Begini Cara Mencuci Pakaian di Tengah Wabah Corona

Begini Cara Mencuci Pakaian di Tengah Wabah Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Virus Corona diketahui dapat bertahan lama di beberapa permukaan benda.Salah satunya adalah permukaan kain. Centerfor Disease Control and Prevention (CDC) menyebut bahwa virus itu dapat bertahan selama berjam-jam pada permukaan yang terbuat dari kain, termasuk pakaian.

Carol Winner, ahli kesehatan masyarakat, mengatakan bahwa partikel dalam pakaian dapat menahan tetesan pernapasan. Partikel ini dapat mengering seiring waktu dan menonaktifkan virus. Namun, proses itu tidak terjadi dengan cepat.

“Kami tahu bahwa tetesan [pernapasan] dapat mengering dalam beberapa kondisi,” katanya seperti dilansir Huffington Post.

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Robert Amler, ahli kesehatan dari New York Medical College, mengatakan bahwa durasi aktif virus tergantung pada jenis kain. Beberapa jenis kain diketahui lebih rapuh daripada yang lain. Bahan spandex seperti polyester dapat menahan kuman lebih lama daripada kain berbahan dasar kapas seperti katun.

BagaimanaMencuci Pakaian?
Winner mengatakan bahwa ada pedoman khusus yang sebaiknya diikuti untuk membantu membunuh virus. Salah satunya adalah menggunakan air panas untuk mencuci dan memberi waktu ekstra pada pakaian untuk terpapar suhu panas setidaknya di atas 80 derajat Fahrenheit atau sekitar 26 derajat Celcius.

Begini Cara Mencuci Pakaian di Tengah Wabah Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Air panas membantu membunuh virus. Panas ekstra saat proses pengeringan membuat droplet mengering, yang kemungkinan akan menonaktifkan virus,”katanya.

Rodney E Rohde, Ketua Program Ilmu Laboratorium Klinik di Texas State University, menegaskan kembali pentingnya mencuci pakaian dengan air hangat atau panas. Dan orang disarankan untuk menggunakan detergen yang mengandung pemutih.

“Saya sarankan Anda mencuci pakaian dengan detergen yang mengandung senyawa pemutih,” katanya.

Begini Cara Mencuci Pakaian di Tengah Wabah Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Winner menyarankan orang untuk mencuci pakaian secara teratur.Pakaian yang dipakai ketika berada di antara kerumunan besar orang pun harus segera diganti. Dan pakaian itu harus ditempatkan pada wadah terpisah ketika hendak dicuci.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry