Berbagai Manfaat Sarapan yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat sarapan yang harus kamu ketahui
Menu sarapan sehat (foto: mandarinoriental.com)

Tubuh tidak ubahnya sebuah mesin. Tersusun atas berbagai onderdil rumit yang punya tugas masing-masing. Bergerak berdasarkan sistem perintah dan dorongan. Masing-masing onderdil pun bergerak berdasarkan mekanismenya.

Sekali lagi, tubuh tidak ubahnya sebuah mesin. Hanya bisa bergerak jika ada bahan bakar. Hanya bisa beroperasi sesuai dengan mekanisme jika ada pelumas.

Manfaat sarapan yang harus kamu ketahui
(Foto: parenting.co.id)

Para ahli kesehatan sepakat bahwa sarapan adalah saat untuk mengisi bahan bakar dan pelumas itu. Setelah “berpuasa selama semalaman”, tubuh membutuhkan asupan baru sebagai sumber energi untuk aktivitas selanjutnya. Tidak hanya energi baru, apa yang dikonsumsi pada pagi hari itu pun mempunyai banyak manfaat. Berikut ini, seperti dilansir dari alodokter.com dan Boldsky, beberapa manfaat sarapan yang harus kamu ketahui:

Menyehatkan jantung

berbagai manfaat sarapan
Ilustrasi (Foto: radio.gov.pk)

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan erat berhubungan dengan kesehatan jantung. Dari penelitian itu diketahui bahwa kadar kolesterol jahat (LDL: low-density lipoprotein) pada perempuan yang melewatkan sarapan selama 2 minggu meningkat jika dibandingkan dengan perempuan yang makan sereal kaya serat dan minum susu. Mengapa? Karena serat akan mengikat kolesterol. Dan kolesterol itu lebih cepat dibuang ke luar tubuh sebelum mencapai arteri. Asupan serat yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen dan membantu membuang kelebihan estrogen. Harus diketahui bahwa kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Meningkatkan kemampuan otak

Berbagai manfaat sarapan yang harus kamu ketahui
Ilustrasi (Foto: flingo.co.in)

Para ilmuwan melakukan penelitian terhadap sekelompok siswa untuk mengetahui pengaruh sarapan pada kemampuan intelektual masing-masing mereka. Dari penelitian itu diketahui bahwa siswa yang selalu makan pagi punya kemampuan ingat yang jauh lebih tinggi. Mengapa? Harus diketahui bahwa ketika bangun pagi, kebanyakan energi—dalam bentuk glukosa dan glikogen—telah habis digunakan untuk beraktivitas pada hari sebelumnya. Glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang digunakan oleh otak. Tanpa glukosa, orang akan merasa mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa dan glikogen, orang akan lebih berenergi dan cepat berkonsentrasi.

Energi tetap stabil

berbagai manfaat sarapan yang harus kamu ketahui
(Foto: happyandhealthymom.com)

Kamu ingin proses metabolisme tubuhmu berjalan dengan lancar? Jangan melewatkan sarapan! Sarapan adalah pemicu proses metabolisme. Proses pembakaran kalori (perlahan-lahan untuk menghemat energi) akan menjadi lebih efisien selama sepanjang hari. Kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana karena dapat membuat gula darah melonjak dan turun dengan cepat, sehingga kamu merasa lapar pada jam 11 siang dan muncul keinginan untuk mengemil. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti dari biji-bijian utuh yang tinggi serat dan rendah gula. Makanan seperti itu dicerna perlahan oleh tubuh, sehingga energi tetap stabil. Kamu akan tetap merasa kenyang dan tidak punya keinginan untuk mengemil.

Nutrisi harian terpenuhi

berbagai manfaat sarapan yang harus kamu ketahui
(Foto: indramuhtadi.com)

Mengonsumsi makanan dan minuman pada pagi hari akan memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi harian. Menu sarapan yang dianjurkan adalah biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus, keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak bermanfaat bagi kesehatan dan membuat kamu kenyang selama berjam-jam.

Menurunkan obesitas

Berbagai manfaat sarapan yang harus kamu ketahui
Ilustrasi (Foto: google)

Sarapan bisa menekan risiko obesitas. Itulah hasil penelitian atas beberapa orang yang rutin makan pagi. Mereka yang tidak melewatkan sarapan biasanya tidak suka mengemil pada sela-sela waktu makan. Kebiasaan ini membuat mereka terhindar dari obesitas. Harus diketahui bahwa obesitas memicu banyak masalah kesehatan lain seperti diabetes, gangguan jantung, dan kesuburan.

Sakit kepala dan pusing

berbagai manfaat sarapan yang harus kamu ketahui
Ilustrasi (Foto: google)

Orang yang tidak makan pada pagi hari lebih mudah merasa lelah. Mereka juga mengalami pusing dan sakit kepala. Mengapa? Karena tubuh kekurangan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk makan setengah jam setelah bangun tidur.

#YUKKpakeYUKK

Baca juga :

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry