Bolehkah Membersihkan Tangan Anak dengan Hand Sanitizer?

Bolehkah Membersihkan Tangan Anak dengan Hand Sanitizer?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Selama pandemi ini, selain masker, yang selalu dibawa orang ketika bepergian adalah cairan pembersih tangan (hand sanitizer). Cairan ini dikemas dalam botol plastik berukuran kecil dan mudah dibawa ke mana pun. Biasanya dipakai segera setelah orang menyentuh permukaan benda yang disentuh orang lain atau setelah memberi dan menerima uang atau barang.

Dalam keadaan darurat, khususnya ketika tidak ada tempat atau akses untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, hand sanitizer adalah pembersih yang ampuh. Khususnya yang berkadar alkohol 60—70%. Kadar alkohol seperti ini cukup efektif membunuh kuman dan virus.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah boleh membersihkan tangan anak-anak dan bayi dengan hand sanitizer berkadar alkohol yang tinggi seperti itu? Apakah aman? Apakah tidak berbahaya?

Bolehkah Membersihkan Tangan Anak dengan Hand Sanitizer?
Hand sanitizer (Foto: Freepik)

Pertanyaan ini adalah wujud kekhawatiran orang tua. Dan ini beralasan. Dikutip dari Times of India, dalam beberapa tahun terakhir ini, di seluruh dunia, anak-anak dilaporkan mengalami iritasi mata, muntah, sakit perut, dan batuk setelah menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol. Pada umumnya, semua kasus itu terjadi pada anak-anak berusia di bawah 5 tahun (balita).

Apakah itu berarti bahwa orang tidak boleh membersihkan tangan anak dengan hand sanitizer? Yang paling pertama adalah mencuci tangan anak dengan air dan sabun. Baru ketika tidak ada air dan sabun atau tidak ada akses untuk mencuci tangan, orang tua boleh membersihakan tangan anak dengan cairan pembersih tangan.

Ketika membersihkan tangan anak dengan hand sanitizer, orang tua harus melakukannya dengan hati-hati. Pasalnya, ada kandungan yang berbahaya di dalam cairan pembersih tangan itu. Kandungan itu adalah methanol. Itulah mengapa American Academy of Pediatrics menyarankan orang tua untuk menjauhkan hand sanitizer dari jangkauan anak-anak.

Bolehkah Membersihkan Tangan Anak dengan Hand Sanitizer?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Apa yang terjadi jika sampai methanol tertelan oleh anak-anak? Akibatnya, seperti dikutip dari Healthy Children, bisa sangat buruk. Anak-anak bisa mengalami mual, muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kebutaan, kejang, koma, kerusakan permanen pada sistem saraf, dan kematian.

Berikut ini beberapa cara aman membersihkan tangan anak dengan cairan pembersih tangan:

  • Gunakan hanya setetes dan gosok tangan anak hingga benar-benar kering,
  • Jauhkan botol pembersih tangan jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan,
  • Jika anak tidak sengaja menelannya, segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan medis,
  • Beri tahu anak untuk tidak menggigit jari atau memasukkan  tangan ke dalam mulut setelah menggunakan pembersih tangan,
  • Jangan menggunakannya pada bayi.
Bolehkah Membersihkan Tangan Anak dengan Hand Sanitizer?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Harus selalu diingat bahwa cairan pembersih tangan ini bukanlah satu-satunya alat untuk membersihkan tangan dari virus, bakteri, dan kuman. Mencuci tangan dengan sabun dan air tetaplah yang utama. Jadi, biasakan diri mencuci tangan.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry