini bisa kamu dapatkan dengan memakai layanan YUKK Payment Gateway

YUKK adalah platform payment gateway terbaik untuk UMKM di Indonesia. Dengan YUKK Payment Gateway, kamu bisa menyediakan sistem pembayaran online yang modern dan praktis. Pelanggan nyaman, transaksi pun berlangsung lancar. Yuk, mulai pakai YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Lewat Satu Gateway, YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry