Anda Wanita Karier? Ini Cara Tepat untuk Tetap Sehat

Wanita Karier
(Foto: google)

Anda seorang wanita karier? Jika ya, kesehatan adalah poin utama. Anda harus sehat agar bisa fokus membangun karier. Jika tidak, Anda tidak akan bisa meraih apa yang Anda harapkan dan cita-citakan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat.

  • Minum air putih yang banyak

    Air putih
    (Foto: Shutterstock/Shebeko)

    Anda harus tahu bahwa bangunan tubuh kita, 50—70 %, diisi dengan air. Jaringan otot pun berisi 73—75 % air. Dengan demikian, kekurangan air berarti kekurangan daya tubuh. Oleh karena itu, minum air putih sebanyak-banyaknya setiap hari, kira-kira 2 liter atau sebanyak 8—12 gelas. Air putih memperlancar proses metabolisme tubuh, mengencangkan dan mencerahkan kulit dan memperlambat proses penuaan dini. Jadi, jangan malu membawa botol atau gelas dari rumah ke kantor supaya bisa minum air.

  • Berolahraga

    Perempuan berolahraga
    Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

    Sebelum pergi ke kantor, awalilah hari Anda dengan berlari-lari kecil di halaman, melakukan push-up, sit-up atau sekadar menggerakkan otot-otot tubuh Anda. Jika jarak rumah dengan kantor dekat, jangan terlalu manja untuk naik angkutan atau ojek. Berjalanlah! Namun, jika Anda mesti naik mobil atau motor, parkir kendaraan Anda itu agak jauh dari kantor supaya Anda punya waktu dan jarak untuk bisa berjalan kaki. Ingat, kalori Anda perlu dibakar. Dan itu lewat gerakan, lewat olahraga.

  • Stop smoking

    no smoking
    Ilustrasi (Foto: skymetweather.com)

    Anda perokok? Jika Anda ingin tetap terlihat cantik dan menarik di mata orang, tak ada gejala-gajala segera tua sebelum waktunya, tiba saatnya berhenti merokok. Ada beberapa bahaya merokok (nikotin) yang perlu Anda sadari, antara lain, risiko kanker meningkat, darah bisa membeku, kulit mengerut, terjadi penuaan dini, malafungsi otot, osteoporosis, tulang yang retak akan lambat sembuh, sakit punggung, urat daging robek sehingga mengurangi asupan darah dan berbagai komplikasi lain.

  • Konsumsi sayur-sayuran

    perempuan makan sayur
    Ilustrasi (Foto: ledisia.com)

    Energi, kreativitas dan konsentrasi Anda sebetulnya tergantung juga pada makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Apakah makanan yang Anda makan itu mengandung serat tinggi? Sayuran hijau dan buah-buhan adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Sayuran golongan crucifera seperti kubis, sawi dan brokoli berguna untuk mencegah kanker. Beberapa fungsi serat, antara lain, memperlancar proses pembuangan, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah kanker kolon.

  • Cek payudara secara teratur

    periksa payudara
    Ilustrasi (Foto: google)

    Sayangilah tubuh Anda! Jika Anda teratur mengecek payudara Anda, risiko negatif akan lebih cepat diketahui dan ditangani. Anda bisa dengan cepat mengetahui kelainan pada payudara seperti infeksi payudara, kelainan bawaan, status hormon, neoplasma-tumor dan kelainan lain seperti trauma pada payudara akibat benturan. Kelainan seperti ini tak akan menghambat aktivitas Anda kalau Anda rutin mengecek payudara Anda, entah pada dokter kandungan (untuk melakukan mammogram dan USG) ataupun memeriksa sendiri di rumah.

  • Cek kadar kolesterol

    cek kolesterol
    Ilustrasi (Foto: google)

    Kolesterol memang penting untuk membuat sel-sel baru. Namun, kelebihan kolesterol bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kolesterol yang dibutuhkan adalah yang kurang dari 200 mg/dL, batas kolesterol tinggi adalah 200-239 mg/dL, dan kolesterol tinggi adalah 240 mg/dL atau lebih.

  • Istirahat yang cukup

    Istirahat yang cukup
    Ilustrasi (Foto: melinda hospital.com)

    Anda perlu beristirahat karena otot dan otak Anda perlu waktu untuk beristirahat. Jika Anda punya waktu untuk tidur siang, tidurlah. Jangan anggap remeh tidur siang karena tidur siang itu membantu memulihkan kerja otak (daya ingat) setelah bekerja sejak pagi.Atau jika tidak, Anda bisa keluar dari kantor (pada jam makan siang) dan berjalan-jalan di taman. Rilekslah! Buang kecemasan dan ketegangan sebentar supaya sel-sel otak Anda punya waktu untuk bekerja lagi. Karena siang Anda tidak tidur, percepatlah tidur malam Anda. Semakin cepat Anda beristirahat, semakin lama otak dan otot Anda beristirahat. Waktu Anda tidur, otak Anda mengikir, menyusun dan menyimpan semua informasi yang Anda peroleh hari itu.

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry