Mau Kembangkan Bisnis UMKM? Buat Website untuk Pemasaran Online, Yuk!

Cara membuat website untuk bisnis umkm

UMKM menjadi pondasi penting bagi perekonomian Indonesia. Lewat pengembangan bisnis UMKM, ekonomi Indonesia makin kuat. Ada berbagai strategi yang bisa Anda terapkan dalam mengembangkan UMKM. Salah satunya adalah dengan cara membuat website untuk bisnis UMKM. 

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Manfaat Website untuk Bisnis UMKM

Keberadaan website menjadi sarana penting dalam membantu Anda meningkatkan bisnis UMKM jadi lebih besar. Ada 7 manfaat utama yang bisa Anda peroleh dari keberadaan website dalam membantu pengembangan bisnis UMKM, yakni: 

Showroom Virtual untuk Produk Anda

Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh dari website adalah menggunakannya sebagai showroom virtual bisnis. Anda dapat memanfaatkan halaman website untuk menampilkan daftar produk yang dimiliki beserta deskripsinya secara lengkap. 

Biar efektif, gunakan foto produk yang bagus dan memiliki resolusi tinggi. Dengan begitu, pelanggan bisa tertarik saat melihatnya. Menariknya lagi, showroom virtual tersebut bisa diakses selama 24 jam setiap hari. 

Memudahkan Pelanggan Menemukan Bisnis Anda

Lewat cara membuat website untuk bisnis UMKM, konsumen bisa lebih mudah dalam menemukan bisnis Anda. Tanpa adanya website, pelanggan akan mengalami kesulitan dalam mengetahui bisnis maupun produk yang Anda miliki. 

Keberadaan website membuat bisnis maupun produk Anda bisa ditemukan lewat search engine seperti Google. Kemudahan ini selanjutnya bisa menjadi gerbang masuknya para pelanggan potensial untuk bisnis Anda. 

Baca juga: Tips Pemasaran SEO untuk UMKM, Bisa Kuasai Search Engine Google!

Menjangkau Pelanggan Secara Luas

Selanjutnya, Anda bisa memperoleh manfaat website yang bisa membantu Anda menjangkau konsumen dengan skala luas. Website membuka kesempatan untuk bisa melakukan transaksi dengan siapa saja tanpa ada batas jarak maupun wilayah. 

Anda bisa bertransaksi dengan pelanggan yang terpisah ratusan kilometer. Bahkan, ada pula kesempatan untuk menjalin hubungan bisnis dengan pelanggan yang berasal dari luar negeri sekalipun. 

Baca juga: Biar Tak Boncos, Ini Tips Menggunakan Google Ads untuk Pemasaran UMKM

Membuat Bisnis Anda Punya Kompetensi Lebih Tinggi

Tak kalah penting, website membuat Anda memiliki tingkat kompetensi lebih dibandingkan dengan UMKM lain. Bahkan, Anda mempunyai peluang untuk bisa bersaing dengan perusahaan yang lebih besar sekalipun. 

Hal ini mempunyai kaitan erat dengan strategi branding yang bisa Anda lakukan lewat website. Lewat strategi branding yang tepat, bisnis Anda tak hanya bisa dikenal luas oleh konsumen, tetapi juga memiliki pelanggan yang loyal. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Sarana Pemasaran yang Efektif, Efisien, dan Hemat

Anda bisa pula memperoleh manfaat website untuk bisnis UMKM berupa sarana pemasaran yang efektif dan efisien. Anda berkesempatan untuk bisa menjangkau konsumen secara langsung. Proses transaksi juga berlangsung cepat dengan memanfaatkan sarana pembayaran online

Selain itu, strategi pemasaran online menggunakan website memerlukan biaya yang minimal. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan spanduk maupun banner untuk pemasaran. Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat dan bahkan memperoleh hasil yang lebih efektif.

Meningkatkan Penjualan Bisnis

Dengan membuat website untuk bisnis UMKM, Anda bisa memperoleh angka penjualan yang naik secara signifikan. Peningkatan tersebut bisa Anda dapatkan seiring dengan meningkatnya jumlah traffic website. Apalagi, kalau Anda mampu mendatangkan traffic yang berkualitas. 

Sebagai referensi, angka transaksi melalui berbagai platform ecommerce di Indonesia, termasuk website toko online, menunjukkan tren yang positif. Data Bank Indonesia mengungkapkan, nilai transaksi tersebut mengalami peningkatan dari Rp 106 triliun pada 2018 menjadi 476,3 triliun pada 2022.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Website dapat pula membantu Anda dalam meningkatkan citra serta kredibilitas bisnis di mata pelanggan. Apalagi, kalau website Anda memiliki informasi yang jelas berkaitan dengan usaha. Dengan begitu, konsumen akan beranggapan kalau bisnis Anda terlihat profesional dan layak dipercaya.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Website untuk Bisnis UMKM

Untuk bisa memperoleh manfaat website untuk bisnis UMKM secara optimal, ada beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian serius, yaitu: 

Tingkat Keamanan

Aspek pertama yang perlu menjadi perhatian dari sebuah website adalah tingkat keamanannya. Website dengan tingkat keamanan tinggi bisa terhindar dari berbagai jenis kejahatan siber. Ada berbagai upaya yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan keamanan website, termasuk di antaranya adalah: 

  • Penggunaan password yang kuat. Usahakan untuk memakai password yang sulit ditebak. Caranya, bisa Anda lakukan dengan memakai kombinasi huruf, angka, dan karakter. 
  • Gunakan SSL. SSL berguna sebagai sarana enkripsi data serta informasi sehingga terlindungi dari pihak ketiga. 
  • Backup rutin. Biasakan untuk melakukan backup data website secara rutin, baik mingguan maupun bulanan. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda dalam melakukan restorasi website ketika terjadi hal-hal tak diinginkan. 

Loading Speed

Faktor selanjutnya yang harus menjadi perhatian dalam cara membuat website untuk UMKM adalah tingkat kecepatan. Anda bisa melakukan pengecekan loading speed website lewat PageSpeed Insight maupun GTmetrix.

Di situ, Anda tidak cuma bisa mengetahui tingkat kecepatan loading website. Di waktu yang sama, ada pula informasi berkaitan dengan upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya. 

Desain atau Layout Website

Selanjutnya adalah desain atau layout website. Tak hanya memiliki desain yang mobile friendly, pastikan pula website Anda punya desain yang ramah UI/UX. Dengan begitu, pengunjung website bisa menjelajahi berbagai halaman di dalam website secara nyaman. 

Konten

Ada pula hal yang berkaitan dengan konten. Keberadaan konten berguna untuk mendatangkan traffic atau pengunjung ke website Anda. Biar bisa memperoleh traffic yang potensial, maka Anda perlu pula menyiapkan konten yang berkualitas. Selain itu, pastikan bahwa konten tersebut selaras dengan produk yang Anda tawarkan. 

SEO Friendly

Tips selanjutnya dalam cara membuat website untuk bisnis UMKM adalah SEO friendly. Website yang SEO friendly mempunyai peluang lebih besar untuk bisa memperoleh peringkat tinggi di halaman pencarian search engine. 

Ada banyak faktor yang berkaitan dengan website SEO friendly, termasuk di antaranya adalah: 

  • Struktur website
  • Pemanfaatan Google Search Console
  • Sitemap website
  • Backlink
  • Penggunaan kata kunci
  • Konten yang teroptimasi secara SEO

Cara Membuat Website untuk Bisnis UMKM

Setelah memahami manfaat serta hal penting yang perlu menjadi perhatian terkait website, Anda bisa mulai membuatnya dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

Tetapkan Konsep Website

Tahap pertama dalam proses pembuatan website adalah penentuan konsep. Ada banyak jenis konsep website yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memanfaatkan website sebagai company profile atau ada pula opsi untuk menggunakannya sebagai platform ecommerce.

Baca juga: Bingung Pilih Platform e-Commerce untuk Jualan? Simak Tips Berikut, Yuk!

Kedua konsep ini memiliki perbedaan yang krusial. Website company profile berguna hanya sebagai sumber informasi berkaitan dengan usaha Anda. Sementara itu, website ecommerce memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi secara langsung lewat website. 

Pilih Platform Website

Untuk kemudahan dalam membuat website, keberadaan platform content management system (CMS) sangatlah membantu. Keberadaan CMS memungkinkan Anda untuk bisa membangun website sendiri meski tidak memiliki pengetahuan apapun terkait bahasa pemrograman. 

Pilihan platform yang bisa Anda manfaatkan sangat beragam, termasuk di antaranya adalah: 

  • WordPress. Platform ini menjadi pilihan CMS terpopuler dunia dan berbasis open source. Jadi, Anda bisa menggunakannya secara gratis. Dukungan berbagai theme dan plugin, membuat Anda mempunyai keleluasaan dalam membuat website berbasis WordPress. 
  • Joomla!. Ada pula CMS Joomla! yang menawarkan keleluasaan dalam proses desainnya. Hanya saja, platform ini mempunyai tingkat kesulitan berkaitan dengan pengelolaannya. 
  • Drupal. Ada pula CMS open source Drupal yang popularitasnya memang lebih rendah dibandingkan WordPress. Meski begitu, Drupal menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik dan sistem taksonomi yang lebih detail.

Daftar Domain dan Hosting

Tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran domain dan hosting. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Domain berguna sebagai alamat dari website. Sementara itu, hosting merupakan sarana penyimpanan data untuk website Anda. 

Terkait domain, Anda punya banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari .id, .com, .net, .co, dan lain sebagainya. Dalam pemilihan domain, Anda juga perlu memperhatikan ketersediaan nama domain serta biaya per tahunnya. Selain itu, pastikan untuk melakukan pendaftaran pada registrar yang terpercaya. 

Untuk pertimbangan layanan hosting, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan, di antaranya: 

  • Lokasi server. Usahakan untuk memilih hosting dengan server yang sesuai dengan target audiens. Misalnya, kalau Anda menargetkan pengunjung dari dalam negeri, maka pilih server di Indonesia. 
  • Performa server. Cermati pula performa server. Pastikan server memiliki performa yang mumpuni sehingga tidak akan mengalami banyak gangguan saat website sudah beroperasi.
  • Detail fitur dan fasilitas. Selanjutnya, perhatikan pula fasilitas serta fitur yang Anda peroleh dari layanan atau paket hosting yang dipilih. Jangan terpaku pada fitur berupa kapasitas penyimpanan. Namun, cermati pula aspek lainnya, seperti bandwidth, manajemen domain, maupun kesesuaian antara harga dengan fitur yang diberikan.
  • Dukungan support. Kualitas dukungan support menjadi aspek penting. Pastikan untuk memilih layanan hosting yang menyediakan layanan support berkualitas dan benar-benar membantu. 
  • Ulasan pelanggan terdahulu. Terakhir, perhatikan pengalaman para pelanggan terdahulu. Caranya gampang. Anda bisa menemukan ulasan dari mereka dengan memanfaatkan forum komunitas. 

Instalasi CMS

Anda sudah melakukan pendaftaran domain dan hosting. Lalu, berikutnya adalah melakukan instalasi CMS. Proses instalasi dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa perlu keahlian teknis yang mendetail. Apalagi, pihak hosting biasanya menyediakan beberapa opsi CMS yang bisa secara langsung Anda instal. 

Susun Rencana Pengembangan Website

Terakhir, Anda perlu menyusun rencana dalam pengembangan website. Rencana tersebut mempunyai kaitan erat dengan halaman maupun jenis konten yang dibuat. Jangan lupa untuk menyusun struktur website secara jelas, mulai dari penetapan kategori, tags, maupun sistem navigasi website. 

Tujuan adanya rencana pengembangan tersebut adalah untuk memastikan kalau desain website tertata dengan baik. Dengan begitu, pengunjung website bisa menjelajahi website dengan nyaman. 

Nah, itulah tips cara membuat website untuk bisnis UMKM. Tidak begitu sulit, kan? Anda bisa memilih untuk membangunnya sendiri atau mempercayakannya kepada pihak yang dipercaya dan memang mempunyai usaha dalam jasa pembuatan website profesional

Sebagai pelengkap, pastikan Anda memiliki tool pendukung yang tepat biar website bisa benar-benar memberi dampak positif pada bisnis UMKM. Salah satu tool pendukung tersebut bisa Anda peroleh dari YUKK Payment Gateway. 

Baca juga: 9 Alasan Pilih Yukk untuk Bisnis, Bayar Mudah Pelanggan Betah

YUKK Payment Gateway menyediakan solusi cara pembayaran digital yang mudah dan praktis. Cukup dengan satu layanan saja, Anda sudah bisa menghadirkan beberapa metode pembayaran kepada pelanggan. 

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry