3 Jenis Olahraga yang Menyehatkan Jantung

3 Jenis Olahraga yang Menyehatkan Jantung
Ilustrasi serangan jantung (Foto: Freepik)

Penyakit jantung masih merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini menjadi penyebab sepertiga dari seluruh kematian di dunia pada tahun 2019. Jumlah kematian pun terus meningkat. China masih tercatat sebagai negarai dengan jumlah kematian tertinggi akibat penyakit jantung. Di belakangnya menyusul India, Rusia, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Selama periode 1990-2019, jumlah kasus penyakit jantung membengkak hampir dua kali lipat: dari 271 juta menjadi 523 juta kasus. Angka kematian pada periode itu pun meningkat tajam, yaitu dari 12,1 juta menjadi 18,6 juta. Pada tahun 2019, sebagian besar kematian karena penyakit jantung dikaitkan dengan penyakit jantung iskemik (masalah jantung yang dipicu penyempitan pembuluh darah arteri) dan stroke. Jumlah pasien yang meninggal mencapai 18,6 juta jiwa: laki-laki sebanyak 9,6 juta orang dan perempuan sebanyak 8,9 juta orang. Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology.

Melihat tingginya angka kematian karena penyakit jantung, melakukan aktivitas fisik adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga adalah cara yang paling efektif untuk memperkuat otot jantung dan menangkal kerusakan arteri yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 30 menit sehari sangat menyehatkan jantung. Dan olahraga yang teratur dapat membakar kalori, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan kadar gula darah.

Menurut Ahli Fisiologi Olahraga Johns Hopkins Medicine, Kerry J. Stewart, Ed.D, olahraga aerobik dan latihan ketahanan adalah jenis olahraga yang paling penting untuk menjaga kesehatan jantung.

“Meskipun (latihan) fleksibilitas tidak berkontribusi langsung pada kesehatan jantung, tapi hal itu penting juga karena memberikan dasar yang baik untuk melakukan latihan aerobik dan kekuatan secara lebih efektif,” katanya seperti dikutip dari laman hopkinsmedicine.org.

Aerobik

3 Jenis Olahraga yang Menyehatkan Jantung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Olahraga aerobik, jika dilakukan secara rutin, dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga yang memicu penurunan tekanan darah, detak jantung, kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Manfaatnya yang lain adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga kurang lebih 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu. Contoh olahraga aerobik adalah jalan cepat, berlari, berenang, bersepeda, bermain tenis, dan lompat tali.

Latihan ketahanan

3 Jenis Olahraga yang Menyehatkan Jantung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Latihan ketahanan sangat bermanfaat untuk tubuh. Untuk mereka yang memiliki banyak lemak tubuh, ditandai dengan perut buncit, latihan ketahanan dapat membantu mengurangi lemak dan menciptakan massa otot yang lebih ramping.

Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi olahraga aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Menurut American College of Sports Medicine, setidaknya dua hari berturut-turut per minggu adalah aturan praktis yang baik untuk melakukan latihan ketahanan. Contoh latihan ketahanan: berolahraga dengan beban bebas seperti angkat beban dengan dumbel atau barbell, berolahraga dengan memanfaatkan alat latihan beban di gym, dan melalui latihan ketahanan tubuh seperti push-up, squat, dan chin-ups

Latihan peregangan, kelenturan, dan keseimbangan

3 Jenis Olahraga yang Menyehatkan Jantung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Latihan fleksibilitas (kelenturan) seperti peregangan (stretching) memang tidak secara langsung berkontribusi pada kesehatan jantung. Namun, latihan ini merupakan bagian penting dari kemampuan mempertahankan olahraga aerobik dan latihan ketahanan. Contohnya adalah tai chi dan yoga. Latihan ini bisa dilakukan setiap hari.

 

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry