Ini 5 Trik Hemat Berbelanja Online

Ini 5 Trik Hemat Berbelanja Online
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tidak bisa pergi ke pasar karena takut terpapar virus Corona? Tidak bisa pergi ke mall atau pusat perbelanjaan karena sedang diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)? Tidak usah bingung! Belanja saja dalam jaringan.

Saat ini, berbelanja dalam jaringan (online) sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Sebagian besar masyarakat sudah melakukan ini. Bahkan sebelum dunia diserang wabah Covid-19.

Selain lebih efektif dan efisien, belanja dalam jaringan lebih disukai karena lebih hemat. Banyak marketplace yang menawarkan berbagai promosi menarik: potongan harga, cashback, special price, dan lainnya. Sebuah barang dengan harga jual awal Rp100 ribu bisa, misalnya, didapatkan hanya dengan Rp50.000 setelah didiskon 50%.

Yang menjadi masalah adalah berbagai promosi itu membuat orang kalap berbelanja. Lalu bagaimana mengatasi sikap ini? Pakai 5 trik ini.

Bikin daftar belanja

Ini 5 Trik Hemat Berbelanja Online
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Supaya tidak kalap berbelanja, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat apa yang ingin kamu beli dalam sebuah daftar. Catat barang demi barang yang kamu butuhkan. Ingat, barang yang kamu butuhkan. Pada saat berbelanja nanti, hanya barang-barang di dalam daftar itulah yang harus kamu beli.

Shopping budget

Ini 5 Trik Hemat Berbelanja Online
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Setelah membuat daftar itu, kamu akan tahu berapa dana yang harus kamu siapkan. Besaran dana itu bisa menjadi patokan atau referensi untuk belanja pada bulan berikutnya. Mungkin tidak persis sama karena kebutuhanmu pada bulan berikutnya bisa saja berbeda. Namun, kamu sudah tahu berapa besar, kira-kira, uang yang harus kamu sisihkan dari pendapatanmu untuk belanja bulananmu.

Jeli memilih promosi

Ini 5 Trik Hemat Berbelanja Online
Promosi dari Verio Store (Grafis: YUKK)

Hampir semua marketplace menawarkan promosi yang menggiurkan. Mulai dari potongan harga yang besar hingga gratis ongkos pengiriman barang. Kamu harus jeli memilih promosi yang ditawarkan. Bacalah syarat dan ketentuannya.

Saat ini, YUKK menghadirkan promosi yang menarik. Untuk setiap transaksi melalui YUKK Online dengan menggunakan YUKK Cash, kamu akan mendapatkan cashback 15%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 30.000 poin.

Selain itu, beberapa toko dalam YUKK Online pun memberikan potongan harga. Misalnya, Verio Store. Toko ini memberikan diskon untuk banyak produknya. Salah satunya adalah rice coocker Cosmos. Potongan harganya hingga 60%.

Manfaatkan momen sale

Ini 5 Trik Hemat Berbelanja Online
Promosi YUKK (Gratis: YUKK)

Dalam sebulan, biasanya situs belanja online atau aplikasi tertentu menggelar sale besar-besaran. Dalam momen seperti itu, biasanya ada diskon besar-besaran dan gratis ongkos kirim. Kamu bisa memanfaatkan momen ini.

Pada hari ini, Jumat (16/10), YUKK sedang menggelar flash sale beberapa jenis voucher. Mulai dari voucher makanan hingga voucher transportasi. Ada voucher Grab Food, Grab transportasi, Haagen-Dazs, H&M, dan Excelso. Semuanya dijual dengan harga promosi. Flash sale lainnya sedang YUKK siapkan. Dapatkan informasinya melalui Instagram.

Metode pembayaran yang tepat

Hari Cuci Tangan Sedunia; Ini Faktanya
YUKK memberikan cashback 15% untuk setiap transaksi dengan YUKK Cash (Grafis: YUKK)

Trik ini pun bisa kamu pakai untuk menekan pengeluaranmu. Ada marketplace yang memberikan penawaran menarik jika pelanggan membayar barang belanjaan dengan metode yang ditentukan. Ada cashback, potongan harga, gratis ongkos kirim, dan lainnya.

YUKK pun memberikan penawaran menarik. Jika kamu berbelanja melalui fitur “YUKK Online” dan membayar semua barang belanjaanmu dengan YUKK Cash, kamu akan mendapatkan cashback 15%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 30.000 poin. Poin-poin itu bisa kamu gunakan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain melalui aplikasi YUKK seperti bayar iuran BPJS Kesehatan, bayar angsuran, iuran listrik, dan lainnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry