Begini Cara Menjaga Imunitas Selama Pandemi Covid-19

Begini Cara Menjaga Imunitas Selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi (Sumber: New Indian Express)

Imunitas adalah kunci. Sistem ini merupakan sekelompok sel, protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan semua hal yang berbahaya untuk tubuh. Bisa berupa virus, bakteri, jamur, atau parasit.

Sebenarnya semua orang punya sistem kekebalan tubuh ini. Namun, kadarnya berbeda. Ada yang punya sistem kekebalan tubuh yang baik. Sementara ada juga orang dengan imun yang lemah.

Selama pandemi ini, imunitas adalah faktor utama untuk bertahan hidup. Orang dengan daya tahan tubuh yang baik akan sanggup menghadapi infeksi virus Corona. Sebaliknya yang punya daya tahan tubuh yang lemah berisiko mengalami infeksi yang parah.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

Makan buah dan sayuran

Begini Cara Menjaga Imunitas Selama Pandemi Covid-19
(Foto: Shutterstock)

Jika kamu ingin daya tahan tubuhmu kuat, makanlah buah-buahan dan sayuran segar, terutama yang mengandung vitamin A dan C. Vitamin C mengandung antioksidan, yaitu molekul yang bisa melawan radikal bebas yang merusakkan sel-sel dalam tubuh. Dan vitamin A berfungsi untuk merangsang produksi sel darah putih atau leukosit. The American Cancer Society menyebut sel darah putih adalah sel utama yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh terhadap infeksi.

Makan makanan bergizi seimbang

5 Cara Jitu Memangkas Berat Badan dalam Seminggu
(Foto: Freepik)

Selain buah dan sayuran segar yang padat nutrisi, makanlah juga makanan yang mengandung gizi seimbang seperti biji-bijian, berbagai protein, dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.

Tetap beraktivitas

5 Cara Jitu Memangkas Berat Badan dalam Seminggu
(Foto: Freepik)

Memang ada pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Namun, itu tidak berarti bahwa kamu tidak perlu melakukan aktivitas fisik. Berkebun di rumah bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi stress, dan lainnya. Demikian juga berolahraga.

Relaksasi

3 Kunci untuk Mengatasi Stres karena Pandemi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jangan stress! Stres akan membahayakan kesehatan mental dan fisikmu. Kamu justru harus rileks. Kamu bisa melakukan latihan yoga, berjalan-jalan santai di halaman, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain-lain. Lakukan aktivitas yang ringan dan menyenangkan selama kamu berada di rumah.

Tidur yang cukup

Ingin Cepat Negatif Saat Isoman? Lakukan Hal Ini!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tidurlah sekurang 7—8 jam sehari. Selama tidur, tubuh meregenerasi jaringan dan otot. Tidur juga memungkinkan otot-otot menjadi lebih rileks. Penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan bahwa kurang tidur kronis dapat meningkatkan risiko depresi, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry