Main Ponsel Saat BAB? Hentikan Sekarang!

Main Ponsel Saat BAB? Hentikan Sekarang!
Ilustrasi (Foto: iStock)

Banyak orang melakukan hal ini: membuka ponsel ketika sedang buang air besar (BAB). Entah untuk membalas pesan, entah juga untuk membaca informasi dalam media sosial. Dan karena alasan ini, orang menjadi lebih lama berada di dalam toilet.

Kebiasaan ini tampak sangat sederhana. Saking sederhananya, tidak ada yang percaya dan sadar bahwa ini salah. Bahwa kebiasaan ini sebenarnya punya dampak yang buruk untuk kesehatan.

Main ponsel saat BAB punya dampak buruk? Ya! Dampak buruknya cukup besar. Dikutip YUKK dari Brightside, ada 3 risiko besar yang membayangi mereka yang main ponsel ketika sedang BAB.

Menyebarkan bakteri

Main Ponsel Saat BAB? Hentikan Sekarang!
Ilustrasi (Foto: iStock)

Dudukan toilet penuh dengan bakteri? Sudah barang tentu demikian jika kebersihannya tidak terjaga. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya telepon genggammu itu jauh lebih kotor daripada dudukan toilet itu?

Sebuah penelitian menunjukkan hal itu. Ponsel memang jauh lebih kotor daripada dudukan toilet. Pasalnya, ponsel itu kamu pegang sepanjang hari dengan tangan yang belum tentu selalu bersih. Juga dipegang oleh temanmu, sahabatmu, orang tuamu, kakakmu, anakmu, dan istrimu. Dan belum tentu juga tangan mereka bersih.

Ketika kamu membuka ponsel ketika sedang BAB, sangat mungkin terjadi bahwa bakteri E.coliyang ada pada telepon genggammu berpindah kepada tubuhmu. Bakteri ini akan membawa masalah yang serius pada ususmu.

Risiko wasir

Main Ponsel Saat BAB? Hentikan Sekarang!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Membawa ponsel ke dalam toilet menimbulkan godaan ini: scroll menjadi lebih lama dan panjang. Hal ini membuat orang ingin duduk lebih lama di dalam toilet. Dan bisa mengganggu konsentrasimu untuk mengeluarkan feses.

Apa dampaknya? Ambeien atau wasir. Sangat mungkin kamu terkena ambeien atau wasir karena lebih banyak dan lama tekanan diberikan pada organ tubuhmu itu.

Disfungsi panggul

Main Ponsel Saat BAB? Hentikan Sekarang!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Semakin lama kamu membuka ponselmu ketika BAB, semakin lama kamu berada di dalam toilet. Semakin lama kamu berada di dalam toilet, semakin besar kemungkinan terjadi gangguan pada sel-sel tubuh masalah otot. Organ tubuh seperti usus, kandung kemih, dan organ intim bisa bermasalah karena otot dasar panggul tidak cukup kuat untuk menopangnya. Dan jika kamu membungkuk terlalu lama, bisa terjadi disfungsi panggul.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry