Heboh Boneka Arwah di Indonesia; Bagaimana Asal-usulnya?

News | 3 January 2022
Heboh Boneka Arwah di Indonesia; Bagaimana Asal-usulnya?
Ivan Gunawan dengan kedua boneka arwahnya (Foto: Instagram)

Dalam beberapa hari terakhir ini, warganet dibuat heboh dengan fenomena spirit doll atau boneka arwah. Bermula dari Ivan Gunawan yang memperkenalkan boneka bayi yang dia akui sebagai anaknya. Boneka yang diberinya nama Miracle dan Marvelous itu dianggapnya hidup layaknya manusia.

Setelah itu, mulai bermunculan satu demi satu pesohor di tanah air dengan koleksi boneka arwahnya. Ada Celine Evangelista dengan 2 bonekanya, Roy Kiyosih dengan boneka pocongnya, dan Lucinta Luna dengan boneka yang diberinya nama Fitri. Sementara itu, Nora Alexandra mengoleksi banyak boneka yang tampak seram.

Intan Erlita, seorang psikolog, mengomentari fenomena yang terjadi di kalangan selebritas tanah air ini. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh para selebritas itu akan membawa pengaruh kepada masyarakat luas.

Heboh Boneka Arwah di Indonesia; Bagaimana Asal-usulnya?
Ivan Gunawan bermain dengan bonekanya (Foto; Instagram)

“Saya lebih khawatirkan impact, efek dari ini semua kepada masyarakat luas. Kenapa? Karena ini ‘kan yang memulai selebritis gitu, ya,” katanya seperti dikutip YUKK dari kanal YouTube SCTV.

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH. Muhammad Cholil Nafis, juga berbicara tentang boneka arwah ini.

“Punya boneka mainan itu boleh, tapi kalau itu diisi atau dipersepsikan tempat arwah, hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus. Kalau disembah, musyrik. Kalau berteman saja berarti berteman dengan jin,” katanya seperti dikutip YUKK dari detikcom.

Heboh Boneka Arwah di Indonesia; Bagaimana Asal-usulnya?
Celine Evangelista dengan kedua boneka arwah yang diberinya nama Selena dan Michelle (Foto; Instagram)

Apa itu boneka arwah? Mengapa boneka itu diperlakukan layaknya manusia? Dan dari mana asal fenomena ini?

Dilansir dari BBC, fenomena boneka arwah ini muncul di Thailand pada 2016 lalu. Masyarakat Thailand mengadopsi boneka yang dinilai memiliki aura supranatural.Boneka arwah ini disebut luk thep yang secara harfiah berarti malaikat anak. Mereka percaya bahwa boneka ini membawa keberuntungan. Itulah mengapa boneka ini dimanjakan seolah-olah anak sendiri.

Heboh Boneka Arwah di Indonesia; Bagaimana Asal-usulnya?
Boneka airway di Thailand (Foto: Shutterstock)

Setelah dibeli, boneka arwah ini dibawa pemiliknya kepada seorang biksu untuk didoakan. Untuk apa boneka didoakan? Untuk mendatangkan keberuntungan. Namun, ada juga yang menganggap doa untuk mengundang arwah masuk ke dalam boneka.

Fenomena ini, di Thailand, ditanggapi positif oleh industri penerbangan. Thai Smile Airways, misalnya, memperbolehkan boneka mendapatkan kursi, makanan ringan, dan minuman mereka sendiri. Restoran mewah di Thailand pun memperbolehkan boneka arwah mendapatkan tempat duduk dan makanannya sendiri.

 

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry