Virus Corona Bisa Picu Kerusakan Otak

Virus Corona bisa picu kerusakan otak
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Paru-paru bukanlah satu-satunya organ yang rusak karena infeksi virus Corona. Masih ada beberapa organ lain yang juga terdampak virus ini. Mulai dari testis hingga otak.

Dampak infeksi virus Corona pada otak ditemukan oleh para peneliti di Inggris. Setelah menganalisis data dari 125 orang pasien Covid-19, mereka melihat bahwa pada pasien Covid-19 dengan gejala yang parah bisa terjadi kerusakan otak. Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Lancet Psychiatry.

Virus Corona bisa picu kerusakan otak
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kerusakan otak ini memicu berbagai komplikasi. Mulai dari stroke, demensia, hingga psikosis. Dari beberapa komplikasi itu, strokemenjadi yang paling umum. Sebanyak 77 orang dari dari 125 orang pasien mengalami stroke karena darah menggumpal di otak.

“Ini adalah potret penting komplikasi terkait Covid-19 yang bisa terjadi di otak para pasien rawat inap. Sangat penting bagi kami untuk terus menggali informasi ini karena akan membantu pemahaman kita terhadap virus seutuhnya,” kata salah satu peneliti, Profesor Sarah Pett, dari University College London, seperti dikutip dari Reuters.

Virus Corona bisa picu kerusakan otak
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Selain itu, peneliti juga menemukan 39 orang dari 125 orang pasien menunjukkan tanda-tanda kebingungan atau perubahan perilaku yang mencerminkan kondisi mental. Dari 39 orang pasien itu, 9 orang di antaranya mengalami disfungsi otak yang tak spesifik atau sering disebut ensefalopati. Sementara itu, 7 orang lainnya mengalami inflamasi otakatau ensefalitis.

“Kami sekarang membutuhkan studi yang lebih detail untuk memahami mekanisme biologis dari hal ini… Jadi, kami bisa mencari terapi potensial yang bisa diberikan,” kata peneliti lainnya, Benedict Michael, dari Liverpool University.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry