Ini Dia 3 Kesalahan yang Bikin Dietmu Gagal

Ini Dia 3 Kesalahan yang Bikin Dietmu Gagal
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sudah berusaha menjalankan diet ketat, tapi berat badan tidak kunjung turun? Bahkan mungkin berat badan justru bertambah? Berarti ada yang salah.

Tina Haupert, seorang blogger, functional nutritionist, pelatih kebugaran, dan penulis buku Carrot ‘N’ Cake membeberkan 3 kesalahan utama yang sering dilakukan oleh mereka yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Berikut ketiga kesalahan itu seperti dikutip dari Health:

Tidak hitung porsi dan kalori

Ini Dia 3 Kesalahan yang Bikin Dietmu Gagal
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Banyak orang melakukan ini. Mereka mengira bahwa dengan memilih makanan sehat saja sudah cukup untuk menurunkan berat badan. Masalahnya adalah mereka tidak menghitung berapa porsi makanan yang harus konsumsi. Berat badan tidak akan turun jika makanan sehat yang kamu konsumsi itu sangat banyak.

Belum lagi kesalahan ini: tidak hitung kalori. Memilih makanan yang sehat memang baik. Namun, tidak memperhatikan jumlah kalori yang ada di dalam makanan itu tetaplah sebuah kesalahan.

Tidak perhatikan nutrisi

Ini Dia 3 Kesalahan yang Bikin Dietmu Gagal
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan cara berdiet, yang harus kamu perhatikan tidak hanya berapa banyak makanan yang kamu makan dan berapa jumlah kalori yang ada di dalamnya, tetapi juga asupan nutrisi penting untuk tubuhmu. Jika tidak, tubuh kamu tidak akan cukup berenergi untuk melakukan aktivitas.

“Alih-alih menghitung kalori, saya fokus untuk menambahkan lebih banyak makanan utuh, terutama buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi, ke dalam diet saya, yang membantu saya mengurangi kalori sekaligus meningkatkan nutrisi pada saat yang bersamaan,” kata Haupert.

Tidak cukup makan pada siang hari

Ini Dia 3 Kesalahan yang Bikin Dietmu Gagal
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Banyak orang tidak mau makan siang atau bahkan tidak makan siang dalam jumlah yang cukup karena ingin menurunkan berat badan. Ini justru salah. Mengapa? Tidak makan siang akan membuat kamu makan berlebihan saat makan malam. Bahkan bisa jadi kamu makan apa saja karena kamu sangat lapar.

Haupert pernah mengalami hal ini. Dia pernah tidak makan yang cukup pada siang hari. Akibatnya adalah dia makan berlebihan saat makan malam.

“Jika saya tidak makan banyak makanan dan camilan sepanjang hari, camilan yang mengandung karbohidrat dan serat, protein rendah lemak, dan lemak sehat, saya pasti akan makan berlebihan pada penghujung hari,” katanya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry