Hari Kopi Sedunia: Menguak Awal Mula Kopi

Hari Kopi Sedunia: Menguak Awal Mula Kopi
(Foto: Pexels)

Hari ini adalah International Coffee Day. Hari Kopi Sedunia. Sudahkah kamu merayakannya? Sudahkah kamu minum kopi hari ini?

Minum secangkir kopi pada hari ini akan terasa istimewa. Apalagi jika dilakukan bersama para pencinta kopi. Organisasi Kopi Internasional menyebut Hari Kopi Sedunia sebagai perayaan keragaman, kualitas, dan semangat dari sektor kopi.

Pada hari ini, tidak ada salahnya kita berbicara tentang kopi. Tentang sejarah kopi. Tentang bagaimana kopi ditemukan, disukai, dan kemudian menyebar begitu cepat ke berbagai belahan dunia.

Hari Kopi Sedunia: Menguak Awal Mula Kopi
(Foto: Flickr)

Dikutip YUKK dari National Today, tanaman kopi berasal dari Ethiopia. Ditemukan sekitar tahun 700-an oleh seorang penggembala kambing bernama Kaldi. Ada banyak versi cerita tentang penemuannya.

Salah satu versi paling umum yang beredar adalah Kaldi menemukan kambing-kambingnya bertingkah aneh. Seakan sedang menari. Setelah dia mencari tahu, barulah dia tahu bahwa kawanan kambingnya bertingkah aneh karena makan sejenis kacang merah.

Hari Kopi Sedunia: Menguak Awal Mula Kopi
(Foto: VietnamPlus)

Kaldi lalu bercerita kepada salah seorang temannya yang adalah seorang biarawan. Kebetulan temannya itu membutuhkan sesuatu yang bisa membuatnya tetap terjaga sepanjang malam untuk berdoa. Lalu dia minum “kacang merah” itu dan ternyata dia bisa berjaga sepanjang malam. Para anggota biara pun mencobanya dan berjaga sepanjang malam.

Ternyata ada versi lain tentang cerita itu. Sang biarawan, menurut versi ini, menolak pemberian Kaldi dan melemparkan kacang-kacang merah itu ke dalam api. Lalu segera menyeruak aroma menyenangkan yang luar biasa.

Mau Turunkan Berat Badan? Ini Minuman Pembakar Lemak!
(Foto: Crello)

Dari Ethiopia, kopi lalu menyebar ke Yaman pada abad ke-15. Di situ, biji kopi disebut “Mocha”. Selanjutnya kopi menyebar ke Mesir, Persia, dan Turki. Ketika itu, kopi terkenal dengan nama “anggur Arab”. Dan mulai dibukalah kedai kopi dengan nama “Sekolah Orang Bijaksana” (Schools of the Wise).

Kopi baru mulai diproses dalam skala besar di India Selatan. Lalu menyebar luas ke seluruh Eropa dengan sangat cepat dan populer pada 1560. Pada 1600-an, kedai kopi mulai bermunculan di Eropa. Baru setelah itu di Amerika.

Hari Kopi Sedunia: Menguak Awal Mula Kopi
(Foto: Pexels)

Pada 2014 lalu, Organisasi Kopi Internasional mendeklarasikan 1 Oktober sebagai Hari Kopi Internasional. Sebuah kesempatan untuk merayakan kopi sebagai minuman sekaligus membangun kesadaran akan perjuangan para petani kopi.

 

Selamat Hari Kopi Sedunia

Sudahkah kamu minum kopi hari ini?

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry