Agar Puasamu Lancar, Konsumsi Makanan Ini Saat sahur

Makanan yang harus dikonsumsi saat sahur
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Berpuasa selama seharian tentu tidak mudah. Apalagi dalam kondisi wabah seperti saat ini. Covid-19 membuat semua orang harus menjaga daya tahan tubuh. Para pasien Covid-19 harus mengonsumsi obat yang diberikan dokter. Demikian juga para pasien dalam pemantauan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP).

Kalau begitu, apa yang harus dilakukan agar puasa Ramadan tetap berjalan baik? Para ahli kesehatan dan ahli nutrisi menyarankan semua orang yang berpuasa untuk makan banyak sayuran dan buah saat sahur.

“Ketika memutuskan apa yang harus dimakan selama Ramadan, ingatlah (bahwa) sahur dapat membantu Anda menjalankan puasa. Jadi, mengonsumsi makanan yang tepat adalah penting,” kata Departemen Diet dari Singapore General Hospital (SGH).

Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur seperti dikutip YUKK dari HealthXchange:

Buah-buahan dan sayuran

Makanan yang harus dikonsumsi saat sahur
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Buah dan sayur mengandung serat dalam jumlah yang banyak. Kandungan ini membantu mengenyangkan dan mencegah sembelit. Selain serat, buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemicalyang sangat penting untuk kesehatan.

Makanan mengandung karbohidrat

Makanan yang harus dikonsumsi saat sahur
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Selain nasi, masih ada beberapa jenis makanan lain yang kaya akan karbohidrat. Misalnya, beras merah dan roti gandum. Keduanya mengandung karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat, sehingga lebih lambat untuk dicerna. Dengan demikian, energi bisa bertahan lebih lama.

Makanan yang mengandung protein

Makanan yang harus dikonsumsi saat sahur
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung protein. Ada daging ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak. Kandungan dalam makanan ini dapat membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry