Ini Gejala-Gejala Infeksi Virus G4

Ini Gejala-Gejala Infeksi Virus G4
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Di tengah gempuran Covid-19, dunia diminta waspada untuk menghadapi serangan virus baru. Virus baru itu adalah G4 EA H1N1 atau disebut G4. Virus yang ditemukan pada babi ini, dilaporkan para ilmuwan di China, telah menginfeksi sejumlah orang.

“Saat ini, kita teralihkan oleh virus Corona dan memang demikian. Namun, kita tidak boleh abai dengan virus baru yang potensial berbahaya,” kata Prof. Kin-Chow Chang dari Nottingham University seperti dikutip dari BBC.

Ini Gejala-Gejala Infeksi Virus G4
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sampai saat ini, memang belum ditemukan bukti bahwa virus ini bisa menular antarmanusia. Namun, para ilmuwan khawatir bahwa penularan antarmanusia bisa saja terjadi jika virus ini bisa terus-menerus mereplikasi diri. Virus ini diketahui punya kemampuan bermutasi dan beradaptasi.

Menurut para ilmuwan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, virus G4 ini mempengaruhi sistem pernapasan manusia dan bisa berkembang biak dengan cepat. Gejala-gejalanya berupa bersin, mengi, batuk, dan penurunan berat badan. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciencesmenunjukkan bahwa manusia tidak kebal terhadap virus G4 dan tidak bisa terlindungi dengan jenis vaksin influenza yang ada.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry