Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalur Mudik Lebaran

Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalur Mudik Lebaran
Ilustrasi (Foto: Liputan6.com)

Kemacetan terjadi di sejumlah jalur mudik. Di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, misalnya. Kendaraan memenuhi jalur itu, hingga terjadi kemacetan parah pada Kamis (28/4) pagi. Kemacetan itu membuat polisi harus menutup sementara Jalan Tol Layang MBZ.

Kemacetan seperti itu diprediksi masih akan terjadi di jalur-jalur mudik mengingat masih banyaknya warga ibu kota yang akan mudik. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada malam sebelum Lebaran. Warga diminta untuk berhati-hati selama perjalanan mudik ini.

Kemacetan lalu lintas ini kerap memicu stress. Bagaimana tidak, orang terpaksa menghabiskan waktu berjam-jam di dalam mobil atau di atas motor. Ketika stress terjadi, orang mudah marah dan kehilangan kendali diri.

Lalu bagaimana mengatasi stress karena kemacetan ini? Tentu saja menghindari kemacetan adalah jalan keluar. Namun, pemudik harus sadar bahwa semua jalur mudik hampir dipastikan macet karena banyak orang ingin merayakan Lebaran di kampung setelah 2 tahun sebelumnya mudik dilarang. Oleh karena itu, orang harus bisa lebih tenang menghadapi situasi ini.

Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejenuhan ketika terjebak kemacetan seperti dikutip dari Psychology Today dan The News Wheel.

Tarik dan embuskan napas mendalam

Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalur Mudik Lebaran
Ilustrasi (Foto: Crello)

Ketika menghadapi kemacetan, kamu harus tenang. Yang mudik bukan cuma kamu dan keluargamu. Banyak orang lain ingin berkumpul dengan keluarga di kampung. Jadi, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Cara ini terbukti ampuh untuk menimbulkan efek relaksasi.

Tersenyumlah

Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalur Mudik Lebaran
Ilustrasi (Foto: Crello)

Sekali lagi, banyak orang ingin berkumpul dengan keluarga di kampung. Wajar jika terjadi kemacetan di jalur mudik. Ketika terjebak kemacetan, carilah atau lakukan sesuatu yang bisa membuatmu tersenyum. Misalnya, bercanda dengan penumpang lain atau menyapa pemudik lainnya. Atau kamu bisa memperhatikan tingkah para pemudik. Pasti ada yang menarik. Penelitian menunjukkan bahwa membuat gerakan tersenyum dapat mengurangi intensitas respons stres pada tubuh.

Setel lagu

Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalur Mudik Lebaran
Ilustrasi (Foto: Crello)

Ketika terjebak macet, putarlah lagu. Atau bernyanyilah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik memiliki daya tarik untuk menenangkan seseorang yang terjebak dalam kemacetan. Sangat disarankan untuk mendengarkan musik yang menenangkan atau yang easy listening. Hindari musik yang keras.

“Kami menemukan bahwa tekanan darah meningkat selama kemacetan, terutama saat seseorang mendengarkan musik agresif atau tidak ada musik sama sekali,” kata Stephen Fairclough, pemimpin studi.

Makan camilan

5 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Selama Mudik Lebaran
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Hasil studi menunjukkan bahwa makan bisa membantu meredakan stress. Jadi, ketika terjebak kemacetan, ambillah camilan dan makan.

Menelepon teman dan keluarga

Cara Mengatasi Stres saat Macet di Jalur Mudik Lebaran
Ilustrasi (Foto: Crello)

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menelepon teman atau keluarga. Ceritakan apa yang sedang kamu alami. Kehadiran orang lain, sekalipun melalui sambungan telepon, bisa membantumu mengalihkan pikiran dari rasa kesal akibat macet. Namun, kamu harus tetap berkonsentrasi mengemudi.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry