Ingin Tajamkan Ingatan? Makan Saja Buah Anggur!

Ingin tajamkan ingatan? Makan saja buah anggur!
Ilustrasi (Foto: google)

Para ilmuwan tidak berhenti melakukan penelitian untuk mencari tahu seperti apa hubungan antara buah anggur dan daya ingat. Apakah buah anggur dapat mempertajam daya ingat? Mereka yakin bahwa jika anggur merah dapat melindungi kesehatan jantung dan melindungi sel saraf otak, maka itu berarti bahwa buah anggur punya pengaruh yang signifikan dalam mempertajam memori.

Berangkat dari asumsi itu, tim ilmuwan dari University of California melakukan penelitian terhadap sejumlah orang. Para peserta yang menjadi objek penelitian ini dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta mengonsumsi bubuk anggur yang jumlahnya setara dengan 72 g anggur. Mereka diminta mengonsumsi bubuk anggur itu 2 kali sehari selama 6 bulan. Sementara kelompok yang lain memiliki placebo.

Anggur bisa meningkatkan daya ingat
(Foto: google)

Pada awal proses penelitian, para peneliti mengamati kinerja kognisi melalui pemindaian. Enam bulan kemudian, mereka kembali mengamati kinerja kognisi. Juga melalui pemindaian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat di dalam buah anggur dapat mempromosikan aktivitas metabolisme yang sehat di daerah otak yang berkaitan dengan memori. Sementara pada mereka yang mengambil placebo, proses metabolisme mengalami penurunan yang signifikan.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan rutin anggur dapat memberikan efek baik bagi daya ingat, termasuk perlindungan terhadap penurunan memori awal yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer,” kata Dr. Daniel Silverman, pemimpin tim peneliti.

Anggur dapat meningkatkan daya ingat
Ilustrasi (Foto: momjunction.com)

Berbekal hasil penelitian itu, para peneliti mendorong orang untuk secara rutin mengonsumsi buah anggur, baik anggur hitam maupun anggur putih. Dengan makan buah anggur 2 porsi atau sekitar 2 genggam tangan setiap hari, daya ingat akan semakin meningkat dan risiko terserang penyakit Alzheimer menurun.  Semua nutrisi yang terkandung di dalam buah anggur dapat melindungi bagian otak yang bertanggung jawab terhadap memori.

 

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry