Catat Ini: Sikat Gigi Tiga Kali Sehari Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung!

Sikat Gigi Tiga Kali Sehari Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jangan berpikir bahwa tidak ada hubungan antara kebersihan gigi dan kesehatan jantung. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk melihat hubungan di antara keduaya. Dan sudah banyak pula terjadi serangan jantung karena bakteri yang ada di dalam mulut.

Belum lama ini, sebuah penelitian dilakukan para ilmuwan dari Korea Selatan. Hasil penelitian itu sudah dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology. Dari penelitian itu, para ilmuwan mengetahui bahwa ada hubungan kuat antara menyikat gigi dengan risiko gagal jantung dan fibrilasi atrium yang lebih rendah atau kondisi yang menyebabkan denyut jantung tidak teratur.

Sikat Gigi Tiga Kali Sehari Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Kami mempelajari kelompok besar dalam jangka waktu yang lama, yang menambah kekuatan pada temuan kami,” kata penulis studi senior dari Ewha Woman’s University di Seoul seperti dilansir Daily Mail.

Para ilmuwan meneliti hubungan antara kebersihan mulut dan masalah jantung dengan menganalisa lebih dari 160 ribu orang berusia 40-79 tahun dan yang melakukan pemeriksaan medis rutin sejak 2003. Dalam penelitian itu diketahui bahwa orang yang menyikat gigi tiga kali atau lebih sehari mempunyai risiko gagal jantung lebih rendah 12%. Selain itu, risiko fibrilasi atrium mereka juga berkurang 10 persen.

Sikat Gigi Tiga Kali Sehari Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Penelitian yang lain menunjukkan bahwa mulut yang tidak bersih menyebabkan bakteri dalam darah dan menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Detak jantung menjadi tidak teratur dan terjadi gagal jantung. Selain itu, kemampuan jantung untuk memompa darah pun terganggu.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry