Ini 6 Cara Mudah untuk Mengurangi Risiko Stroke

Cara mudah untuk mencegah risiko stroke
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Stroke adalah salah satu penyakit dengan tingkat kematian yang tinggi. Penyakit ini menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Belakangan ini, penyakit ini juga menyerang anak muda.

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat melaporkan bahwa stroke telah membunuh sekitar 140 ribu warga Amerika Serikat setiap tahun. Setiap 4 menit, 1 orang dilaporkan meninggal karena penyakit itu. Dan sebanyak 34 persen pengidap stroke yang dirawat di rumah sakit berusia di bawah 65 tahun.

Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko stroke? Dilansir Prevention, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko stroke.

Rutin cek tekanan darah

Cara mudah untuk mencegah risiko stroke
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Salah satu penyebab stroke adalah tekanan darah tinggi. Sebagian besar kasus stroke dialami mereka yang punya tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek tekanan darah. Jika ternyata tekanan darahmu tinggi, ubahlah pola hidupmu.

Konsumsi makanan sehat untuk jantung

Cara mudah untuk mencegah risiko stroke
Cokelat (Foto: Freepik)

Makanan yang bersifat antiinflamasi seperti cokelat murni, buah beri, sayuran hijau, gandum, dan salmon baik bagi kesehatan jantung. Konsumsi makanan-makanan di atas akan menurunkan tekanan darah sebesar 11 mmHg.

Asupan potasium

Cara mudah untuk mencegah risiko stroke
Avokad (Foto: Freepik)

Untuk menurunkan tekanan darah, batasi konsumsi sodium. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung potasium. Potasium akan menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh. Makanan dengan asupan tinggi potassium, antara lain, adalah kacang, avokad, dan ubi jalar.

Olahraga

Cara mudah untuk mencegah risiko stroke
Olahraga (Foto: Freepik)

Berolahraga selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk stroke. Tak harus olahraga berat. Olahraga ringan pun sudah sangat menyehatkan

Batasi makanan tinggi sodium

Cara mudah untuk mencegah risiko stroke
Acar (Foto: veroathome.com)

Makanan tinggi sodium seperti sup olahan dalam kaleng, jus, roti, acar atau asinan berpengaruh pada tingginya tekanan darah. Mulai sekarang, batasi konsumsi sodium untuk menangkal tekanan darah tinggi.

Berhenti merokok

Cara mudah untuk mencegah risiko stroke
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ateroklerosis adalah flek yang terbentuk di dalam arteri yang disebabkan oleh senyawa kimia dalam rokok. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 3.000 pria dan wanita yang menderita stroke dan berhenti merokok mengalami perubahan signifikan dalam tekanan darahnya.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry