Inilah Orang Italia Terkaya yang Ada di Balik Kinder Joy

News | 13 April 2022
Inilah Orang Italia Terkaya yang Ada di Balik Kinder Joy
Kinder Surprise (Foto: BBC)

Dalam beberapa hari terakhir ini, Kinder Joy sedang menjadi pembicaraan masyarakat. Camilan cokelat dalam kemasan berbentuk telur itu ditarik dari peredaran karena diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid). Penarikan itu dilakukan segera setelah diterbitkannya peringatan publik oleh Food Standard Agency (FSA) Inggris pada awal April ini.

Peringatan publik itu diterbitkan setelah muncul laporan bahwa anak-anak yang mengonsumsi camilan itu mengalami diare, demam, dan kram perut. Diduga ada bakteri Salmonella di dalam camilan ini. Selain Inggris, sejumlah negara di Eropa juga menarik camilan itu dari peredaran, antara lain, Belanda, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Swedia.

Inilah Orang Italia Terkaya yang Ada di Balik Kinder Joy
Giovanni Ferrero (Foto: luxatic.com)

Terlepas dari benar atau tidaknya dugaan itu, Kinder Joy telah menjadi salah satu camilan favorit anak-anak di seluruh dunia. Camilan itu adalah salah satu produk Ferrero, perusahaan makanan asal Italia. Pemiliknya bernama Giovanni Ferrero.

Perusahaan ini, seperti dikutip YUKK dari The Guardian, dibangun oleh Pietro Ferrero pada 1942 di Italia. Ketika itu, Pietro dan istrinya, Piera, mengubah sebuah toko kue menjadi pabrik. Setelah Perang Dunia II, mereka membuka pabrik dan kantor di luar negeri. Fakta ini membuat keluarga Ferrero tercatat sebagai pabrikan pertama di Italia yang membuka lokasi produksi dan kantor di luar negeri.

Inilah Orang Italia Terkaya yang Ada di Balik Kinder Joy
Pabrik pertama (Foto: italiandelights.com)

Perusahaan keluarga ini ternyata berkembang pesat. Pietro dan putranya, Michele Ferrero, memproduksi banyak varian cokelat. Mulai dari TicTac, Nutella,hingga Kinder Surprise. Dibantu dengan jaringan penjualan yang terorganisir oleh Giovanni, saudara Pietro, Ferrero melebarkan sayap hingga ke luar negeri.

Saat ini, Ferrero dijalankan oleh putra Michele, Giovanni Ferrero. Dalam menjalankan perusahaan ini, dia berprinsip bahwa bisnis permen dan cokelat seperti bisnis bir: hanya 4 brand raksasa yang mengontrol 86% pasar dunia. Itulah mengapa lelaki berusia 57 tahun ini menolak berbagai pinangan akuisisi dari berbagai perusahaan. Dia justru mengakuisi berbagai produk, mulai dari Thorntons hingga biskuit Burton yang menghabiskan dana hingga Rp71,3 triliun.

Inilah Orang Italia Terkaya yang Ada di Balik Kinder Joy
(Foto: efanews.eu)

Pabrik Ferrero tersebar di seluruh dunia. Ada yang berdiri di Belgia, Australia, India, Turki, Mexico dan China. Pada 2021 lalu, Ferrero mencatatkan penjualan senilai US$14 miliar.

Kini, Giovanni Ferrero tercatat sebagai orang terkaya di Italia. Forbes menempatkan namanya pada urutan ke-36 dalam daftar orang paling kaya di dunia pada 2022. Total kekayaannya mencapai US$36,2 miliar atau setara dengan lebih dari Rp600 triliun.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry