Cari Pinjol untuk Usaha? Pahami Dulu Jenis dan Manfaatnya, Yukk

Layanan pinjaman online

Pemahaman yang benar tentang apa itu pinjol atau pinjaman online sangat penting di era serba digital seperti sekarang. Dengan pengetahuan yang benar, kamu dapat menghindarkan diri dari jeratan pinjol ilegal. Lewat pemanfaatan yang tepat, keberadaan pinjol bisa memberikan banyak keuntungan, lho!

Dalam pengertiannya, pinjol tidak lain adalah produk pinjaman yang bisa kamu dapatkan secara online, baik melalui aplikasi atau website. Keberadaannya pun sangat populer di kalangan masyarakat awam karena tingkat kemudahan cara pengajuan. Apalagi, kamu bisa mendapatkannya tanpa perlu menyiapkan jaminan. 

Tak hanya mudah, penggunaan pinjol juga sangat fleksibel. Kamu bisa menggunakan layanan pinjaman online untuk berbagai keperluan. Tak hanya kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Namun, kamu bisa pula menggunakan pinjol sebagai solusi untuk mencari tambahan modal usaha

Dengan berbagai kemudahan tersebut, tak hera kalau pinjol sangat populer. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, terdapat penyaluran dana Rp19,21 triliun pada Agustus 2022 ke sebanyak 14,32 juta peminjam. Para pengguna pinjol pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. 

Jenis-Jenis Pinjaman Online 

jenis-jenis pinjol

Berkaitan dengan apa itu pinjol, kamu perlu tahu kalau ada beberapa produk pinjaman online yang mempunyai fungsi berbeda. Jenis-jenis pinjaman online tersebut adalah: 

Pinjaman Online Dana Tunai

Jenis yang pertama adalah pinjol dana tunai. Pinjaman ini merupakan yang paling banyak dicari oleh masyarakat karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Proses pengajuan cepat, tanpa jaminan, serta pencairan dana langsung masuk ke rekening pribadi.

Pinjaman Online Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Selanjutnya, ada pilihan untuk menggunakan pinjaman online tanpa kartu kredit. Pemanfaatan layanan pinjol ini berguna untuk membantu kamu dalam melakukan pembelian berbagai jenis barang secara online.

Pinjaman Online Dana Usaha

Buat kamu yang ingin mencari tambahan modal usaha, jenis pinjol yang satu ini adalah salah satu solusinya. Pinjaman online dana usaha secara khusus muncul sebagai solusi pendanaan bagi para pelaku usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) serta pengusaha yang mempunyai kesulitan dalam mengakses pinjaman modal.  

Karena kebutuhannya adalah untuk usaha, maka nominal pinjaman yang bisa kamu peroleh dari pinjaman online dana usaha cukup tinggi.

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Manfaat Pinjaman Online

Setelah memahami apa itu pinjol, kamu perlu pula mengetahui perbedaan pinjol legal dan ilegal. Pastikan untuk mengutamakan pilihan pada produk dari pinjol ilegal yang terdaftar di OJK. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh berbagai manfaat dari pinjaman yang didapatkan, termasuk di antaranya adalah: 

Kemudahan Akses Dana

Dibandingkan bank, proses pengajuan dana ke pinjol jauh lebih praktis. Kamu bisa secara langsung mengajukannya lewat website resmi atau aplikasi yang tersedia. Kamu tak perlu menyiapkan berbagai dokumen ataupun datang ke kantor. Semuanya bisa kamu lakukan cukup dari rumah.

Kesempatan Meningkatkan Kualitas Hidup

Dana pinjaman dari pinjol bisa membantu kamu dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Dengan begitu, kamu pun dapat menjalankan berbagai aktivitas dengan lebih lancar. 

Tingkat Suku Bunga yang Relatif Rendah

Dengan banyaknya penawaran pinjol, kamu punya keleluasaan dalam menentukan produk kredit online yang ingin digunakan. Termasuk di antaranya adalah ketika kamu ingin mencari produk pinjol yang menawarkan bunga rendah. 

Terakhir, kamu bisa memperoleh manfaat berupa usaha yang jadi lebih berkembang. Manfaat ini bisa kamu peroleh ketika menggunakan produk pinjaman online dana usaha dan berhasil mengelolanya dengan baik. 

Syarat Pengajuan Pinjaman Online

Persyaratan pengajuan pinjaman online

Untuk pengajuan pinjol biasa, persyaratan yang perlu kamu penuhi sangat minim, yaitu: 

  • Berusia lebih dari 21 tahun
  • Berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI)
  • Telah bekerja
  • KTP
  • Punya rekening bank

Kalau kamu ingin mengajukan pinjaman online dana usaha, biasanya akan ada persyaratan tambahan berkaitan dengan usaha, yaitu: 

  • Bukti kepemilikan usaha
  • Usaha telah berjalan setidaknya 6 bulan

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu pinjol yang perlu kamu pahami. Biar pemanfaatan pinjol untuk pengembangan usaha berjalan lancar, kamu perlu memanfaatkannya dengan tepat. Jangan hanya fokus untuk menggunakannya dalam menambah aset. Namun, kamu dapat pula menggunakan dana tersebut untuk mendorong kenyamanan para pelanggan dalam berbelanja. 

Salah satu upaya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyediakan pilihan cara pembayaran online yang praktis. Solusi ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan layanan Payment Gateway dari YUKK. YUKK merupakan solusi pembayaran online terbaik yang siap membantu para pelaku UMKM untuk berkembang menjadi lebih besar. Ayo, menjadi usaha besar bersama YUKK!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
1
sad
0
angry