Apa Itu Limit Kartu Kredit, Perhitungan, dan Cara Mengeceknya

Memahami apa itu limit kartu kredit

Kepemilikan kartu kredit memberi kenyamanan ketika berbelanja. Kamu bisa membeli berbagai barang baik online ataupun offline dengan cara kredit. Meski begitu, kamu tidak bisa seenaknya menggunakan kartu kredit. Dalam pemakaiannya, kamu akan mengenal apa itu limit kartu kredit. 

Dalam pengertiannya, limit kartu kredit merupakan batasan jumlah dana yang bisa kamu manfaatkan dari sebuah kartu kredit. Nominal batasan tersebut dapat berbeda-beda untuk setiap orang, ditentukan oleh pihak penerbit kartu kredit. Selain itu, kamu bisa pula melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan nilai limit tersebut. 

Tujuan Adanya Limit Kartu Kredit

Kamu sudah paham apa itu limit kartu kredit. Namun, kenapa pihak bank penerbit menetapkannya? Ada beberapa tujuan dari penentuan limit kartu kredit, di antaranya adalah: 

  • Menilai tingkat risiko yang bisa menjadi beban dari pihak bank penerbit. Salah satu contohnya adalah risiko kegagalan pembayaran
  • Meminimalkan terjadinya penarikan jaminan karena pemilik kartu kredit tak sanggup melunasi cicilan
  • Parameter dalam melakukan penilaian kestabilan finansial seseorang
  • Indikator dalam penentuan suku bunga. Limit kredit tinggi biasanya disertai dengan suku bunga rendah. Alasannya, karena pemilik kartu kredit dianggap mempunyai faktor risiko gagal bayar yang rendah

Faktor Penentu Limit Kartu Kredit

Saat mengetahui apa itu limit kartu kredit, kamu akan menjumpai adanya perbedaan dengan orang lain. Hal ini bisa terjadi karena pihak lembaga keuangan mempunyai beberapa penilaian dalam penentuannya. Ada beberapa faktor yang menjadi penentu limit kartu kredit, antara lain adalah: 

1. Tingkat Pendapatan

Faktor pertama adalah tingkat pendapatan. Orang yang mempunyai pendapatan tinggi, bakal memperoleh limit kredit tinggi. Aturan Bank Indonesia mengungkapkan, limit kredit tertinggi adalah sebesar 3x lipat pendapatan bulanan. 

2. Riwayat Kredit

Kalau kamu mempunyai riwayat kredit yang baik, bank akan memberikan limit kredit tinggi. Kalau ingin riwayat kredit kamu baik, caranya mudah. Biasakan membayar cicilan tepat waktu. 

3. Kepemilikan Rumah

Kalau kamu mempunyai rumah sendiri, kemungkinan besar pihak bank akan menyediakan limit kartu kredit dalam jumlah tinggi.

4. Saldo Rekening

Limit kartu kredit mempunyai kaitan yang sangat erat dengan nominal uang di rekening tabungan. Kalau kamu punya saldo banyak di rekening, maka bank akan menawarkan limit kartu kredit tinggi. Sebaliknya, kalau saldo kamu sedikit, demikian pula limit kartu kredit yang didapatkan.

5. Jumlah Utang

Kepemilikan utang memiliki pengaruh pada nominal limit kartu kredit. Kalau kamu punya utang besar, pihak bank akan memberikan limit yang minim. Namun, kalau kamu memiliki utang yang minim, maka bank bakal menyediakan limit dalam jumlah besar. 

6. Jumlah Pengajuan

Faktor terakhir adalah jumlah uang yang kamu ajukan saat melakukan pendaftaran kartu kredit. Orang dengan tingkat penghasilan tinggi, bisa meminta limit yang rendah kepada pihak bank sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Mengecek Limit Kartu Kredit

Proses pengecekan limit sebuah kartu kredit sangat mudah. Namun, cara pengecekannya dapat berbeda-beda untuk setiap jenis kartu kredit yang kamu gunakan. Namun, secara umum kamu bisa menggunakan beberapa metode sebagai berikut untuk mengetahui limit kartu kredit:

1. Call Center

Metode pertama adalah dengan menghubungi call center bank penerbit kartu kredit. Layanan ini bisa kamu akses selama 24 jam. Selanjutnya, kamu dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan petugas customer service

2. SMS Banking

Untuk melakukan pengecekan limit kartu kredit via SMS banking, kamu perlu terlebih dahulu melakukan registrasi nomor HP. Proses registrasi bisa kamu lakukan dengan mengunjungi ATM bank penerbit kartu kredit dan akan memperoleh kode akses. 

Kalau sudah memperoleh kode akses, kamu bisa menggunakannya untuk mengecek limit kartu kredit. Kamu tinggal menuliskan pesan singkat dengan format yang telah ditentukan. 

3. USSD

Ada pula layanan Unstructured Supplementary Service Data atau USSD untuk mengecek limit kartu kredit. 

4. Internet Banking

Layanan internet banking dapat pula kamu manfaatkan untuk mengecek limit kartu kredit. Di dalam dashboard internet banking, kamu bisa memilih opsi Informasi Saldo, dan limit kartu kredit akan muncul di layar. 

Bagaimana Cara Meningkatkan Limit Kartu Kredit?

Proses pengajuan peningkatan limit kartu kredit sangat mudah. Kamu bisa menghubungi pihak bank secara langsung atau melalui aplikasi. Dalam proses pengajuan peningkatan limit kartu kredit tersebut, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan, seperti: 

  • KTP
  • NPWP
  • Rekening korang (bagi pegawai)
  • Slip gaji (bagi pegawai)
  • SIUP (bagi pengusaha
  • Surat pernyataan terkait permohonan kenaikan limit kartu kredit

Biar pengajuan kenaikan limit kartu kredit kamu diterima, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, yakni: 

  • Biasakan bayar tagihan cicilan tepat waktu
  • Sering memakai kartu kredit untuk transaksi
  • Memperhatikan rasio utang
  • Tidak berpindah-pindah domisili

Kalau kamu seorang pelaku usaha, pemahaman tentang apa itu limit kartu kredit sangat penting. Kamu tak hanya perlu paham cara menggunakan kartu kredit. Namun, kamu perlu pula menyediakan layanan pembayaran bagi para pengguna kartu kredit. 

Oleh karena itu, gunakan layanan YUKK Payment Gateway. Layanan payment gateway terbaik di Indonesia ini membantu kamu dalam menyediakan beragam cara pembayaran online. Dengan metode pembayaran yang variatif, kamu bisa memberi kenyamanan bagi pelanggan dalam bertransaksi. 

Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway!

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry