Apa Sih Rekening Koran Itu? Pahami Jenis dan Fungsinya, Yuk!

Penjelasan mengenai apa itu rekening koran

Istilah rekening koran mungkin sudah cukup familiar di telinga Anda. Namun, apakah Anda benar-benar memahami apa itu rekening koran? Dalam pengertiannya, rekening koran adalah dokumen yang menyimpan keseluruhan transaksi, baik debit maupun kredit, pada sebuah rekening. 

Anda dapat menggunakan rekening koran untuk mengetahui secara detail setiap transaksi yang berlangsung pada jangka waktu tertentu. Fasilitas ini tersedia tidak hanya pada rekening milik badan usaha, tetapi juga rekening pribadi. 

Baca juga: Awas, Rekening Bank Terblokir! Cari Tahu Penyebabnya Disini!

Jenis – Jenis Rekening Koran

Setelah memahami apa itu rekening koran, Anda dapat menemukan beberapa jenis rekening koran. Jenis-jenis tersebut di antaranya adalah: 

Rekening Koran Biasa

Jenis yang pertama adalah rekening koran biasa. Pemakaiannya bisa Anda temukan pada rekening pribadi, berguna untuk menabung serta melakukan pengelolaan dana. Anda pun bisa melakukan pelacakan setiap transaksi, baik yang masuk ataupun keluar pada jangka waktu tertentu. 

Rekening Koran Bisnis

Selanjutnya, Anda bisa pula mengenal apa itu rekening koran bisnis. Manfaatnya sama, yaitu melakukan pelacakan setiap pemasukan serta pengeluaran. Sebagai tambahan, terdapat akses kepada staf atau rekanan bisnis untuk melakukan pengelolaan rekening tersebut.

Rekening Koran Valas

Berikutnya adalah rekening koran valas. Berbeda dengan rekening koran biasa, rekening koran ini melakukan pencatatan transaksi keluar dan masuk yang menggunakan mata uang asing. 

Rekening Koran Syariah

Anda dapat pula menemukan rekening koran syariah. Sesuai dengan namanya, rekening koran ini bisa Anda jumpai pada bank yang menerapkan prinsip syariah. Alih-alih menggunakan bunga, bank mengedepankan sistem bagi hasil. 

Baca juga: Pemula Jangan Bingung! Ayo Pahami Apa Itu Fintech Syariah

Rekening Koran Terkunci

Terakhir, ada rekening koran terkunci. Pada jenis rekening koran ini, pihak bank memberikan akses penarikan dana yang sangat terbatas kepada nasabah. Penarikan hanya bisa Anda lakukan setelah melalui jangka waktu tertentu. Sebagai gantinya, bank memberikan tingkat bunga yang lebih tinggi kepada Anda.

Fungsi Rekening Koran

Lalu, kenapa masih cukup banyak orang yang melakukan pengajuan pencetakan rekening koran ke bank? Hal ini berkaitan dengan fungsi dari keberadaan rekening koran tersebut. Anda akan memerlukan pencetakan rekening koran untuk beberapa keperluan, termasuk di antaranya: 

Untuk Mengajukan Pinjaman

Fungsi pertama yang bisa Anda dapatkan setelah mengetahui apa itu rekening koran adalah sebagai syarat dalam pengajuan pinjaman. Ketika Anda mengajukan pinjaman dana ke bank, mereka akan meminta salinan rekening koran. 

Bagi bank, catatan keuangan pada rekening koran sangat penting. Mereka bisa menggunakan catatan tersebut untuk menilai kondisi keuangan pihak pemohon. Selanjutnya, bank akan menjadikan data tersebut sebagai landasan untuk menerima atau menolak permohonan pinjaman. 

Baca juga: Tips Ampuh Biar Dapat Pinjaman Online yang Cepat dan Mudah

Rekonsiliasi Rekening

Anda juga bisa menemukan fungsi rekening koran ketika melaksanakan rekonsiliasi rekening. Proses rekonsiliasi sangat penting untuk memastikan tidak kesalahan antara catatan keuangan Anda dengan laporan dari pihak bank. 

Identifikasi Biaya Tidak Sah

Rekening koran memberikan informasi transaksi secara menyeluruh pada jangka waktu tertentu. Dengan melihat keseluruhan transaksi tersebut, Anda dapat melakukan identifikasi terkait ada tidaknya biaya tidak sah yang seharusnya tak perlu dibayarkan. 

Proses identifikasi biaya tidak sah ini sangat penting. Apalagi, tak menutup kemungkinan pegawai bank melakukan kesalahan atau bisa pula terjadi ketika Anda menjadi korban penipuan. 

Menyusun Laporan Keuangan

Selanjutnya, Anda dapat menemukan fungsi rekening koran yang cukup membantu dalam proses penyusunan laporan keuangan. Dengan data dari rekening koran, Anda bisa menyusun laporan keuangan yang akurat dan komprehensif. 

Syarat untuk Pembuatan Visa 

Fungsi yang terakhir adalah ketika Anda mengajukan visa. Dalam setiap proses pengajuan visa, Anda diwajibkan untuk melampirkan rekening koran. Dokumen tersebut berguna untuk membuktikan bahwa kamu punya kemampuan finansial yang mencukupi untuk pemenuhan berbagai kebutuhan selama di luar negeri. 

Cara Membuat Rekening Koran

Setelah memahami apa itu rekening koran dan fungsinya, Anda bisa mendapatkan gambaran jelas terkait kegunaannya, kan? Lalu, bagaimana cara mencetak rekening koran? Ada 2 metode yang bisa Anda lakukan, yakni: 

Cetak Rekening Koran Offline

Pada metode ini, Anda bisa datang secara langsung ke customer service bank. Selanjutnya, pihak bank akan meminta beberapa persyaratan yang perlu Anda bawa, yaitu: 

  • Buku tabungan asli
  • Kartu identitas (KTP/SIM/paspor)
  • Kartu debit

Kalau semua persyaratan itu sudah lengkap, bank akan memproses pencetakan rekening koran. Hanya saja, Anda perlu menanggung biaya administrasi untuk pencetakan rekening koran. Nominal biaya tersebut berbeda-beda untuk setiap bank. 

Cetak Rekening Koran Online

Selanjutnya, ada alternatif mencetak rekening koran secara online. Anda bisa melakukannya lewat fasilitas internet banking maupun mobile banking yang disediakan oleh pihak bank. Dengan cara ini, Anda bisa menyimpan berkas rekening koran secara digital dan mencetaknya sesuai keinginan. 

Contoh, ketika Anda ingin mencetak rekening koran BCA via KlikBCA. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  • Buka halaman klikBCA dan masuk ke akun yang Anda miliki
  • Buka opsi e-statement
  • Pilih tabungan dan giro
  • Pilih rekening yang dilihat
  • Pilih periode yang diinginkan
  • Klik tombol Download

Tak sulit, kan? Anda bisa pula melakukan metode yang serupa pada layanan perbankan lain. 

Baca juga: Gak Cuma Tabungan, Ini Produk Bank yang Harus Kamu Tahu

Sebagai informasi tambahan, ada layanan menarik yang cocok bagi para pelaku UMKM di era modern seperti sekarang. Layanan tersebut adalah YUKK Payment Gateway yang merupakan solusi pembayaran modern dan praktis

YUKK membantu Anda dalam menerima berbagai metode pembayaran cukup dalam satu dashboard. Dengan YUKK, Anda bisa menawarkan cara pembayaran yang praktis dan nyaman kepada pelanggan. 

Yuk, segera beralih dan menggunakan YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Bukan Payment Gateway Biasa, Intip 9 Fitur Aplikasi YUKK Ini

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry