Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Imunitas Lansia Melawan Corona

Daftar makanan untuk meningkatkan imunitas lansia melawan virus Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sudah 8.028.846 orang di seluruh dunia yang terinfeksi virus Corona. Sebanyak 4.148.309 orang di antaranya berhasil disembuhkan. Sementara itu, sebanyak 436.293 orang meninggal dunia. Demikian data yang dikutip YUKK dari laman Worldometers, Selasa (16/6) pagi.

Sejauh ini, Amerika Serikat masih tercatat sebagai negara dengan jumlah kematian karena Covid-19 paling banyak di dunia. Worldometersmencatat jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 117.879 orang. Pada urutan kedua ada Brasil dengan 43.389 orang yang meninggal dunia. Lalu Inggris dengan 41.698 orang.

Dari 423.823 orang yang meninggal dunia itu, sebagian besar di antaranya adalah para lansia. Sejak awal wabah ini, kelompok usia ini memang sangat rentan pada infeksi virus. Fakta menunjukkan bahwa mereka lebih berisiko mengalami masalah yang lebih serius. Alasannya adalah lemahnya daya tahan tubuh mereka.

Bagaimana menguatkan imunitas mereka melawan serangan virus Corona? Ada beberapa cara. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Berikut ini beberapa makanan, yang dikumpulkan YUKK dari beberapa sumber, yang disarankan untuk dikonsumsi para lansia dalam pandemi ini.

Bayam

Daftar makanan untuk meningkatkan imunitas lansia melawan virus Corona
(Foto: Freepik)

Para lansia sangat disarankan untuk makan bayam karena bayam kaya akan antioksidan, betakaroten, vitamin A dan C, magnesium, zat besi, dan folat. Semua nutrisi ini dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi bayam setiap hari, sel-sel dan organ tubuh lansia tetap terjaga. Tambahan lagi, bayam dapat mencegah degenerasi makula pada lansia.

Yogurt

Daftar makanan untuk meningkatkan imunitas lansia melawan virus Corona
(Foto: Freepik)

Di dalam yogurt ada vitamin D dan bakteri baik yang membantu tubuh melawan penyakit. Elmhurst Extended Care Center menyarankan orang untuk memilih yogurt yang mengandung LactobacillusBifidus dan Acidophilus. Bakteri-bakteri ini dapat memperlancar sistem pencernaan dan mendorong kekebalan tubuh.

Brokoli

Daftar makanan untuk meningkatkan imunitas lansia melawan virus Corona
(Foto: Freepik)

Salah satu sayuran yang dapat meningkatkan imunitas para lansia adalah brokoli. Di dalam sayuran ini ada vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang tinggi. Sejumlah penelitian sudah menunjukkan bahwa brokoli dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Kacang almond

Daftar makanan untuk meningkatkan imunitas lansia melawan virus Corona
(Foto: Freepik)

Makan kacang almond setiap hari adalah baik untuk lansia. Bahkan sangat dianjurkan. Mengapa? Karena kacang almond mengandung vitamin E dan lemak yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E adalah bahan utama pembentuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini dapat diserap dengan baik saat tubuh juga mengonsumsi lemak. Jika lansia sudah makan kacang ini, maka mereka tak perlu lagi menyantap lemak tambahan. Lemak sehat dalam kacang almond membantu tubuh menyerap vitamin dengan baik.

Bawang putih

Daftar makanan untuk meningkatkan imunitas lansia melawan virus Corona
(Foto: Freepik)

Bumbu dapur yang satu ini punya begitu banyak manfaat untuk para lansia. Beberapa manfaatnya yang bisa disebut, antara lain, memerangi infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh para lansia, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry