Perempuan, Rutin Makan Bawang Bisa turunkan Risiko Kanker Payudara

Bawang menekan risiko kanker payudara
Bawang merah dan bawang putih (Foto: Freepik)

Mencampurkan atau menambahkan rempah-rempah ke dalam makanan memang membuat makanan menjadi lebih enak dan gurih.  Lebih harum dan wangi. Namun, sebenarnya lebih dari itu mengapa orang menambahkan berbagai bumbu ke dalam makanan. Ada alasan kesehatan di baliknya.

Salah satu rempah-rempah yang hampir selalu menjadi “bumbu wajib” adalah bawang. Baik bawang merah, maupun bawang putih. Keduanya tak jarang digunakan bersamaan.

Bawang menekan risiko kanker payudara
(Foto: Freepik)

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang, baik bawang merah, maupun bawang putih, mengandung berbagai senyawa penting yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Salah satu di antaranya adalah menurunkan risiko kanker payudara. Hingga saat ini, kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak diderita perempuan di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Hasil penelitian ini didapatkan setelah para peneliti dari University at Buffalo menganalisis manfaat bawang merah dan bawang putih yang digunakan dalam sofrito (saus sambal) di Puerto Riko. Para peneliti menganalisa pola makan 600 perempuan di Puerto Riko dari 2008—2014. Ini merupakan studi berbasis populasi pertama di dunia yang melihat hubungan antara konsumsi bawang merah dan bawang putih terhadap kanker payudara.

Bawang menekan risiko kanker payudara
(Foto: Freepik)

Para peneliti menemukan fakta bahwa perempuan yang makan sofrito lebih dari sekali sehari memiliki risiko 67 persen lebih rendah terkena kanker payudara ketimbang perempuan yang tidak mengonsumsi sofrito.

“Kami menemukan bahwa di antara wanita Puerto Riko, asupan bawang merah dan bawang putih serta sofrito dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara. Puerto Riko memiliki tingkat kanker payudara yang lebih rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat,” kata peneliti Gauri Desai seperti dilansir Medical Daily.

Bawang menekan risiko kanker payudara
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kedua bawang itu bisa menekan kanker payudara karena mengandung senyawa flavonol dan organosulfar. Kedua senyawa itu berpotensi mengurangi peradangan dan pertumbuhan sel kanker.

“Senyawa di dalam bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antikarsinogenik pada manusia maupun dalam studi hewan percobaan,” kata Lina Mu, peneliti lainnya.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry