Kalau Mau Awet Muda, Hindari Minuman Ini!

Kalau Mau Awet Muda, Hindari Minuman Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Ada banyak faktor yang membuat proses penuaan berjalan lebih cepat. Selain lingkungan, gaya hidup pun sangat berpengaruh. Salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Pola makan yang tidak sehat yang dimaksud adalah orang memakan dan meminum apa saja yang dirasa enak. Padahal makanan dan minuman itu tidak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan mungkin mengandung unsur atau senyawa yang mendorong proses penuaan dini.

Satu dari banyak jenis makanan dan minuman yang diketahui dapat mempercepat proses penuaan, seperti dikutip YUKK dari Eat This Not That, adalah minuman yang mengandung gula tinggi. Mengapa kadar gula yang tinggi bisa membuat orang menjadi cepat tua? Minuman seperti apa yang mengandung kadar gula yang tinggi?

Kalau Mau Awet Muda, Hindari Minuman Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Sebuah penelitian yang hasilnya sudah diterbitkan dalam jurnal American of Public Health pada tahun 2014 menunjukkan betapa kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan banyak masalah pada tubuh. Dalam penelitian itu, para ilmuwan dari University of California San Francisco (USCF) menganalisis data 5,309 orang dewasa di Amerika. Mereka berusia 20—65 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya. Peneliti menemukan bahwa mereka yang sering minum minuman mengandung gula tinggi atau pemanis buatan memiliki telomer yang lebih rendah.

Telomer merupakan selubung protein kecil yang terletak di ujung kromosom. Fungsinya adalah membantu menjaga DNA agar tetap dalam kondisi prima. Hasil sejumlah penelitian telah mengaitkan telomer yang lebih panjang dengan kekuatan otak yang lebih baik, penurunan risiko penyakit, dan umur yang lebih panjang. Jika jumlah telomer yang rusak terlalu banyak, materi genetik dalam kromosom tidak lagi terlindungi. Akibatnya adalah kemampuan sel untuk berfungsi dengan baik terhambat, sehingga proses penuaan menjadi lebih cepat.

“Konsumsi minuman manis seperti soda secara regular tentunya bisa menimbulkan beberapa penyakit. Tak hanya menekan kontrol metabolismen tubuh terhadap gula, tetapi juga menekan percepatan penuaan sel jaringan,” ungkap Elissa Epel, ketua penelitian itu.

Kalau Mau Awet Muda, Hindari Minuman Ini!
Telomer (Foto: genome.gov)

Penelitian ini merupakan demonstrasi pertama untuk melihat bagaimana hubungan antara soda dengan pendeknya telomer.

“Temuan ini dilakukan tanpa memandang usia, ras, pendapatan sampai tingkat pendidikan. Pendeknya telomer dimulai jauh sebelum timbulnya penyakit,” katanya.

Bagaimana efek soda pada anak-anak belum diketahui karena sejauh ini penelitian baru dilakukan pada orang dewasa. Meskipun demikian, hasil penelitian ini tetap perlu diperhatikan.

“Untuk konsumsi sehari-hari, misalnya. Standardnya orang minum 20 ons untuk soda manis. Nah, ini sama saja seperti menambahkan 4,6 tahun lebih cepat untuk proses penuaan,” jelasnya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry