Berapa Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia?

Berapa Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kolesterol sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses metabolisme. Salah satu perannya adalah melindungi sel. Jika sel kuat, jaringan dan organ tubuh akan berfungsi dengan normal.

Kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D. Vitamin inilah yang menjaga kesehatan tulang dan gigi serta membantu sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf agar berjalan dengan normal. Pada saat yang sama, kolesterol juga memperlancar sambungan antarsaraf (sinaps) yang mengatur berbagai fungsi otak, terutama fungsi mengingat.

Berapa Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia?
Ilustrasi kolesterol (Foto: Freepik)

Dalam kadar yang normal, kolesterol akan membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, dia akan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Misalnya, penyempitan pembuluh darah yang bermuara pada serangan jantung, stroke, peripheral arterial disease, batu empedu, dan lainnya.

Kalau begitu, berapa kadar kolesterol normal yang dibutuhkan? Berapa kadarnya untuk masing-masing orang berdasarkan usia? YUKK mengutip laporan dari Healthline tentang kada kolesterol normal berdasarkan usia.

Berapa Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia?
Ilustrasi kolesterol yang berlebihan menyebabkan penyakit (Foto: Freepik)

Untuk orang dewasa yang berusia lebih dari 21 tahun, total kadar kolesterol yang baik seharusnya kurang dari 200 mg/dL. Lebih rendah kadarnya, lebih baik. Dengan kadar kolesterol baik (HDL) ideal sebanyak 60 mg/dL atau lebih, kadar kolesterol jahat (LDL) harus kurang dari 100 mg/dL (lebih rendah lebih baik), dan kadar trigliserida harus kurang dari 14 mg/dL atau idealnya kurang dari 100 mg/dL.

Untuk anak muda yang berusia kurang dari 21 tahun, total kadar kolesterol yang baik setidaknya 170 mg/dL. Lebih rendah dari itu lebih rendah. Kadar HDL harus lebih dari 45 mg/dL, kadar LDL harus kurang dari 110 mg/dL, dan kadar trigliserida harus kurang dari 75 mg/dL pada anak usia 0-9 tahun serta harus kurang dari 90 mg/dL untuk anak muda usia 9-19 tahun.

Berapa Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Melakukan pemeriksaan atau pengecekan kadar kolesterol sedini mungkin adalah cara terbaik untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Pada umumnya, pengecekan kadar kolesterol secara rutin dimulai pada awal usia 20 tahun. Setelah pengecekan pertama, jika hasilnya normal, maka bisa dicek ulang secara rutin sekitar 4—6 tahun sekali.

Menjaga kadar kolesterol pada angka yang normal harus dilakukan sedini mungkin. Caranya adalah membangun pola hidup sehat: berolahraga secara rutin, makan makanan bergizi seimbang dan kaya serat dan menghindari rokok, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung lemak jahat.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry